7/21/2023

Capaian Pembelajaran (CP) Lengkap Semua Mata Pelajaran (Mapel) SMK/ MAK Kurikulum Merdeka, Berikut Link Downloadnya

Halo sahabat Ahzaa, selamat datang kembali di AhzaaNet. Pada kesempatan ini kami akan membagikan Capaian Pembelajaran (CP) SMK/ MAK untuk semua mata pelajaran (Mapel) Kurikulum Merdeka. Pada CP yang akan dibagikan ini, terdapat 183 CP Mata Pelajaran dari berbagai bidang keahlian di SMK/ MAK Kurikulum Merdeka. Dimulai dari CP Projek Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial Fase F jenjang SMK/ MAK hingga CP Mata Pelajaran Praktik Kerja Lapangan. 


source : pixabay

Namun sebelum beranjak ke dalam CP semua mapel di SMK/ MAK Kurikulum Merdeka, ada baiknya kita ketahui lebih dahulu apa itu CP, dan peranannya dalam setiap mata pelajaran. Berikut penjelasannya, 

Memahami CP adalah langkah pertama dalam perencanaan pembelajaran dan asesmen. Capaian Pembelajaran (CP) merupakan kompetensi pembelajaran yang harus dicapai peserta didik pada setiap fase dan dalam hal ini Capaian Pembelajaran menjadi acuan untuk pembelajaran intrakurikuler. Sementara itu, kegiatan projek penguatan profil pelajar Pancasila tidak perlu merujuk pada Capaian Pembelajaran (CP), pasalnya, pada kegiatan projek penguatan profil pelajar Pancasila tersebut lebih diutamakan untuk mengembangkan dimensi-dimensi profil pelajar Pancasila yang diatur dalam Keputusan Kepala BSKAP tentang Dimensi, Elemen, dan Subelemen Profil Pelajar Pancasila pada Kurikulum Merdeka. 

Oleh karena itu, Capaian Pembelajaran (CP) digunakan untuk intrakurikuler, sementara dimensi profil pelajar Pancasila untuk projek penguatan profil pelajar Pancasila. Sebagai acuan untuk pembelajaran intrakurikuler, CP dirancang dan ditetapkan dengan berpijak pada Standar Nasional Pendidikan terutama Standar Isi.

Untuk Pendidikan dasar dan menengah, CP disusun untuk setiap mata pelajaran dan khusus bagi peserta didik berkebutuhan khusus dengan hambatan intelektual dapat menggunakan CP pendidikan khusus. Peserta didik berkebutuhan khusus tanpa hambatan intelektual menggunakan CP reguler dengan menerapkan prinsip modifikasi kurikulum dan pembelajaran.

Pemerintah menetapkan Capaian Pembelajaran (CP) sebagai kompetensi yang ditargetkan. Namun demikian, sebagai kebijakan tentang target pembelajaran yang perlu dicapai setiap peserta didik, CP tidak cukup konkret untuk memandu kegiatan pembelajaran sehari-hari. Oleh karena itu pengembang kurikulum operasional ataupun pendidik perlu menyusun dokumen yang lebih operasional yang dapat memandu proses pembelajaran intrakurikuler, yang dikenal dengan istilah alur tujuan pembelajaran. 

Berikut link untuk Capaian Pembelajaran (CP) semua mata pelajaran (mapel) SMK/ MAK Kurikulum Merdeka. 


Demikian Capaian Pembelajaran (CP) Semua Mata Pelajaran (Mapel)  SMK/ MAK Kurikulum Merdeka. Semoga CP di atas dapat membantu teman- teman dalam membuat perangkat pembelajaran khususnya di SMK/ MAK berupa ATP maupun MA. 

Semoga Bermanfaat. 

Salam. 

No comments:

Post a Comment