7/19/2023

Menyebutkan Bagian Tubuh Tumbuhan dan Fungsinya, Materi IPAS Kelas 4 SD Semester 1 Kurikulum Merdeka

Tubuh tumbuhan memiliki bagian- bagian yang berperan masing- masing dalam pertumbuhan dan perkembangbiakannya. Adapun bagian- bagian tumbuhan meliputi akar, batang, daun, bunga dan buah serta biji. 

Image by eko pramono from Pixabay

A. Akar
Akar tumbuhan merupakan bagian tumbuhan yang berfungsi sebagai tempat masuknya air dan mineral dari dalam tanah menuju ke seluruh tubuh tumbuhan. Akar tumbuhan ada yang terdapat di dalam tanah tetapi juga ada yang terendam di dalam air. Adapun bagian- bagian akar antara lain : 
1. Ujung akar, yang merupakan titik tumbuh akar yang aktif membelah yang dilindungi oleh tudung akar dan sebagai bagian akar yang paling muda dan bagian yang menembus ke dalam tanah
2. Tudung akar, berfungsi melindungi akar dari kerusakan saat menembus tanah
3. Rambut akar, berfungsi memperluas daerah penyerapan air dan garam mineral
4. Pangkal akar, merupakan bagian akar yang berada di atas tanah

Akar dapat dikelompokkan berdasarkan bentuk dan percabangannya serta sifat dan tugasnya. 
1. Jenis akar berdasarkan bentuk dan percabangannya
a. Akar serabut, memiliki ciri- ciri sebagai berikut :
- berbentuk serabut
- dimiliki oleh tumbuhan berkeping satu (monokotil)seperti padi, kelapa, jagung, bambu
b. akar tunggang, merupakan akar utama yang bentuknya besar sebagai kelanjutan batang dan adanya akar percabangan dari akar utama. Akar tunggang terdapat pada tumbuhan berkeping dua (dikotil) seperti pohon rambutan, pohon mangga, pohon jambu, pohon durian, dan sebagainya

2. Akar berdasarkan sifat dan tugasnya
Terdapat akar- akar khusus yang hanya terdapat pada tumbuhan tertentu seperti
a. akar isap contohnya akar benalu
b. akar tunjang contohnya akar pandan
c. akar gantung contohnya beringin
d. akar napas contohnya akar pohon kayu api

Fungsi Akar
Akar memiliki beberapa fungsi bagi tumbuhan diantaranya sebagai berikut ini:
- Menyerap air dan mineral dari dalam tanah untuk diedarkan ke seluruh tubuh tumbuhan
- Menunjang berdirinya tanaman
- Membantu penyerapan oksigen di udara seperti pada tumbuhan tembakau
- Menyimpan cadangan makanan seperti pada tanaman ketela pohon, wortel, ubi jalar, talas, dan sebagainya

Manfaat Akar
Selain memiliki fungsi tertentu, akar juga bermanfaat bagi manusia yaitu dapat berguna :
- sebagai sumber makanan contohnya ubi kayu, ubi jalar, wortel
- bahan obat- obatan contohnya jahe, kunyit
- parfum contohnya akar bit, 
- sebagai bumbu contohnya jahe, kunyit, laos

B. Batang
Batang merupakan bagian tubuh tumbuhan yang berada di atas tanah sebagai tempat melekatnya daun, bunga maupun buah. Batang memiliki bagian - bagian dengan struktur tertentu yang terdiri dari epidermis, endodermis, kambium, floem, xilem.

1. Epidermis, merupakan bagian batang terluar dan bagian batang yang berfungsi melindungi jaringan batang di dalamnya.
2. Korteks, merupakan bagian batang yang dibatasi oleh epidermis dan endodermis, yang tersusun atas parenkim, sklerenkim dan kolenkim serta berfungsi menyimpan cadangan makanan.
3. Endodermis, merupakan bagian batang yang letaknya di bawah epidermis.
4. Stele (silinder pusat), merupakan silinder pusat yang berada pada bagian dalam sebelah dari endodermis dan terdiri atas empulur, perikardium dan berkas pengangkut xilem dan floem. 
5. Kambium, merupakan bagian batang yang berfungsi memperbesar batang. Kambium terdapat di antara floem dan xilem. 
6. Floem, merupakan bagian batang yang berfungsi mengangkut hasil fotosintesis dari daun ke seluruh tubuh tumbuhan.
7. Xilem, merupakan bagian batang yang berfungsi berfungsi mengangkut air dan garam mineral dari dalam tanah ke daun. 

Batang juga memiliki berbagai jenis yang dapat dikelompokkan menjadi tiga yaitu batang berkayu, batang rumput, dan batang basah. berikut penjelasannya, 

1. Batang berkayu, merupakan jenis batang yang biasanya terdapat pada tumbuhan dikotil. Berikut ciri- ciri dari batang berkayu,
- berfungsi membentuk kulit baru menggantikan kulit lama yang telah rusak serta membentuk kayu yang baru. 
- kambium pada tumbuhan mengalami pertumbuhan ke arah dalam dan luar ke arah dalam kambium membentuk kayu sedangkan ke arah luar membentuk kulit 
- batang berkayu memiliki struktur yang keras seperti pada pohon jati, pohon mahoni, pohon rambutan, pohon jambu, dsb.

2. Batang rumput, merupakan jenis batang yang umumnya berbentuk seperti tabung, beruas- ruas dan berongga. Batang rumput mudah patah dan biasanya tumbuhan tidak sebesar tumbuhan batang berkayu. Adapun contoh tumbuhan berbatang rumput adalah padi, jagung, jenis rumput- rumputan.

3. Batang basah, merupakan batang yang memiliki sifat lunak, tidak keras dan berair. Beberapa contoh tumbuhan yang memiliki jenis batang basah adalah bayam, patah tulang, pohon pisang.

Fungsi Batang
Batang bagi tumbuhan memiliki berbagai fungsi diantaranya sebagai berikut : 
- penopang  agar tumbuhan tetap tegak dan menjadikan daun sedekat mungkin dengan sumber cahaya
- pengangkut air dan mineral dari akar ke daun
- mengedarkan hasil fotosintesis dari daun ke seluruh tubuh tumbuhan
- berfungsi sebagai penyimpan cadangan makanan pada beberapa tumbuhan seperti sagu, tebu, kaktus, kentang
- alat perkembangbiakan vegetatif
- alat pernafasan pada lentisel (lubang- lubang kecil yang terdapat pada batang)

C. Daun
Daun merupakan bagian tumbuhan yang pada umumnya berwarna hijau karena banyak mengandung zat hijau daun (klorofil). Daun memiliki struktur tertentu, berdasarkan lengkapnya daun, yaitu daun yang lengkap dan daun yang tak lengkap. 

Daun yang lengkap biasanya memiliki struktur tulang daun, helai daun, tangkai daun. dan pelepah daun. Contoh daun yang memiliki struktur lengkap adalah daun pisang, daun bambu. Sementara itu daun yang tidak lengkap memiliki struktur hanya terdiri atas tangkai dan helai daun saja seperti pada contoh  daun mangga dan daun yang hanya terdiri atas pelepah dan helai daun saja seperti pada daun padi dan jagung. 

Daun juga memiliki jenis- jenis, berdasarkan jumlah helai daun yaitu Daun tunggal dan daun majemuk. Daun tunggal adalah daun yang pada satu tangkainya terdapat satu helai daun saja, contohnya daun mangga, daun pisang, daun tebu, daun padi, daun coklat, daun sawo dsb. Sedangkan daun majemuk merupakan daun yang pada satu tangkainya terdapat lebih dari satu helai daun seperti daun putri malu, daun salam, daun asam, daun mawar, daun randu, daun kelengkeng, daun lamtoro, daun kedondong, dsb.

Daun berdasarkan susunannya, tulang daun dibedakan menjadi daun menyirip, yaitu tulang daun yang susunannya mirip seperti tulang ikan, contohnya adalah daun mangga, jambu, dan rambutan. Kemudian jenis daun melengkung, yaitu t  ulang daun yang berbentuk seperti garis- garis melengkung, contohnya tulang daun sirih, genjer, dan gadung. Daun menjari memiliki tulang daun yang bentuknya seperti jari- jari tangan manusia, contohnya tulang daun pepaya, tulang daun jarak, ketela pohon dan kapas dan daun sejajar memiliki tulang daun yang bentuknya seperti garis- garis sejajar dengan tiap- tiap ujung tulang menyatu, contohnya tulang daun tebu, padi, dan semua jenis rumput- rumputan. 

Daun memiliki banyak fungsi diantaranya sebagai tempat berlangsungnya fotosintesis, membantu penguapan air, mengeluarkan air berupa tetesan dan alat pernafasan melalui mulut daun  (stomata). 

D. Bunga
Bunga merupakan bagian dari tumbuhan yang memiliki struktur berupa kelopak bunga, mahkota, putik, benang sari, bakal biji dan tangkai bunga. Kelopak bunga memiliki bentuk dan warna yang menyerupai daun, berada di bawah mahkota, dan berfungsi melindungi mahkota. Sementara itu mahkota, merupakan perhiasan bunga yang indah karena memiliki bermacam- macam warna. Warna- warna bunga yang indah pada bunga untuk menarik hewan serangga dan kupu- kupu yang seringkali membantu dalam proses penyerbukan bunga. Putik, merupakan alat kelamin betina pada bunga yang terdiri atas kepala putik dan tangkai putik. Selain putik ada benang sari, merupakan alat kelamin jantan pada putik dan terdiri atas kepala sari dan tangkai sari. Bakal biji atau buah, merupakan cikal bakal terbentuknya biji atau buah. Terakhir, tangkai bunga, merupakan penyambung antara bunga dan batang. 

Bagian- bagian bunga yang lengkap terdiri dari kelopak bunga, mahkota, putik, benang sari, dan tangkai bunga. Bunga jantan terdiri dari kelopak bunga, mahkota, benang sari, dan tangkai bunga sedangkan Bunga betina terdiri dari kelopak bunga, mahkota, putik, dan tangkai bunga. 

Bunga memiliki berbagai jenis, seperti bunga tunggal dan bunga majemuk. Bunga Tunggal memiliki ciri yaitu pada satu tangkai hanya terdapat satu bunga saja. Bunga tunggal dapat ditemukan pada bunga mawar, bunga tulip, bunga kembang sepatu. Bunga majemuk memiliki ciri khusus yaitu pada satu tangkai  terdapat lebih dari satu bunga. Bunga majemuk dapat dilihat pada bunga kumis kucing, bunga anggrek, bunga merak, bunga bougenville, bunga edelweis. 

Fungsi Bunga adalah sebagai alat perkembangbiakan generatif  atau Perkembangbiakan yang didahului oleh pembuahan. Pembuahan pada tumbuhan berbunga  didahului oleh peristiwa penyerbukan yaitu proses jatuh dan menempelnya serbuk sari ke kepala putik.

Bunga memiliki bebebrapa manfaat bagi manusia maupun makhgluk lainnya. Bagi manusia bunga dapat digunakan sebagai hiasan, perlengkapan upacara adat, dan bahan rempah- rempah maupun obat- obatan. Sedangkan bagi makhluk lainnya, bunga dapat berguna untuk menarik serangga seperti kupu- kupu, kumbang dan lebah karena mahkota bunga yang indah dan berbau menyengat sehingga membantu proses penyerbukan terjadi.

E. Buah dan Biji
Buah dan Biji merupakan hasil dari pembuahan yang terjadi di dalam bakal buah. Bagian buah terdiri atas kulit, daging buah dan biji. Kulit merupakan bagian terluar buah, dan Daging buah merupakan bagian buah yang dapat dimakan. Sedangkan biji merupakan cikal bakal terbentuknya tumbuhan baru. 

Bagian biji terdiri atas kulit, lembaga, dan cadangan makanan. Bagian kulit berfungsi untuk melindungi lembaga atau cikal bakal tumbuhan baru. Cadangan makanan diperuntukkan bagi cikal bakal tanaman baru. 

Ada dua jenis buah yaitu buah sejati dan buah semu. Buah sejati dapat dibedakan menjadi buah sejati tunggal kering, buah sejati tunggal berdaging, buah sejati ganda dan buah sejati majemuk. Buah sejati kering terdiri atas buah padi atau kariopsis, kurung atau akenium, keras atau nut, samara, berbelah atau schizocarp, kendaga atau rhegma, dan buah kotak seperti buah bumbung atau follicle, polong atau legume, loment, lobak atau silique, lobak pendek atau siliqle dan buah kotak sejati atau capsule. Ada dua buah sejati yaitu buah sejati tunggal dan buah sejati ganda. Buah sejati tunggal berdaging meliputi buah buni atau berrymentimun atau pepo, jeruk atau hesperidium, batu atau drupe, dan delima. Sementara itu buah sejati ganda disebut juga buah agregat yang terdiri atas buah buni majemuk, batu majemuk dan kurung majemuk.

Buah semu terjadi dari bakal buah dan bagian- bagian bunga lain dan bagian bunga tersebut menjadi bagian yang dominan dalam pembentukan buah, sedangkan bakal buahnya sendiri kurang berkembang. 

Buah memiliki beberapa fungsi yaitu sebagai cadangan makanan, alat perkembangbiakan, pelindung biji dan dapat dimanfaatkan untuk kepentingan manusia. Biji juga memiliki beberap fungsi yaitu sebagai hasil pembuahan atau penyerbukan bunga, alat perkembangbiakan dan cadangan makanan bagi tumbuhan baru. 

Itulah materi bagian tubuh tumbuhan dan fungsinya pada materi IPAS kelas 4 SD semester 1 Kurikulum Merdeka. Sampai jumpa lagi di materi- materi berikutnya yaa...

Semoga Bermanfaat.  

No comments:

Post a Comment