7/17/2023

Rangkuman Materi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Kelas 2 SD Semester 1 Kurikulum Merdeka Unit 1 Pancasila Dasar Negaraku

Hai sahabat Ahzaa, selamat datang kembali di AhzaaNet. Pada awal tahun ajaran baru ini, kami akan mengupas mater- materi apa saja yang ada pada mapel Pendidikan Pancasila untuk kelas 2 SD semester 1 Kurikulum Merdeka khususnya Unit 1 tentang Pancasila Dasar Negaraku. 

Nah, pada unit 1 ini, teman- teman akan belajar tentang materi tentang lima simbol Pancasila, hubungan lima simbol Pancasila dengan sila-sila Pancasila, tugas dan peran dalam kegiatan bersama, hal-hal penting bagi diri dan orang lain, bertanggungjawab terhadap hal penting, serta penerapan nilai- nilai Pancasila dalam keseharian.

source : https://bpip.go.id/

Berkaitan dengan materi pancasila, terdapat materi seputar simbol- simbol Pancasila yaitu simbol sila kesatu Pancasila, Simbol kedua Pancasila, Simbol ketiga Pancasila, Simbol keempat Pancasila, dan Simbol kelima Pancasila yang dijabarkan dengan uraian sebagai berikut :
  • Lambang Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) adalah Pancasila 
  • “Garuda Pancasila” digambarkan oleh sebuah burung seperti elang rajawali yaitu “Garuda”.

Adapun penggambaran dari burung Garuda adalah sebagai berikut :
  • Di tubuh burung juga terdapat perisai atau tameng yang melambangkan perjuangan, pertahanan, dan perlindungan diri untuk mencapai sebuah tujuan. Perisai atau tameng ini merupakan bagian senjata yang telah lama menjadi kebudayaan bangsa Indonesia.
  • Di tengah-tengah perisai atau tameng terdapat garis hitam tebal yang melukiskan garis  khatulistiwa.  Indonesia terletak di garis khatulistiwa dari timur ke barat, sehingga beriklim tropis.
  • Warna dasar pada perisai atau tameng ada tiga warna, yaitu merah dan putih melambangkan warna bendera serta warna hitam pada bagian tengahnya. Pada perisai atau tameng juga terdapat lima buah ruang yang mewujudkan  lambang tiap sila dasar negara Pancasila. 

Lambang Sila- Sila Pancasila
Berikut ini lambang dari sila- sila Pancasila :
  1. Ketuhanan Yang Maha Esa, dilambangkan cahaya berbentuk bintang
  2. Kemanusiaan yang adil dan beradab, dilambangkan rantai
  3. Persatuan Indonesia, dilambangkan pohon Beringin
  4. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan, dilambangkan kepala Banteng
  5. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia, dilambangkan Padi dan Kapas

Pada bagian bawah terdapat pita dicengkeram kaki burung Garuda yang bertuliskan “Bhinneka Tunggal  Ika” yang merupakan semboyan bangsa Indonesia yang berarti berbeda-beda tetapi satu kesatuan.

Lima Simbol Pancasila dan Artinya
Ada lima simbol dalam “Garuda Pancasila” yang merupakan lambang negara Indonesia. Dalam burung Garuda terdapat lima simbol; yaitu bintang, rantai, pohon beringin, kepala banteng, padi dan kapas. Kelima simbol tersebut masing-masing memiliki makna dan arti, dengan penjelasan sebagai berikut:

1. Simbol Bintang
Simbol bintang emas merupakan simbol kesatu. Makna dari bintang emas adalah sebagai sebuah cahaya seperti Tuhan yang menjadi cahaya rohani bagi umat manusia. Bintang emas mengandung maksud bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang religius. Selain itu, latar belakang hitam pada lambang bintang emas menggambarkan warna alam yang merupakan berkah dari Tuhan.

2. Simbol Rantai
Simbol rantai merupakan simbol kedua. Simbol Rantai disusun dengan 17 gelang yang saling menyatu, artinya sebagai manusia kita harus saling membantu dan tolong menolong. Selain itu, mata rantai berbentuk persegi empat merupakan lambang laki- laki, sedangkan mata rantai lingkaran menggambarkan perempuan. Mata rantai tersebut melambangkan hubungan timbal balik antarumat manusia, baik laki-laki maupun perempuan.

3. Simbol Pohon Beringin
Simbol pohon beringin merupakan simbol ketiga. Pohon beringin memiliki akar yang menjulur kebawah dan diartikan sebagai tempat berteduh dan berlindung. Akar tunjang yang kuat dalam simbol pohon beringin menggambarkan persatuan bangsa Indonesia. Sementara ranting-ranting pada pohon beringin menggamarkan Indonesia yang memiliki banyak suku, budaya, dan agama tapi tetap bersatu sebagai bangsa Indonesia di bawah lambang Pancasila.

4. Simbol Kepala Banteng
Simbol kepala banteng merupakan simbol keempat. Banteng dianggap sebagai hewan yang suka berkumpul. Sama halnya dengan manusia saat mengambil suatu keputusan harus dilakukan secara musyawarah. Salah satu caranya dengan berdiskusi dan berkumpul.

5. Simbol Padi dan Kapas
Simbol padi dan kapas merupakan simbol kelima. Padi dan kapas dilambangkan sebagai pangan dan sandang. Artinya tidak ada kesenjangan antar masyarakat  Indonesia. Padi dan kapas juga mempunyai makna bahwa kebutuhan rakyat Indonesia semuanya adalah sama tanpa melihat status dan kedudukannya.

Nilai-nilai Sila Pancasila
Sila 1
Meyakini adanya Tuhan Yang Maha Esa, Memeluk satu agama yang diakui di Indonesia, Menjalankan perintah agama sesuai yang dianut.

Sila 2
Mengakui persamaan derajat antar manusia, bersikap adil, dan berakhlak mulia kepada sesama

Sila 3 
Bersatu, bertujuan sama, toleransi, komunikasi, interaksi

Sila 4
Berkumpul bersama/ musyawarah, persamaan hak dan kewajiban, kebebasan berpendapat, menghargai pendapat orang lain, lapang dada

Sila 5
Adil dan bijaksana bagi sesama, mementingkan kepentingan umum,  adanya jaminan sosial

Hal-hal penting dan sikap tanggungjawab dalam kegiatan bersama di rumah dan sekolah.
Hal-hal penting dalam kegiatan bersama diantaranya adalah sebagai berikut :
a. Toleransi (saling menghargai)
b. Jujur kepada sesama
c. Saling percaya antar sesama
d. Berbicara baik dan sopan
e. Berpakaian sopan dan sesuai
f. Bertingkah baik dan sopan
g. Kerja sama antar sesama
h. Berpikiran positif
i. Bertujuan baik
j. Disiplin
k. Adanya pembagian peran dan tugas

Itulah Materi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Kelas 2 SD Semester 1 Kurikulum Merdeka Unit 1 Pancasila Dasar Negaraku. Semoga Bermanfaat yaa....

Salam. 

No comments:

Post a Comment