7/18/2023

Program Guru Penggerak (PGP) Angkatan 10 Dibuka, Inilah Manfaatnya Bagi Guru

Program guru penggerak membuka pendaftaran program angkatan ke 10 mulai 17 Juli 2023 hingga 4 Agustus 2023. Pelaksanaan Program Guru Penggerak yang rencananya dihelat pada awal tahun 2024 ini, akan dlaksanakan selama 6 bulan dengan pola belajar mandiri terbimbing dengan sistem belajar daring dan luring. 

Jumlah peserta Guru Penggerak angkatan 10 peserta direncanakan berjumlah 55.000 peserta yang tersebar di sejumlah 462 kabupaten/ kota. Para peserta harus mengikuti proses rekrutmen calon guru penggerak diantaranya melalui tahapan pertama yaitu registrasi, pemberkasan, pengisian esai, pengunggahan RPP, penilaian portofolio, dan penilaian esai dan tahapan kedua yaitu penilaian simulasi mengajar dan wawancara. 

Manfaat Program Guru Penggerak (PGP)
Nah, sebenarnya apakah sih manfaat dari program guru penggerak itu? Berdasarkan laman Kemendikbud, ada beberapa manfaat dari Program Guru Penggerak, diantaranya sebagai berikut,

Pengembangan kompetensi dalam lokakarya bersama
Selama 9 bulan, peserta dalam pendidikan guru penggerak akan ditempa dalam lokakarya bersama yang meliputi pelatihan daring, lokakarya, konferensi, dan pendampingan yang diadakan secara gratis. Calon guru penggerak akan diketahui perkembangannya dari tahap awal hingga evaluasi sebagai fase akhir. Guru yang menjadi peserta pun tetap dapat menjalankan tugasnya sebagai seorang guru. 

Peningkatan kompetensi sebagai pemimpin pembelajaran yang berpusat pada murid
Calon guru penggerak akan mendapatkan peningkatan kompetensi sebagai pemimpin pembelajaran yang berpusat pada murid. Guru dapat menjadi pemimpin yang mampu memberikan motivasi dan teladan kepada murid sehingga dapat memperkuat kemampuan untuk memberdayakan murid, dalam hal ini berkaitan dengan pelayanan pendidikan kepada murid yang heterogen dan unik. 

Pengalaman belajar mandiri dan kelompok terbimbing, terstruktur dan menyenangkan
Calon guru penggerak akan mendapatkan pengalaman belajar mandiri dan kelompok terbimbing, terstruktur dan menyenangkan, pasalnya pendidikan dan pelatihan yang diselenggarakan dilakukan secara sistematis. 

Pengalaman belajar bersama dengan guru lainnya
Program guru penggerak diikuti oleh guru- guru yang berasal dari berbagai daerah, tentu saja, hal ini memungkinkan terjadinya pertukaran informasi, pengalaman dan ilmu yang dimiliki oleh masing- masing peserta guru penggerak. 

Pengalaman mendapatkan bimbingan dari pengajar praktik
Calon guru penggerak akan mendapatkan pelatihan dari orang- orang yang ahli di bidangnya, seperti dari pengawas sekolah, Widyaiswara yang sebelumnya sudah mendapatkan validasi dari Kemendikbud. Selama pendidikan, calon guru penggerak akan dipantau perkembangannya dan mendapatkan motivasi untuk menjalankan perannya secara baik. 

Komunitas baru
Kegiatan pelatihan guru penggerak akan memungkinkan pesertanya mendapatkan komunitas baru, pasalnya selama pelatihan, para peserta dapat bertemu dengan sesama peserta, pelatih, dengan latar belakang dan kemampuan yang berbeda- beda. 

Sertifikat Pendidikan 306 JP dan Piagam Guru Penggerak 
Pada kahir kegiatan, setiap peserta akan mendapatkan sertifikat pendidikan 306 JP sekaligus peiagam Guru Penggerak yang dapat berguna dalam peningkatan karir perguruan pesertanya. 

Itulah manfaat- manfaat dari Program Guru Penggerak. Buat teman- teman guru yang saat ini memenuhi syarat dan ingin mengikuti Program Guru Penggerak, Yuk segera daftar untuk mendapatkan manfaat- manfaat yang seperti diutarakan di atas. Keep it up!

No comments:

Post a Comment