7/14/2023

Persiapan Tahun Ajaran Baru, Yuk Buat Jadwal Pelajaran dengan Aplikasi Ini

Awal tahun pelajaran baru pasti menjadi agenda yang cukup sibuk bagi guru yang ditugaskan untuk membuat jadwal pelajaran. Pembuatan jadwal pelajaran dapat dilakukan dengan cara biasa atau manual maupun otomatis. keduanya memiliki kekurangan dan kelebihan masing- masing. 

Pembuatan jadwal manual, yang kelebihanya dapat dijalankan secara gratis, memiliki kekurangan yang seabrek banyaknya, dari persiapan yang agak ribet hingga trial dan error yang dapat terjadi lebih dari sekali, tentunya banyak menghabiskan waktu. Pembuatan jadwal manual diawali dengan membuat kartu yang berwarna- warni sesuai dengan mapel atau guru mapel kemudian menyesuaikannya dengan hari dan jam pelajaran. 

Faktor terpenting dalam menerapkan sistem manual berdasar kartu adalah ketelitian dan kejelian mata, agar tidak terjadi bentrok jam antarguru dan antarmapel. Sistem manual dapat diterapkan bagi sekolah yang rombel kelas, mapel dan jumlah gurunya sedikit, namun bagi sekolah yang memiliki kapasitas rombel, guru dan mapel yang banyak, pasti menjadi masalah. 


Source : https://pixabay.com

Nah, alternatif lain cara manual dapat dilakukan dengan sistem otomatis. Sistem otomatis ini memanfaatkan aplikasi atau software pembuat jadwal pelajaran. bagi yang terbiasa, pembuatan jadwal dapat dikerjakan dengan mudah dan tanpa kendala apapun. 

Nah, berikut ini beberapa aplikasi yang lazim dipakai untuk membuat jadwal pelajaran di sekolah. Melalui bantuan aplikasi- aplikasi ini, teman- teman tidak akan pusing lagi dalam hal pembuatan jadwal di sekolah. Berikut ulasannya,

FET (Free Timetabling Software)

FET merupakan aplikasi open source untuk membuat penjadwalan jadwal sekolah atau tingkat universitas secara otomatis. Dengan menggunakan algoritma timetabling, FET memungkinkan pembuatan jadwal secara cepat dan efisien. 

FET mampu menyelesaikan jadwal yang rumit dalam waktu maksimum 5-20 menit. Untuk jadwal yang lebih sederhana, mungkin diperlukan waktu yang lebih singkat di bawah 5 menit. Untuk jadwal yang sangat sulit, mungkin membutuhkan waktu lebih lama, hanya beberapa jam. 

Aplikasi FET dapat didownload secara gratis, karena sifatnya yang open source. Namun kekurangannya, bagi yang belum terbiasa menggunakan, perlu waktu untuk dapat beradaptasi dengan aplikasi ini. Aplikasi FET belum mendukung untuk Bahasa Indonesia yaa, baik secara manual maupun pengunaannya.  

Lantiv Timetabler

Lantiv Timetabler merupakan aplikasi program jadwal sekolah otomatis untuk membuat penjadwalan mapel bagi guru, kelas, siswa dan ruang. Tampilannya menarik dan penggunaannya juga mudah. Salah satu fitur yang menarik pada Lantiv scheduling adalah pembuatan jadwalnya bisa dikerjakan secara kolaboratif, artinya dalam pembuatan  jadwal secara bersama- sama, rekan anda bisa mengerjakan dan menambahkan secara real time pekerjaan tersebut demikian juga sebaliknya.

Unitime University Timetabling System

UniTime merupakan sistem penjadwalan pendidikan komprehensif yang mendukung pengembangan kursus dan jadwal ujian, mengelola perubahan jadwal waktu ini, berbagi ruangan dengan acara lain, dan menjadwalkan siswa ke kelas individu. Unitime University Timetabling System memungkinkan beberapa manajerial jadwal universitas untuk mengkoordinasikan  dan memodifikasi jadwal sesuai beragam kebutuhan mereka.

Asc Timetables


Terakhir, aplikasi pembuat jadwal yang paling populer adalah ASC Timetables. Aplikasi ini sangat terkenal di kalangan guru pembuat jadwal pasalnya menawarkan kemudahan dan kecepatan dalam pembuatan jadwal. Fitur- fitur yang ditawarkan pun lengkap sesuai dengan kebutuhan guru dari langkah awal hingga akhir yaitu print out jadwal. 

Sistem ASC Timetables secara otomatis terintegrasi satu dengan lainnya memudahkan teman- teman mengatur jadwal bahkan dengan jumlah guru, mapel dan kelas yang banyak sekalipun. Aplikasi ASC Timetables termasuk aplikasi yang berbayar. Namun berkaca pada kelebihan fiturnya, saya kira sepadan dengan nilainya. 

Nah, dari keempat aplikasi jadwal sekolah tersebut, silahkan pilih mana yang paling mudah, efektif dan cepat dalam pembuatan jadwal. Semua memiliki kekurangan dan kelebihan masing- masing baik yang free atau yang berbayar. Bagi teman- teman yang memanfaatkan aplikasi lainnya seperti Microsoft Excel untuk membuat jadwal, silahkan isikan pengalamannya di kolom komentar ya...

Semoga bermanfaat. 

No comments:

Post a Comment