12/04/2023

Mengenal Gaya Gesek, Pengertian, Faktor Penyebab, Manfaat Kerugiannya

Hai sahabat Ahzaa, selamat datang kembali di AhzaaNet. Pada pembahasan kali ini, kita akan belajar tentang gaya, khususnya gaya gesek. Nah, apa itu gaya gesek, faktor- faktor yang memengaruhinya serta manfaat gaya gesek bagi kehidupan kita, yuk kita cari tahu melalui tulisan berikut ini, 

Gambar oleh Peter Wieser dari Pixabay

Gaya gesek merupakan salah satu dari jenis gaya yang sering kita temukan di kegiatan kita sehari- hari. Gaya sendiri merupakan tarikan atau dorongan yang menggerakkan maupun menghentikan gerak benda. Gaya gesek  ditimbulkan akibat gesekan atau sentuhan dua benda. 

Arah gaya gesek berlawanan dengan arah gerak benda dan besar atau kecilnya gaya gesek benda bergantung pada permukaan benda. Jika permukaan benda kasar, maka gaya gesek akan semakin besar dan sebaliknya, apabila permukaan benda halus maka gaya gesek akan semakin kecil.

Faktor yang Menyebabkan Gaya Gesek
Gaya gesek dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya berat, luas permukaan dan tekstur dari permukaan benda itu. 

Benda yang memiliki berat yang besar, maka gaya gesek akan semakin besar pula. Demikian pula sebaliknya, benda yang ringan, maka gaya geseknya akan semakin kecil. Luas permukaan juga memengaruhi gaya gesek. Benda yang luas permukaannya, maka gaya geseknya akan semakin besar. 

Selain kedua hal sebelumnya, gaya gesek juga dipengaruhi oleh faktor tekstur benda. Semakin kasar permukaan suatu benda, maka gaya geseknya akan semakin besar, demikian pula sebaliknya, makin licin atau halus permukaan suatu benda, maka makin kecil gaya geseknya. 

Manfaat Gaya Gesek 
Gaya Gesek ternyata memberikan beberapa keuntungan bagi kita dalam kehidupan sehari- hari. Manfaat gaya gesek dapat dilihat pada penerapan alat dan sistem dari alat berikut ini, 

Alur pada ban mobil dan sepeda.
Ban mobil, sepeda motor dan sepeda sengaja dibuat beralur dengan tujuan untuk memperbesar gaya gesek. Adapun tujuannya adalah mencegah tergelincirnya mobil dan sepeda ketika melewati jalan yang licin. 

Alas sepatu yang dibuat beralur 
Sama seperti ban mobil dans epeda yang dibuat beralur, alas sepatu juga dibuat dengan prinsip yang sama, yaitu dengan menerapkan pola alur tertentu pada bagian sol-nya. Hal ini tentu saja memperbesar gaya gesek  sehingga ketika berjalan di lantai yang licin, kita tidak akan mudah tergelincir. 

Kampas rem 
Kampas rem pada sepeda atau kendaraan bermotor juga menerapkan prinsip memperbesar gaya gesek. Rem merupakan alat pada sepeda atau kendaraan bermotor untuk memperlambat atau menghentikan laju dari kendaraan bermotor tersebut. Dengan gaya gesek antara kampas rem dengan pelek roda, maka laju sepeda akan melambat bahkan berhenti. 

Kerugian Gaya Gesek
Selain manfaat, gaya gesek juga mendatangkan kerugian juga, seperti dapat mengikis permukaan benda, menghambat pergerakan benda maupun menyebabkan mesin cepat aus dan rusak. 

Cara memperkecil gaya gesek
Setelah mengetahui manfaat dan kerugian dari gaya gesek, maka gaya gesek pada beberapa benda dapat diperbesar dan diperkecil agar sesuai dengan peruntukannya. Adapun cara memperkecil gaya gesek adalah sebagai berikut,

Memakai pelumas pada mesin 
Pemakaian pelumas pada mesin dapat mengurangi gesekan sehingga tidak mudah aus dan rusak. Selain ituy, pada rantai sepeda dan sepeda motor juga diberikan pelumas agar rantai sepeda dan sepeda motor tidak cepat aus. 

Memperhalus permukaan benda
Untuk mengecilkan gesekan, maka permukaan benda dapat diperhalus sehingga benda- benda yang melewatinya dapat mudah bergerak. Jalan yang diaspal halus akan memudahkan kendaraan berjalan karena gesekan yang terjadi relatif lebih kecil.

Pemberian roda
Pemberian roda pada bidang sentuh dapat memperkecil gaya gesek. Pada prinsipnya, pemberian roda merupakan salah satu cara mengindari gaya gesek yang besar dengan cara memanfaatkan gerak bergulisr. 

Memperkecil luas permukaan 
Luas permukaan sangat berpengaruh terhadap gaya gesek suatu benda. Pasalnya semakin luas permukaan maka semakin besar gaya gesek, begitupun sebaliknya, semakin kecil permukaan suatu benda, maka semakin kecil gaya gesek. Oleh karena itu salah satu cara memperkecil gaya gesek adalah dengan memperkecil luas permukaan. Hal tersebut dapat dilihat dari desain alat transportasi kereta cepat yang dibuat semakin ramping sehingga memperkecil gesekan udara dengan permukaan kereta sehingga kecepatannya dapat maksimal.

Cara memperbesar gaya gesek 
Cara memperbesar gaya gesek dapat dilakukan dengan menambahkan dan mendesain alur pada ban kendaraan. Alur ban kendaraan yang kasar dapat memperbesar daya cengkeram kendaraan ketika melewati jalan yang licin sehingga tidak mudah tergelincir. Selain pada kendaraan, desain permukaan kasar juga dapat dijumpai pada desain keramik di kamar mandi dan  keramik yang dipasang di tangga. 

Cara memperbesar gaya gesek juga dapat diterapkan dengan manambahkan karet atau bahan yang sifatnya kesat pada permukaan benda sehingga tidak mudah tergelincir. Pada sol sepatu, biasanya dibuat lapisan karet untuk memperbesar gesekan sehingga tidak tergelincir saat melewati jalan yang basah dan licin. 

Itulah tentang gaya gesek, faktor- faktor penyebab gaya gesek, manfaat serta cara memperkecil dan memperbesar gaya gesek. Semoga pembahasan di atas dapat memudahkan teman- teman dalam mengidentifikasi gaya gesek dan penerapannya di kehidupan sehari - hari.

Semoga Bermanfaat 

Salam.


No comments:

Post a Comment