12/08/2023

Pendaftaran SNPMB 2024 digelar 8 Januari, Inilah Jalur Masuknya

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbudristek sudah mengumumkan jalur penerimaan mahasiswa baru pada Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) tahun 2024. Melalui konferensi siaran pers yang disiarkan beberapa platform seperti Instagram dan YouTube, Ketua Umum Penanggung Jawab SNPMB 2024, Prof Ganefri, PhD, menuturkan bahwa jalur dalam penerimaan SNPMB masih menggunakan tiga skema, yang mana kuotanya tidak berbeda dengan tahun sebelumnya.  

Gambar oleh F1 Digitals dari Pixabay

Menilik pada tahun sebelumnya, ada tiga jalur yang dibuka yaitu Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP), Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT) dan Seleksi jalur Mandiri. 

Jalur Masuk SNPMB 2024
Adapun jalur penerimaan mahassiwa baru pada SNPMB 2024  untuk masing- masing jalur penerimaan dirinci sebagai berikut,

Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP) 
Jalur Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) tahun 2024 melalui Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP) disediakan 20 % untuk masing- masing perguruan tinggi negeri (PTN). Adapun SNBP sendiri akan menyaring calon mahasiswa berdasarkan nilai akademik dan prestasi lainnya yang ditetapkan oleh perguruan tinggi negeri (PTN) masing- masing. Adapun biaya untuk SNBP ditanggung sepenuhnya oleh pemerintah alias gratis. 

Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) 
Jalur SNBT memiliki kuota yang lebih besar daripada jalur lainnya yaitu sebanyak 40 % terkecuali untuk Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTNBH) yang menyediakan kuotanya sebanyak 30%. 

Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) ini dianggap sebagai proses seleksi yang paling baik diantara semua seleksi yang digelar. Pasalnya, banyak dari perguruan tinggi yang mengambil hasil Ujian Tulis Berbasis Kertas (UTBK) sebagai pedoman dalam penerimaannya. 

Adapun biaya SNBPT akan ditanggung oleh pendaftar. Namun, Pemerintah masih akan mensubsidi besaran biaya tersebut. Besaran biayanya akan diberitahukan di kemudian hari. 

Jalur Mandiri 
Jalur Mandiri merupakan jalur terakhir pada SNPMB dimana jalur ini menyediakan kuota sebanyak 30 %. Nilai UTBK dapat digunakan untuk melakukan pendaftaran pada jalur Mandiri ini. 

Pendaftaran SNPMB 2024
Ada beberapa tahapan yang dilakukan untuk pendaftaran SNPMB 2024 diantaranya sebagai berikut,

Jadwal Pendaftaran Akun SNPMB
Bagi sekolah, pendaftaran akun SNPMB akan dibuka mulai 8 Januari hingga 8 Februari 2024 dan bagi siswa, dimulai 8 Januari sampai 15 Februari 2024. 

Prof Ganefri, PhD juga menambahkan pesan agar para kepala sekolah melakukan pendaftaran PDSS dengan data yang lengkap dan melakukan finalisasi pendaftaran. 

Itulah tentang jalur masuk pada SNPMB 2024 yang dapat dipilih. Semoga informasi kuliah ini berguna buat teman- teman yang akan mengenyam bangku kuliah di tahun mendatang. Semoga sukses yaa...

Salam. 

No comments:

Post a Comment