12/09/2023

Mengenal PDSS, Pangkalan Pengisian Data untuk Daftar PTN Jalur SNBP 2024

Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) merupakan pangkalan basis data untuk mendaftar ke perguruan tinggi negeri (PTN) melalui jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP). Melalui PDSS, rekam jejak sekolah dan rapor siswa eligible akan terdata untuk mendaftar SNBP 2024. Oleh karena itu, PDSS dapat dianggap sebagai kunci dalam pendaftaran SNBP tahun 2024. Pengisian data pada PDSS mengakomodir tiga kurikulum yaitu Kurikulum Nasional 2006 KTSP, Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka. 

Photo by Clark Tibbs on Unsplash

Pengisian PDSS
Pengisian data pada PDSS dilakukan oleh pihak sekolah. Selain itu, kebenaran data yang diisikan juga menjadi tanggung jawab dari kepala sekolah. Untuk dapat mengisikan PDSS, sekolah harus memenuhi syarat berikut ini,
  • Sekolah memiliki Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) ;
  • Sekolah sudah terakreditasi A, B atau C. Adapun penggolongan kuota untuk akreditasi A adalah 40 %, akreditasi B adalah 25 % dan akreditasi C adalah 5 %.

Sebagai kunci dalam pendaftaran SNBP 2024, maka sekolah harus megisikan PDSS ini dengan baik dan benar. Pasalnya apabila sekolah tidak mengisikannya, maka pihak siswalah yang akan dirugikan. Siswa tidak akan dapat mendaftar atau melakukan registrasi akun SNPMB baik untuk sekolah dan siswa. 

Pada tahun sebelumnya yaitu 2023, banyak sekolah yang tidak melengkapi data PDSS sehingga siswanya tidak dapat mendaftar SNBP. Pada akhirnya, waktu pengisian PDSS diperpanjang untuk melengkapi pengisian PDSS. 

Adapun proses pelaksanaan penerimaan PTN melalui jalur SNBP akan berlangsung dari bulan Desember 2023 hingga Maret 2024. Rincian jadwalnya adalah sebagai berikut :
Jadwal SNBP 2024
  • 28 Desember 2023 : Pengumuman Kuota Sekolah 
  • 28 Desember - 17 Januari 2024 : Masa Sanggah Kuota Sekolah 
  • 9 Januari - 9 Februari 2024 : Pengisian PDSS
  • 14 - 28 Februari 2024 : Pendaftaran SNBP
  • 26 Maret 2024 : Pengumuman Hasil SNBP 

Itulah tentang Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS), isian penting untuk mendaftar perguruan tinggi negeri melalui jalur seleksi nasional berdasarkan prestasi (SNBP) tahun 2024. Semoga informasi di atas bermanfaat yaa... Buat teman- teman yang akan mendaftar melalui jalur SNBP 2024, Yuk persiapkan mulai sekarang...

Semoga bermanfaat. 

Salam. 

No comments:

Post a Comment