12/05/2023

Pengertian Gaya Pegas dan Pemanfaatannya dalam Kehidupan Sehari - Hari

Dalam kehidupan sehari- hari, kita sering menemukan peralatan yang memiliki sifat elastis, seperti pada trampolin, ketapel, busur panah, dan sebagainya. Sifat elastis pada benda memungkinkan benda dapat berubah bentuk dan dapat kembali ke bentuk semula. 

Pengertian Gaya Pegas
Nah, gaya yang bekerja pada alat- alat yang sifatnya elastis tersebut adalah gaya pegas. Gaya pegas merupakan gaya yang dihasilkan oleh benda- benda yang sifatnya elastis. Karakteristik benda yang mempunyai sifat elastis adalah ketika diberikan gaya tarik, maka benda tersebut akan mengalami perubahan bentuk dan dapat kembali ke bentuk semula. Demikian juga ketika diberikan gaya dorong, benda - benda tersebut akan menghasilkan gaya dorong. 

Image by <a href="https://pixabay.com/users/qimono-1962238/?utm_source=link-attribution&amp;utm_medium=referral&amp;utm_campaign=image&amp;utm_content=1875247">Arek Socha</a> from <a href="https://pixabay.com/?utm_source=link-attribution&amp;utm_medium=referral&amp;utm_campaign=image&amp;utm_content=1875247">Pixabay</a>
Source : Pixabay

Pemanfaatan Gaya Pegas 
Beberapa alat yang bekerja dengan prinsip gaya pegas dapat ditemukan dengan mudah di sekeliling kita seperti trampolin, panah, ketapel, kasur spring bed, ballpoin, shockbreaker kendaraan, atau pada timbangan.   

Trampolin
Pada trampolin, prinsip kerja gaya pegas yang terjadi adalah ketika seseorang melompat ke atas dan jatuh di atas trampolin, maka pegas yang dipasang mengelilingi trampolin tersebut akan memantulkan tubuh dari pelompat. Semakin kuat lompatan yang dilakukan, maka semakin tinggi pula trampolin akan memantulkan tubuh pelompat. 

trampolin

Panah
Selain trampolin, alat kerja lain yang memiliki prinsip gaya pegas adalah panah. Ketika busur panah ditarik, maka anak panah akan terlontar sesuai dengan kekuatan tarikan pada busur panah tersebut. 

busur panah

Ketapel
Prinsip kerja yang sama juga berlaku pada ketapel, dimana kerikil yang akan dilontarkan oleh karet yang dipasang pada ketapel tersebut. Semakin kuat tarikan karet pada ketapel, maka semakin jauh lontaran kerikil yang ditembakkan. 
ketapel

Kasur Spring Bed
Kasur spring bed memiliki pegas yang dipasang di dalamnya, sehingga kasur akan terasa lebih empuk ketika digunakan. Per atau pegas yang terdapat pada kasur spring bed di desain untuk membantu pengguna untuk memperoleh kenyamanan.

kasur spring bed

Shockbreaker
Shockbreaker  pada kendaraan dipasang dengan tujuan untuk memperkecil guncangan ketika kendaraan melewati jalanan yang tidak rata atau bergelombang. 

shockbreaker

Ballpoin
Per atau pegas yang dipasang pada ballpoin diterapkan pada jenis tertentu. Fungsinya adalah untuk mengeluarkan dan memasukkan tinta pen bagian dalam. 
ballpoin

Timbangan
Timbangan yang memanfaatkan per atau pegas dapat dilihat pada jenis tertentu, seperti timbangan gantung. Timbangan ini sifatnya portabel sehingga mudah di bawa kemana- mana. 
timbangan


Itulah tentang gaya pegas, pengertian dan penerapannya pada alat sehari- hari. Semoga pembahasan materi ini bermanfaat buat teman- teman semuanya. Salam. 

No comments:

Post a Comment