12/14/2023

Penerimaan Siswa Baru (Pensisru) SMA Taruna Nusantara TP.2024/2025 dibuka 21 Desember 2023, Inilah Syarat Akademisnya

Penerimaan Siswa Baru (Pensisru) SMA Taruna Nusantara Tahun Ajaran 2024/ 2025 akan kembali dibuka mulai tanggal 21 desember 2023 hingga 5 Januari 2024. 

Nah, buat teman- teman yang akan mendaftar ke SMA Taruna Nusantara dapat memperhatikan dahulu salah satu syarat penerimaan siswa baru (pensisru) yaitu syarat akademis yang mesti dipenuhi pada saat mendaftar. 

syarat akademis Pensisru SMA Taruna Nusantara


Syarat Akademis Penerimaan Siswa Baru (Pensisru) SMA Taruna Nusantara
Melansir dari laman lembaga perguruan taman Taruna Nusantara, ada beberapa syarat akademis sebagai ketentuan untuk masuk di SMA Taruna Nusantara diantaranya sebagai berikut :
  1. Nilai Rapor (Nilai Pengetahuan) mencakup nilai pelajaran Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika dan IPA dengan nilai per semester minimal 80 dan nilai- rata- rata dari semester 1 sampai 4 minimal 85 per mata pelajaran. 
  2. Namun apabila calon siswa baru tidak memenuhi syarat nilai tersebut di atas, tetapi memiliki prestasi baik di bidang akademik, olahraga, organisasi dan seni budaya minimal di tingkat kota/ kabupaten atau menjadi Ketua OSIS, maka syarat akademis untuk nilai per semester adalah minimal 75 dan nilai rata- rata semester 1 sampai 4 per mata pelajaran minimal 80. 
  3. Bagi siswa yang bersekolah di sekolah internasional, maka dapat dilakukan konversi nilai menggunakan skala 1 - 4 atau A -D yang disahkan oleh Dinas Pendidikan setempat atau Kemendikbud. 
  4. Adapun sebagai persyaratan tambahan yang tidak wajib namun menjadi nilai tambah, Calon siswa baru memiliki hasil tes IQ minimal 110 yang dikeluarkan oleh anggota Himpunan Psikologi (HIMPS) yang masih berlaku dengan maksimal dilaksanakan 6 bulan sebelum mendaftar. 

Berkas Dokumen yang Dipersiapkan
Berkaitan dengan dokumen apa saja yang dipersyaratkan pada pendaftaran siswa baru (pensisru) SMA Taruna Nusantara tahun pelajaran 2024/ 2025, disitat dari laman resmi SMA Taruna Nusantara di https://tarunanusantara.sch.id/, disebutkan beberapa berkas yang dipersyaratkan diantaranya sebagai berikut :

  • Pas Foto ukuran 4 × 6 dengan menggunakan seragam sekolah serta berlatar belakang (background) warna biru. 
  • Surat Keterangan Sehat dari dokter pemerintah atau militer 
  • Foto kartu pelajar SMP 
  • Akta Kelahiran dengan usia maksimal 17 tahun pada 1 Juli 2024.
  • Foto Nilai Rapor semester 1 sampai 4 yang dilegalisir per semester. 
  • Foto seluruh badan dengan ukuran 4r menggunakan seragam sekolah, bersepatu tanpa topi, dan terlihat dari ujung kaki sampai ujung kepala. 
  • Bukti penghasilan orang tua atau wali khusus bagi calon siswa jalur beasiswa dan untuk wiraswasta dalam bentuk rekening koran 3 bulan terakhir atau keterangan penghasilan dari kelurahan.
  • Foto Kartu Keluarga 
  • Foto KTP orang tua/ wali (salah satu, ayah atau ibu atau wali)
  • Surat Keterangan dan Pernyataan dari Kepala SMP/ MTs atau yang sederajat
  • Surat Pernyataan dari orang tua 
  • Surat Pernyataan dari calon siswa 
  • Foto sertifikat bukti prestasi, jika tidak ada sertifikat, maka calon siswa dapat menggunakan foto medali atau piala.
  • Hasil tes IQ minimal 110 (tidak wajib) yang dikeluarkan oleh anggota Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI) yang masih berlaku maksimal 6 bulan sebelum mendaftar. Dokumen ini dapat menjadi nilai tambah dan dilampirkan pada saat pendaftaran. 

Itulah informasi pendaftaran calon siswa baru (pensisru) SMA Taruna Nusantara tahun pelajaran 2024/ 2025. Yuk segera persiapkan berkas atau dokumen pendaftaran mulai sekarang. Pantau terus laman pendaftaran SMA Taruna Nusantara di https://pensisru.tarunanusantara.id/ dan media sosialnya. 
Semoga lolos dan diterima.

Keep it up...

Salam.

No comments:

Post a Comment