12/27/2023

Rilis Terbaru Aplikasi RKAS (ARKAS) Versi 4.1.3 Menjelang Akhir Tahun, Inilah Update yang Dilakukan

Aplikasi RKAS (ARKAS) kembali mengalami update ke versi terbaru yaitu versi 4.1.3. Aplikasi RKAS terbaru yang dirilis di masa liburan akhir tahun ini merupakan pembaruan dari Aplikasi RKAS sebelumnya yaitu versi 4.1.2 yang dirilis pada 6 Desember 2023 yang lalu. 

Gambar oleh fancycrave1 dari Pixabay


Pembaruan Aplikasi RKAS versi 4.1.3
Dilansir dari laman arkas Kemdikbud, Ada dua update yang diperbarui pada aplikasi RKAS (ARKAS ) versi 4.1.3 diantaranya sebagai berikut :
  • Pop up notifikasi tambahan ketika melakukan tutup BKU Desember di ARKAS 4
  • Penyesuaian di ARKAS dalam mengambil data SSH di MARKAS pada bagian penganggaran

Menilik aplikasi RKAS versi sebelumnya yaitu versi 4.1.2, pembaruan memuat empat update khusus yang mencakup :

  1. Jenjang Pendidikan PAUD dan Kesetaraan kini dapat menggunakan ARKAS 4 untuk melakukan Penganggaran serta Penatausahaan sumber dana BOSP Kinerja TA 2024
  2. Terdapat output laporan Penggunaan Hibah Dana BOSP dalam bentuk semester dan tahunan untuk sekolah swasta per satu sumber dana BOSP Reguler, BOSP Kinerja, SiLPA BOSP Kinerja atau semua sumber dana (hanya untuk BOSP Reguler, BOSP Kinerja ataupun SiLPA BOSP Kinerja)
  3. Terdapat tombol “Perbarui data” untuk melakukan pemeriksaan Buku Kas Umum sumber dana BOSP Reguler yang berkaitan dengan pencatatan SiLPA BOSP Reguler, pencatatan penerimaan dana, ataupun perubahan tanggal penerimaan dana
  4. Terdapat notifikasi: aplikasi perlu diperbaharui agar aplikasi tetap dapat digunakan dengan fitur terbaru
Aplikasi RKAS versi 4.1.3 akan secara otomatis menampilkan notifikasi untuk melakukan instalasi otomatis jika teman- teman sudah menggunakan aplikasi RKAS versi sebelumnya yaitu versi 4.1.2. 

Bagi teman- teman yang belum pernah menginstal aplikasi RKAS, maka kalian dapat melakukan instalasi dari awal dengan mengunduh aplikasi terlebih dahulu. Terdapat pilihan untuk 64 Bit dan 32 Bit, silahkan teman- teman pilih yang sesuai dengan spesifikasi device yang dimiliki. Silahkan kunjungi laman https://arkas.kemdikbud.go.id/ lalu pilih menu Unduhan

Apa itu Aplikasi RKAS (ARKAS)?
Aplikasi RKAS adalah sebuah sistem informasi yang berbasis TIK yang dibuat khusus untuk membantu sekolah dalam mengelola dana BOS di jenjang pendidikan dasar dan menengah. Aplikasi RKAS dapat mempermudah sekolah dalam menyusun, melaksanakan, dan mempertanggungjawabkan RKS dan RKAS, yaitu dokumen yang berisi rencana kegiatan dan anggaran sekolah dalam satu tahun ajaran.

Manajemen keuangan sekolah adalah salah satu aspek penting dalam manajemen sekolah yang mempengaruhi kualitas pendidikan. Manajemen keuangan sekolah meliputi kegiatan merencanakan, mengorganisir, mengarahkan, mengkoordinasikan, mengawasi, dan mengendalikan keuangan sekolah. Manajemen keuangan sekolah juga berarti mengurus dan mengadministrasikan keuangan sekolah, seperti mencatat, merencanakan, melaksanakan, mempertanggungjawabkan, dan melaporkan keuangan sekolah.

Salah satu sumber pendanaan yang diberikan oleh pemerintah kepada sekolah adalah dana BOS. Dana BOS adalah dana yang diberikan kepada sekolah untuk membiayai kegiatan operasional sekolah, seperti pembayaran gaji guru, pembelian buku, alat, dan bahan ajar, pemeliharaan sarana dan prasarana, dan lain-lain. Dana BOS bertujuan untuk meningkatkan akses, mutu, dan pemerataan pendidikan.

Untuk merencanakan program BOS, sekolah harus melakukan dua hal utama, yaitu mengidentifikasi kebutuhan sekolah dan menyusun RKAS. Dalam mengidentifikasi kebutuhan sekolah, sekolah harus mengetahui kondisi sekolah saat ini, seperti jumlah siswa, guru, ruang kelas, fasilitas, dan kegiatan. Dalam menyusun RKAS, sekolah harus menentukan kegiatan dan anggaran yang sesuai dengan kebutuhan sekolah, standar nasional pendidikan, dan ketentuan BOS.

Itulah tentang rilis Aplikasi RKAS Versi 4.1.3 dan pembaruannya. Semoga informasi ini membantu teman- teman yang berkecimpung dalam menangani program BOS.


Semoga Bermanfaat.

Salam. 

No comments:

Post a Comment