12/09/2023

Hari Ibu, 22 Desember: Latar Belakang dan Sejarahnya

Setiap tahunnya, tanggal 22 Desember diperingati sebagai Hari Ibu. Dan berbagai tulisan berisikan ucapan maupun  penghargaan akan disampaikan kepada orang yang paling kita hormati tersebut. Lantas, bagaimana sejarahnya, sehingga tanggal 22 Desember menjadi hari yang diperuntukkan kepada Ibu, ternyata sejarahnya lumayan panjang ya teman- teman. 

Latar belakang Hari Ibu dimulai ketika para pejuang wanita Indonesia yang berasal dari Jawa dan Sumatra berkumpul bersama dengan mengadakan Kongres Perempuan Indonesia I pada tanggal 22 hingga 25 Desember 1928. Kongres yang diadakan di Gedung Mandala Bhakti Wanitatama, Jalan Adisucipto Yogyakarta tersebut mengumpulkan 30 organisasi perempuan dari 12 kota di Jawa dan Sumatra. 

Selamat Hari Ibu 22 Desember 2023


Pertemuan yang diselenggarakan kemudian melahirkan terbentuknya Kongres Wanita Indonesia (Kowani). Dalam Kongres Perempuan Indonesia I itu, para perempuan dari berbagai daerah menyatukan pemikiran mereka dalam berbagai agenda utama diantaranya :
  • Persatuan perempuan nusantara
  • Perempuan dalam perjuangan kemerdekaan kemerdekaan 
  • Perempuan dalam pembangunan bangsa
  • Perbaikan gizi dan kesehatan ibu dan balita 
  • Pernikahan usia dini bagi perempuan 

Sementara itu, masalah kesetaraan gender tidak diangkat dalam kongres tersebut, tetapi para perempuan pejuang tersebut memikirkan upaya - upaya yang sangat penting bagi kemajuan bangsa Indonesia khususnya di zaman penjajahan yang sangat dibatasi pergerakannya.

Kongres Perempuan II baru bisa dilaksanakan 17 tahun kemudian yaitu pada tahun 1935. Pada Kongres Perempuan II ini dibentuklah Badan Pemberantasan Buta Huruf (BPBH). Selain itu dibahas pula masalah perlakuan tidak wajar kepada para buruh wanita perusahaan batik di Rembang.

Tiga tahun kemudian, tepatnya pada 1938, Kongres Perempuan III diselenggarakan. Pada Kongres Perempuan III inilah Hari Ibu ditetapkan. 

Peringatan Hari Ibu yang ke-15 tahun 1953, menjadi puncak kemeriahan dari Hari Ibu. Pada acara tersebut dihadiri perwakilan dari beberapa daerah di Indonesia dari Meulaboh hingga Ternate sehingga acara tersebut berlangsung dengan meriah. 

Penetapan tanggal 22 Desember sebagai Hari Ibu dilakukan oleh Presiden Soekarno melalui Dekrit Presiden No. 316 tahun 1959 dan menjadi dasar hukum perayaan Hari Ibu tanggal 22 Desember sampai kini. 

Itulah sejarah tentang Hari Ibu 22 Desember, latar belakang dan landasan hukumnya. 

Selamat Hari Ibu 2023, Semoga Allah Swt melimpahkan rahmat dan keberkahan bagi orang yang sangat kita sayangi dan hormati, yaitu Ibu. 

Selamat Hari Ibu, 22 Desember 2023. 

No comments:

Post a Comment