12/06/2023

Makna Konotatif Bahasa Indonesia, Apakah itu dan Bagaimana Penggunaannya? Yuk Simak Penjelasannya Berikut Ini

Dalam bahasa Indonesia, ada berbagai macam makna. Salah satu makna yang paling banyak digunakan adalah makna denotatif dan makna konotatif. Pada pembahasan kali ini, kita akan mengulas makna konotatif  suatu kata. Nah, sebenarnya apakah makna konotatif itu, bagaimana penggunaannya serta contohnya, yuk kita pelajari melalui tulisan berikut ini.

Gambar oleh Hermann Traub dari Pixabay

Makna konotatif adalah makna yang bersifat subjektif, kias, dan khusus, yang tergantung pada konteks, asosiasi, perasaan, atau nilai yang melekat pada sebuah kata. Makna konotatif berbeda dengan makna denotatif, yang bersifat objektif, lugas, dan umum, yang sesuai dengan definisi atau acuan yang terdapat dalam kamus. Makna konotatif dapat memberikan nilai rasa, emosi, atau impresi yang lebih kuat kepada pembaca atau pendengar.

Makna konotatif termasuk ke dalam jenis makna perasaan atau makna emotif, yang merupakan makna yang timbul karena adanya hubungan antara kata dengan pengguna atau pemakainya. Makna konotatif dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti latar belakang budaya, sosial, psikologis, atau situasional dari pengguna atau pemakai kata tersebut. Makna konotatif dapat berbeda-beda bagi setiap orang atau kelompok, karena berkaitan dengan penilaian atau penafsiran yang subjektif.

Makna konotatif sering digunakan dalam karya sastra, seperti puisi, cerpen, novel, atau drama, karena dapat menciptakan efek estetik, artistik, atau dramatik yang menarik dan indah. Makna konotatif juga dapat digunakan dalam bahasa sehari-hari, seperti dalam percakapan, iklan, slogan, atau humor, karena dapat menciptakan efek persuasif, ironis, atau lucu yang menarik dan menggugah.

Contoh makna konotatif dari beberapa kata adalah sebagai berikut:
  • Dia adalah bunga di sekolah, semua orang mengaguminya. (bunga = orang yang cantik dan menarik)
  • Aku merasa seperti api ketika berbicara di depan kelas, penuh semangat dan percaya diri. (api = orang yang bersemangat dan percaya diri)
  • Dia adalah tikus di kantor, selalu mencuri barang-barang milik teman-temannya. (tikus = orang yang licik dan tidak jujur)
  • Aku merasa seperti burung yang terkurung ketika tinggal di kota besar, tidak ada kebebasan dan ketenangan. (burung yang terkurung = orang yang merasa terbatas dan tertekan)
  • Dia adalah matahari di keluarga, selalu memberi cahaya dan kehangatan. (matahari = orang yang memberi kasih sayang dan kebahagiaan)
  • Aku merasa seperti pohon yang layu ketika dia pergi, tidak ada lagi harapan dan semangat. (pohon yang layu = orang yang sedih dan putus asa)
  • Dia adalah ular di rumput, selalu mengintai dan menyerang musuh-musuhnya. (ular di rumput = orang yang berbahaya dan tidak terlihat)
  • Aku merasa seperti raja ketika berada di sampingnya, dia selalu memperlakukan aku dengan baik dan hormat. (raja = orang yang berkuasa dan dihormati)
  • Dia adalah air di padang pasir, sangat berharga dan langka. (air di padang pasir = orang yang sangat dibutuhkan dan dicari)
  • Aku merasa seperti naga yang terbang ketika lulus ujian, tidak ada yang bisa menghalangi aku. (naga yang terbang = orang yang hebat dan tak terkalahkan)
  • Dia adalah burung hantu di kelas, selalu tidur di siang hari dan belajar di malam hari. (burung hantu = orang yang aktif di malam hari)
  • Aku merasa seperti ikan di air ketika berada di perpustakaan, banyak buku yang bisa kubaca. (ikan di air = orang yang merasa nyaman dan senang)
  • Dia adalah singa di lapangan, tak ada yang bisa mengalahkan kecepatan dan kekuatannya. (singa = orang yang berani dan kuat)

Itulah tentang makna konotatif dalam kalimat Bahasa Indonesia. Semoga pembahasan di atas dapat 
memudahkan teman- teman dalam mempelajari makna konotatif dan mengetahui gambaran penerapan makna konotatif dalam kalimat.

Semoga Bermanfaat 

Salam. 

No comments:

Post a Comment