10/04/2023

Materi IPAS Kelas 10 SMK : Memahami Konsep Energi dan Macam- Macamnya

Energi yang merupakan kemampuan manusia untuk melakukan usaha atau kerja tidak akan terlepas dari kehidupan manusia. Dalam kehidupan sehari- hari, energi dimanfaatkan manusia untuk menjalankan segala aktifitasnya seperti berjalan, berlari, bekerja maupun melakukan aktifitas lainnya. Energi tidak dapat diciptakan maupun dimusnahkan, namun energi hanya dapat diubah bentuknya (hukum kekekalan energi).

Designed by pch.vector/ Freepik

Dalam kehidupan sehari- hari, ternyata ada berbagai macam jenis energi. Apa sajakah energi- energi tersebut? Berikut ulasannya.

a. Energi mekanik 
Energi mekanik merupakan energi yang berhubungan dengan gerak atau kemampuan untuk bergerak. Energi mekanik dibedakan menjadi dua yaitu energi kinetik dan energi potensial. Energi mekanik diperoleh dengan menjumlahkan energi potensial dan energi kinetik. 

Pada energi mekanik, berlaku juga hukum kekekalan energi mekanik yang menyatakan, Pada suatu sistem yang terisolasi, gaya- gaya yang bekerja hanyalah gaya- gaya dalam yang bersifat konservatif sehingga jumlah energi potensial dan energi kinetik selalu tetap. 

Energi kinetik merupakan energi saat suatu materi berpindah atau bergerak, dimana energi tersebut dipengaruhi oleh massa benda dan kecepatan gerak benda. 
Persamaan dari energi kinetik dapat dirumuskan Ek = 1/2 . m . v

Keterangan
Ek = energi kinetik 
m = massa (kg)
v = kecepatan benda (m/s)

Energi potensial merupakan energi yang dimiliki oleh benda karena posisinya. Energi potensial  bergantung pada massa benda, percepatan gravitasi tempat benda berada, dan ketinggian dari benda tersebut. Adapun persamaan dari energi potensial adalah sebagai berikut 
Ep = m . g . h

Keterangan 
Ep = energi potensial (J)
m = massa (kg) 
g = percepatan gravitasi (m/s)
h = ketinggian (m) 

b. Energi Listrik
Energi listrik merupakan energi yang berasal dari muatan listrik dimana energi tersebut memiliki kemampuan untuk menghasilkan muatan listrik untuk memindahkan muatan lustrik dari satu titik ke titik lainnya. Ada dua macam energi listrik yaitu energi potensial listrik dan energi listrik dalam rangkaian. 

Energi potensial listrik dimiliki oleh benda yang bermuatan listrik . Adapun muatan listrik yang mengalir bersifat statis (tidak mengalir). Persamaan untuk menyatakan energi potensial listrik adalah sebagai berikut :
W = q . V adapun q = l . t

Keterangan 
W = energi listrik (J)
q = muatan listrik (C)
V = potensial listrik (V)
l = kuat arus listrik (A) 
t = waktu (s) 

c. Energi Kalor
Energi kalor merupakan energi yang ditimbulkan karena interaksi antara molekul, elektron dan atom dari sebuah zat . Energi kalo dapat menghasilkan panas yang ditandai dengan kenaikan suhu. Energi kalor dapat berpindah, diantaranya melalui tiga cara yaitu konduksi, konveksi, dan radiasi. 

d. Energi Kimia
Energi kimia merupakan energi yang tersimpan dalam bahan kimia yang dapat menimbulkan reaksi kimia. Ada dua macam reaksi yang timbul dari energi kimia yaitu reaksi endoterm dan reaksi eksoterm. 

Reaksi endoterm ditandai dengan kenaikan suhu dimana kalor yang berasal dari lingkungan diserap oleh sistem saat bereaksi sehingga suhu sistem mengalami kenaikan. Sementara itu reaksi eksoterm merupakan reaksi kimia yang ditandai dengan adanya penurunan suhu dimana kalor dibuang ke lingkungan saat bereaksi sehingga suhu sistem mengalami penurunan. 

e. Energi Nuklir 
Energi nuklir merupakan energi yang dilepaskan akibat interaksi inti atom  yang dihasilkan oleh reaksi peluruhan bahan radioaktif  dengan sifat yang tidak stabil. Bahan radioaktif dapat meluruh menjadi molekul yang stabil dengan energi yang cukup besar. Energi nuklir dapat bermanfaat untuk menghasilkan energi listrik dalam berbagai keperluan seperti bidang medis, bangunan, konstruksi dan sebagainya. 

Demikian tentang konsep energi dan macam- macamnya. Semoga pembelajaran ini dapat memudahkan teman- teman dalam belajar khususnya materi IPAS kelas 10 SMK. Follow blog kami untuk update post terbaru.

Semoga bermanfaat.

Salam.  

No comments:

Post a Comment