10/08/2023

Kemenag Buka 15 Pelatihan Online Gratis, Guru Juga Dapat Mendaftar, Yuk Simak Jadwalnya

Program Bulan Pintar pelatihan online melalui platform MOOC Pintar resmi dirilis Pusdiklat Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan Balitbang Diklat Kementerian Agama. Program yang dilaksanakan pada 6 Oktober hingga 10 November 2023 tersebut menyelenggarakan pelatihan secara periodik bagi berbagai kalangan. 

Melansir dari laman Kemenag, Bulan Pintar merupakan program kreatif dan inovatif yang menyediakan berbagai pelatihan secara serial atau periodik. Total ada 15 pelatihan yang dapat diikuti secara online dengan tujuan memberikan peluang dan kebebasan ASN Kemenag untuk memilih berbagai jenis pelatihan sesuai dengan kebutuhannya. 



Pelatihan tersebut tidak hanya menyasar untuk ASN Kemenag saja, namun juga memberikan peluang bagi para guru, kepala madrasah, pengawas, dosen, mahasiswa, penghulu, penyuluh, pemerhati pendidikan dan masyarakat umum dalam memilih pelatihan sesuai minatnya. Selama sebulan, para peserta dapat mengikuti beberapa pelatihan atau empat pelatihan sesuai minat dengan gratis. 

Registrasi Pelatihan
Untuk registrasi, para pendaftar dapat melakukan prosesnya melalui platform Pintar. Ada dua tahapan pendaftaran yaitu pembuatan akun dan pendaftaran pelatihan. 

Jadwal Periode Pelatihan
Berikut informasi tentang daftar pelatihan yang akan dijalani oleh para peserta,

Periode I
Periode pelatihan ini mencakup materi  Media Pembelajaran Berbasis AI, Bimbingan dan Konseling, Keluarga Sakinah, Penilaian Pembelajaran Berbasis HOTS dalam Kurikulum Merdeka dan Metodologi Pembelajaran.

Timeline pendaftaran :
  • 6-9 Okt : Pendaftaran
  • 10-14 Okt : Pelaksanaan

Periode II
Periode pelatihan kedua ini mencakup materi Literasi yaitu Asesmen Awal Pembelajaran Literasi Kelas Awal, Numerasi tentang Asesmen Numerasi Kelas Awal dan Numerasi  yaitu Ide Praktis Pembelajaran dan Permainan Numerik. 

Timeline pendaftaran :
  • 15-18 Okt : Pendaftaran
  • 19-23 Okt : Pelaksanaan


Periode III
Periode pelatihan ketiga ini mencakup materi Literasi Pembelajaran Terdiferensiasi dengan submateri Keterampilan Membaca Dekoding dan Pemahaman untuk Kelas Awal, Literasi Pembelajaran Terdiferensiasi dengan submateri Membaca Bersama dan Membaca Terbimbing untuk Kelas Awal dan Numerasi (Tools Online for Learning) dengan submateri Pemanfaatan Aplikasi Online untuk Pembelajaran Aktif. 

Timeline pendaftaran :
  • 24-27 Okt : Pendaftaran
  • 28 Okt – 1 November : Pelaksanaan


Periode IV
Periode pelatihan keempat ini mencakup empat materi yaitu Literasi Pembelajaran Terdiferensiasi dengan submateri  Keterampilan Membaca Dekoding dan Pemahaman untuk Kelas Awal, Penelitian Tindakan Kelas, Karya Tulis Ilmiah bagi Penghulu dan Penyuluh dan Multimedia Pembelajaran. 

Timeline pendaftaran :
  • 2-5 Nov : Pendaftaran
  • 6- 10 Nov : Pelaksanaan

Demikian informasi tentang 15 Pelatihan Online Gratis yang dibuka oleh Kemenag untuk para guru, kepala madrasah, pengawas, dosen, mahasiswa, penghulu, penyuluh, pemerhati pendidikan dan masyarakat umum yang akan dilaksanakan secara berseri selama sebulan penuh. Yuk, segera daftar dan lengkapi persyaratannya.
Tetap semangat..

Salam. 

No comments:

Post a Comment