10/11/2023

Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) 2023 Jenjang SD Dilaksanakan, Yuk Kenali Tentang Soal Literasi

Halo sahabat Ahzaa, Selamat datang kembali lagi di AhzaaNet. Baik, pada hari ini kita akan bahas salah satu komponen yang diujikan dalam asesmen nasional berbasis komputer (ANBK) yaitu AKM Literasi.  

Image by Gerd Altmann from Pixabay

AKM literasi merupakan instrumen untuk menguji kemampuan dalam hal literasi. Literasi merupakan suatu kemampuan atau kualitas melek aksara di dalam diri seseorang dimana di dalamnya terdapat kemampuan membaca, menulis dan juga mengenali serta memahami ide-ide secara visual. Dalam AKM Literasi, materi yang diujikan adalah seputar bacaan. Adapun tipe soal yang diujikan pada AKM Literasi ANBK akan berbeda dengan soal- soal yang biasa dihadapi. 

Pada soal AKM Literasi, terdapat beberapa pengembangan soal bacan diantaranya berupa pilihan ganda, pilihan ganda kompleks, menjodohkan, isian dan uraian . 

Teks bacaan yang dimunculkan pun bervariasi yang mencakup jenis teks fiksi, non fiksi dengan lingkup konteks bacaan dapat berupa personal, sosial budaya, maupun saintifik.

Level dalam soal- soal AKM Literasi digolongkan dalam tingkatan tertentu seperti mudah, sedang maupun sulit. Soal level mudah biasanya seputar pertanyaan informasi yang berkaitan dengan teks atau bacaan. Sementara untuk level sedang, umumnya mengintegrasikan dan menginterpretasikan  isi dari teks atau bacaan. Terakhir, pada level sulit, terdapat pertanyaan terkait refleksi dan evaluasi bacaan. 

Bentuk- bentuk soal AKM Literasi
Soal Pilihan Ganda
Soal pilihan ganda mungkin sering teman-teman hadapi saat ujian di sekolah. Terdiri dari pertanyaan, dengan beberapa opsi, dan satu jawaban benar yang harus dijawab.

Soal pilihan ganda kompleks
Soal pilihan ganda kompleks terdiri atas pokok pertanyaan dengan beberapa pernyataan yang dipilih dengan memberi tanda seperti centang pada kolom kotak yang disediakan. Jawaban atas pertanyaan dapat lebih dari satu.

Soal menjodohkan 
Soal ini terdiri dari dua lajur, kanan dan kiri atau atas dan bawah. Pada lajur pertama,   berupa pokok soal dan pada lajur kedua berupa jawaban soal. Teman- teman harus menjodohkan, menyesuaikan, dan menghubungkan dua lajur tersebut dengan benar.

Soal isian
Pada soal isian ini, teman- teman dihadapkan pada pertanyaan yang harus dijawab secara singkat berupa kata, frasa, simbol atau  angka. 

Soal uraian
Soal uraian menguji teman- teman tentang bagaimana menuliskan gagasan dalam bentuk uraian tertulis. Soal uraian berupa kalimat tanya atau perintah yang ditujukan dalam mengekspresikan dan mengemukakan gagasan. 

Tips Mengerjakan soal AKM Literasi
Pemahaman bacaan soal
Pemahaman soal dalam mengerjakan soal AKM Literasi diperlukan. Pasalnya, menjawab teks bacaan  membutuhkan pemahaman soal dan ketelitian. 

Perhatikan tingkat kesulitan soal
Ada beberapa soal yang terhitung mudah, sedang juga ada beberapa soal yang dikategorikan dalam level sulit. Pada soal level mudah, mungkin teman- teman hanya perlu ketelitian dalam menemukan setiap informasi dalam bacaan, sedangkan pada level sedang maupun sulit, teman- teman tidak hanya menemukan informasi tersurat saja namun juga tersirat, yang seolah- olah membutuhkan kejelian dan pola berfikir tingkat tinggi.  

Latihan Soal AKM Literasi
Soal AKM Literasi berbentuk teks bacaan, maka disini yang harus diperbanyak adalah latihan memahami bacaan dan latihan mengerjakan soal.  Semakin banyak membaca, maka kemampuan akan memahami bacaan akan terasah serta latihan yang akan membantu dalam memfokuskan tujuan serta arah dari pertanyaan.

Latihan Soal AKM Literasi dari Pusmendik
Sebagai bahan latihan menghadapi soal AKM Literasi, teman- teman dapat mencoba simulasi pusat yang diadakan oleh Pusmendik. Dalam simulasi tersebut, teman- teman akan dihadapkan bentuk- bentuk soal AKM Literasi. Teman- teman bisa mengecek langkah- langkah mengikuti simulai AKM Literasi Membaca pada tulisan saya sebelumnya.




Download dan Latihan Soal AKM Literasi
Untuk menguji kemampuan teman- teman dalam soal AKM Literasi, ada beberapa latihan soal yang dapat teman- teman kerjakan dan latih. Teman- teman bisa melihat tulisan saya  tentang Seri Latihan Soal dan Pembahasan AKM Literasi Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) Kelas 5 SD/ MI. 

Oya, teman- teman juga bisa mengunduh soal untuk dapat dikerjakan secara offline. Ada dua paket soal yang dapat teman- teman coba antara lain melalui tautan berikut,



Demikian post saya tentang bagaimana mengenal Soal AKM Literasi pada ANBK Kelas 5 SD/ MI. Semoga artikel ini dapat membantu teman- teman yang akan menghadapi ANBK 2023 khususnya pada instrumen AKM Literasi. 

Jangan lupa share bila bermafaat dan follow blog saya untuk mendapatkan update tulisan- tulisan menarik, latihan- latihan soal dan sebagainya.

Salam.

No comments:

Post a Comment