10/12/2023

Aplikasi Arkas Terbaru Versi 4.08 Dirilis, Yuk Segera Lakukan Pembaruan

Aplikasi Arkas versi 4.08 telah resmi dirilis per tanggal 10 Oktober 2023. Aplikasi Arkas versi 4.08 ini merupakan update dari versi aplikasi sebelumnya yaitu versi 4.07 yang dipublish pada 25 September 2023 lalu. 

Pada aplikasi ARKAS versi terbaru ini, terdapat beberapa pembaruan terkait dengan opsi cetak bagian RKAS dimana ada opsi untuk mencetak RKAS untuk semua sumber dana. Selain itu terdapat pembaruan copywrite sumber dana di ARKAS 4 BOS menjadi BOSP sesuai dengan regulasi Permendikbud 63 Tahun 2022 dan Permendagri 3 Tahun 2023. 

Gambar oleh fancycrave1 dari Pixabay

Masih versi aplikasi terbaru ARKAS 4.08, satuan pendidikan (satdik) juga dapat melakukan pembaruan nominal pajak SSPD untuk menyesuaikan dengan ketentuan daerah. Pembaruan juga menyasar penambahan validasi karakter pada nama toko agar pengajuan tutup BKU tidak bermasalah.

Meskipun mengalami pembaruan, data di ARKAS versi sebelumnya tetap tersimpan dan akan dikonversi untuk diakses di ARKAS 4 versi terbaru. 

Aplikasi Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (ARKAS) merupakan sistem informasi yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk memfasilitasi penganggaran, pelaksanaan dan penatausahaan serta pertanggungjawaban dana bantuan operasional sekolah di satuan pendidikan dasar dan menengah secara nasional.

Berdasarkan Permendiknas No. 19 Tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan, setiap sekolah pada semua jenjang pendidikan, termasuk SMP, harus menyusun Rencana Kerja Sekolah (RKS) dan Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS).

Arkas memiliki manfaat dan fungsi diantaranya mengukur pembelanjaan dana BOS di sekolah terkait 8 Standar Nasional Pendidikan (SNP). Arkas juga mempermudah sekolah dalam pelaporan dan pertanggungjawaban dana BOSP serta menjamin tercapainya penggunaan sumber dana secara efisien, efektif, dan berkesinambungan. Fungsi dan manfaat lainnya dari Arkas berkaitan dengan fasilitasi sekolah dalam menyusun perencanaan, penganggaran dan penatausahaan sekolah dari manual ke bentuk digital. 

Mengapa Arkas 4?
Tahun 2023 ini, Arkas sudah masuk ke versi terbaru yaitu versi 4, dimana beberapa fitur dapat digunakan lebih praktis, lebih aman dan lebih nyaman. 

Arkas versi 4 lebih praktis, pasalnya, perbaikan alur pengguna untuk mempermudah satuan pendidikan di seluruh rantai proses pengisian ARKAS. ARKAS juga terintegrasi SIPLah pada bagian penatausahaan, sehingga data pembelanjaan detail dari SIPLah tidak perlu dimasukkan manual. Fitur login hanya diminta untuk memasukkan email dan password, tanpa perlu koneksi internet dan kode Referensi di Benahi Rapor sudah dipetakan dengan kode kegiatan di ARKAS. Selain itu, kertas kerja dikelompokkan berdasarkan sumber dana. 

Arkas versi 4 juga dinilai lebih aman, dimana mencakup semua sumber dana yang telah tercakup di dalam ARKAS 3 dan regulasi sesuai Juknis terbaru. Proses Aktivasi Kertas Kerja dan Buku Kas Umum secara otomatis melalui dukungan data Dapodik. Pengelompokan anggaran juga dapat dilaksanakan perbulan, yang mempermudah akses. Arkas versi 4 juga meningkatkan relevansi tiap menu dan info yang ditampilkan dan panduan pengisian juga disediakan. 

Arkas versi 4 dianggap juga lebih nyaman, yaitu dengan kemudahan mengakses fitur pergeseran dengan tampilan yang sederhana. Hierarki informasi ditampilkan dengan terstruktur sehingga lebih jelas dipahami satuan pendidikan dan pengguna dapat dengan mudah melihat bagian yang perlu diisi saat menyunting anggaran Penyesuaian Layout Pelaporan Penghitungan Pajak (PPn, PPh, SPPD) untuk transaksi yang relevan. 

Download Arkas Versi 4.08
Aplikasi Arkas versi 4.08 ini dapat berjalan pada sistem operasi Windows 8/10 / 11 dengan sistem 64 Bit maupun 32 Bit. Teman- teman dapat mengunduh kelengkapan Arkas versi 4.08 tersebut melalui unduhan di laman https://arkas.kemdikbud.go.id/download/arkas4

Demikian informasi tentang aplikasi Arkas terbaru versi 4.08. Yuk segera lakukan pembaruan dan manfaatkan fitur- fiturnya.

Semoga Bermanfaat. 

No comments:

Post a Comment