10/08/2023

Mengenal Hakikat Warna dalam Desain Grafis, Fungsi dan Kesan serta Maknanya

Cahaya yang dipantulkan dari suatu objek ke mata manusia dapat dianggap sebagai warna. Warna dapat terlihat apabila ada suatu cahaya yang menimpa benda, lalu benda tersebut menyerap dan memantulkan cahaya hingga sampai ke mata. Otak kemudian akan memroses warna tersebut dan membandingkannya dengan warna benda yang sudah pernah dilihat sebelumnya. 

Image by Pexels from Pixabay


Fungsi Warna
Ada beberapa fungsi dari warna yaitu alamiah, estetika, identitas dan isyarat tertentu. Berikut ulasan tentang fungsi warna, 

Warna dapat berfungsi secara alamiah sebab warna dapat menyatakan penggambaran dari suatu objek tertentu secara nyata. Hal ini dapat dilihat dari warna- warna alami yang terdapat pada benda- benda seperti buah- buahan maupun daun- daunan. 

Warna berfungsi dalam hal estetika karena warna dapat membangkitkan suatu keindahan. Warna yang berpadu akan membentuk suatu keindahan. Dalam hal identitas, warna dapat menyimbolkan suatu identitas dari kelompok tertentu. Hal ini terlihat dari desain logo, bendera, seragam, dan sebagainya. 

Warna dapat berfungsi psikologis, yaitu memberikan suatu kesan tertentu seperti warna merah yang memberikan kesan energik, aktif, berani dan warna kuning yang memberikan kesan tenang, hangat dan sebagainya. 

Warna berfungsi sebagai isyarat tertentu yang memberikan suatu tanda- tanda atau kondisi tertentu. Contoh dari fungsi warna sebagai isyarat adalah lampu lalu lintas yang memberikan isyarat tertentu, warna rambu- rambu yang memberikan tanda- tanda tertentu juga. 

Kesan dan Makna Warna 
Warna dapat memberikan atau menyimbokkan suatu kesan dan makna. Di bawah ini adalah contoh makna warna yang dapat dicermati,

 
 Merah  - aktif, energik, marah, berani, bahaya, positif
 - lambang keberanian, kemarahan, kekuatan 
 Biru  - dingin, melankolis, sedih, sayu, tenang
 - lambang keagungan, keteguhan , keyakinan, kesetiaan, kebenaran-
 Kuning  - gembira, ramah, riang, supel, cerah 
 - keadaan terang dan hangat 
 Oranye  - riang, muda
 - penuh inovasi, modern
 Hijau  - segar, alami, natural, 
 - lambang kesuburan, keseimbangan, keselarasan, kesegaran
 Hitam  - tegas, serius, praktis
 - kekuatan, kemewahan, kematian, keanggunan, misteri, ketakutan
 Putih  - jujur, sederhana, suci
 - lambang kesucian, kebenaran, kemurnian, kejujuran, ketulusan
 Abu- abu  - murung, tenang
 - ketidakceriaan, kemurungan, elegan, 
 Cokelat  - sunyi, sopan, arif
 - bijaksana, kepercayaan
 Ungu  - cantik, misteri, arogan 
 - lambang kejayaan, kebesaran, kebijaksanaan, pencerahan

Demikian tentang hakikat warna dalam desain grafis, baik secara fungsi, kesan dan maknanya. Materi masih akan berlanjut tentang warna yaitu jenis- jenis warna, skema warna, dan model warna, pada tulisan mendatang. Tetap follow AhzaaNet yaa...

Semoga Bermanfaat. 

No comments:

Post a Comment