10/01/2023

Materi Dasar- Dasar Seni Rupa : Teknologi Digital, Pengertian dan Contohnya

Teknologi digital begitu pesat kemajuannya, hingga merambah ke berbagai bidang kehidupan. Teknologi digital merupakan teknologi yang mengutamakan otomatisasi dibandingkan sistem manual yang dijalankan sebelumnya. Teknologi digital tidak terlepas dari revolusi industri 4.0 yang memanfaatkan penggunaan teknologi internet ke dalam proses produksinya sehingga menciptakan hasil yang efektif dan efisien. 

Image by fancycrave1 from Pixabay


Ciri dan karakteristik dari teknologi digital dapat dilihat dari pemanfaatan hal- hal yang berbau digital seperti robotik, Internet of Things (IoT), sistem komputasi awan (cloud computing), hingga artificial intelligence (AI).

Macam- Macam Teknologi Digital
Teknologi digital dapat ditemukan dalam berbagai bidang kehidupan diantaranya bidang ekonomi, pendidikan, komunikasi, dan industri.

Ekonomi Digital
Perkembangan teknologi ekonomi digital memungkinkan keefektifan pertumbuhan ekonomi suatu negara. Teknologi ekonomi digital juga memudahkan berbagai transaksi yang dilakukan. Contoh pemanfaatan teknologi ekonomi digital adalah aplikasi pembayaran, M- Banking, dompet digital, mesin Electronic Data Capture (EDC) dan sebagainya.

Edukasi Digital
Perkembangan teknologi digital dalam bidang pendidikan memungkinkan transfer pengetahuan berjalan dengan baik dan efektif. Pembelajaran tidak hanya berlangsung secara searah saja dalam sistem tatap muka, namun pembelajaran dalam berlangsung dimana saja, dengan sistem interaktif. Sumber belajarpun tidak hanya berasal dari satu sumber saja, namun dapat berasal dari sumber - sumber lain yang relevan. Contoh dari teknologi edukasi digital adalah sistem Learning Management System (LMS) sekolah, aplikasi pendidikan, platform kelas digital, dan sebagainya.

Komunikasi Digital 
Teknologi yang berkembang dan inovasi yang cepat akan meningkatkan interaksi antarmanusia. Manusia yang dikenal sebagai makhluk sosial pastinya akan selalu menjalin komunikasi dengan manusia lainnya. Kebutuhan komunikasi dihubungkan dengan kemudahan teknologi komunikasi yang selalu berkembang dan berinovasi. Contoh teknologi komunikasi digital adalah smartphone, televisi, laptop, radio, dan sebagainya.

Industri Digital
Teknologi industri digital memungkinkan manusia untuk menghasilkan produk- produk yang berkualitas dan berkuantiatas. Contoh teknologi industri digital adalah robot perakit mobil atau motor, printer 3 dimensi, dan sebagainya.

Itulah tentang teknologi digital, baik secara pengertian dan contohnya. Semoga materi pembelajaran ini memudahkan teman- teman dalam belajar khususnya materi dasar- dasar seni rupa kelas 10 SMK semester 1 kurikulum merdeka. 

Semoga Bermanfaat

Salam. 

No comments:

Post a Comment