10/10/2023

Pendaftaran Calon Guru Penggerak (CGP) Reguler Angkatan 11 Dibuka, Yuk Kenali Syarat, Tahapan Seleksi dan Jadwalnya

Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi kembali menyelenggarakan Pendidikan Guru Penggerak (PGP). Program Pendidikan Guru Penggerak yang sudah memasuki angkatan 11 tersebut bertujuan untuk menghasilkan Guru Penggerak yang berperan menggerakkan komunitas belajar bagi guru di sekolah dan di wilayahnya. Selain itu PGP juga dapat menumbuhkan kepemimpinan murid untuk mewujudkan Profil Pelajar Pancasila.


PGP Reguler angkatan 11 menyasar 466 kabupaten/ kota  dari 514 kabupaten/ kota. Sementara itu untuk PGP Daerah Khusus (Dasus) akan dilaksanakan di 30 kabupaten/ kota. Selain kedua program PGP di atas yaitu PGP reguler dan PGP daerah khusus, terdapat pula PGP intensif yang rencananya dilaksnakan pada 18 kabupaten/ kota. 

PGP reguler angkatan 11 akan dilaksanakan selama 6 bulan pada tahun 2024 dengan sistem belajar mandiri terbimbing dengan perpaduan belajar daring dan luring. Calon peserta untuk guru penggerak diuraikan sebagai berikut :
  • Guru ASN maupun NON ASN baik dari sekolah negeri maupun sekolah swasta, pada satuan pendidikan formal jenjang TK, SD, SMP, SMA, SMK, dan SLB.
  • Kepala sekolah yang belum memiliki Nomor Registrasi Kepala Sekolah (NRKS), berstatus definitif dari ASN maupun NON ASN baik dari sekolah negeri maupun sekolah swasta, pada satuan pendidikan formal jenjang TK, SD, SMP, SMA, SMK, dan SLB.

Selama masa pendidikan program penggerak, baik Guru dan Kepala Sekolah yang belum memiliki NKRS, maka tetap menjalankan tugas pokok dan fungsi di sekolah masing- masing. 

Tahapan Seleksi
Ada dua tahap seleksi PGP yang harus dilalui oleh para pendaftar diantaranya tahap pertama, meliputi pendaftaran, pemberkasan,  pengisian esai, pengunggahan RPP, penilaian portofolio, dan penilaian esai. Sedangkan tahap kedua, yaitu berkaitan dengan penilaian simulasi mengajar dan wawancara. 

Timeline Pendaftaran 
  • 9 - 27 Oktober 2023 : Informasi Rekrutmen
  • 9 - 27 Oktober 2023 : Registrasi/Pendaftaran dan Unggah berkas serta Pengisian Esai
  • 30 Oktober - 29 November 2023 : Verifikasi, validasi, penilaian berkas, dan penilaian esai
  • 12 Desember 2023 : Pengumuman Tahap 1
  • 10 Januari - 6 Maret 2024 : Simulasi Mengajar dan Wawancara
  • 20 Maret 2024 : Pengumuman Tahap 2
  • Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 11 : Akan diinformasikan kemudian

Informasi lengkap dapat dilihat melalui Surat Keputusan berikut ini,



Demikian informasi Rekrutmen Calon Pengajar Praktik (CPP) dan Calon Guru Penggerak (CGP) Program Pendidikan Guru Penggerak (PGP) Angkatan 11. Bagi yang berminat, yuk segera daftar...

Selamat berjuang.

No comments:

Post a Comment