10/01/2023

Memahami Industri Kreatif Seni Rupa, Pengertian dan Macamnya

Perkembangan ekonomi global membuat beberapa sektor juga ikut berkembang, salah satunya industri kreatif seni rupa. Seni rupa yang awalnya dibuat sebagai pemenuhan ekspresi jiwa melalui sebuah karya, kemudian bergeser menjadi sebuah pemenuhan kebutuhan pembuatnya. Oleh karena itu, seni rupa merambah ke dalam dunia industri dimana mengedepankan sisi komersial dari sebuah karya. Lantas, sebenarnya apakah itu industri kreatif seni rupa itu dan bagaimana macamnya? Ulasan berikut ini akan membantu teman- teman dalam memahaminya. 

Image by poverss from Pixabay

Pengertian industri kreatif seni rupa 
Industri kreatif seni rupa dapat didefinisikan sebagai proses penciptaan, kreativitas, ide, dan gagasan dari seseorang maupun kelompok yang akan menghasilkan produk atau karya. Industri kreatif berasal dari dua kata yaitu industri dan kreatif. Industri berkaitan dengan proses mengolah dan memproduksi barang  sementara kreatif lebih kepada daya cipta seseorang atau kelompok untuk menciptakan. 

Macam Industri kreatif seni rupa
Ada beberapa macam dan jenis dari industri kreatif, yang mencakup beberapa bidang seperti periklanan, fashion, desain, film, video, dan fotografi, penerbitan dan percetakan, arsitektur, dan perdagangan barang seni.

Periklanan
Industri kreatif seni rupa sangat dibutuhkan dalam bidang periklanan, khususnya dalam membuat tampilan periklanan dalam media cetak, poster, selebaran, pamflet, edaran, brosur, dan sebagainya. Melalui proses industri kreatif seni rupa,  media periklanan akan tampak lebih kreatif, tidak monoton dan menarik sehingga pesan yang akan disampaikan lebih mudah dipahami dan dimengerti. 

Fashion
Industri kreatif bidang fashion meliputi kegiatan kreatif dalam hal desain pakaian, sepatu, sandal, aksesoris, produksi pakaian, hingga distribusi suatu produk.

Desain 
Kreasi perancangan sebagai industri kreatif seni rupa mencakup pembuatan desain interior, desain grafis, desain kemasan produk, desain industri, hingga industri jasa konsultasi dan identitas suatu produk. 

Video, Film, dan Fotografi
Industri kreatif yang merambah bidang video, film, dan fotografi mencakup kegiatan kreatif dalam produksi video, film maupun fotografi termasuk proses dalam pembuatannya. Perkembangan internet yang pesat mendorong peningkatan industri kreatif dalam bidang ini, termasuk industri kreatif yang dijalankan oleh konten kreator video yang tentunya membutuhkan keahlian dan kemampuan dalam mengolahnya.

Penerbitan dan percetakan 
Industri kreatif dalam percetakan mencakup hal- hal yang terkait dalam proses penerbitan dan percetakan seperti pembuatan cover, layout buku, novel, majalah, dan sebagainya.

Arsitektur
Industri kreatif seni rupa juga merambah bidang arsitektur dimana jasa- jasa terkait bidang ini sangat dibutuhkan seperti perancangan bangunan, proses konstruksi, rancang bangun dan sebagainya.

Perdagangan benda seni
Nilai estetika yang tinggi dari sebuah karya seni akan menarik para peminat untuk membeli karya seni tersebut. Oleh karena itu, kegiatan kreatif seni juga memasuki bidang perdagangan benda seni seperti lukisan, patung, maupun karya seni lainnya. 

Langkah Peningkatan industri kreatif seni rupa
Dalam mewujudkan peningkatan industri kreatif, pemerintah sebagai pembuat regulasi dapat membuat berbagai kebijakan agar industri kreatif dapat berkembang dengan baik. Bebetapa hal yang dapat dilakukan oleh pemerintah diantaranya berikut ini,

Membuat perlindungan hukum pada industri kreatif
Pemerintah dapat membuat sarana perlindungan hukum terhadap industri kreatif yang berkembang seperti regulasi hak kekayaan intelektual terhadap karya seni.

Membuat program pengembangan industri kreatif karya seni
Pemerintah dapat menyediakan sarana seperti pembuatan program- program yang menjembatani pengembangan industri kreatif seni seperti pekan produk kreatif Indonesia, wahana kreatif dan festival untuk industri kreatif. 

Melibatkan swasta dalam pengembangan industri kreatif
Pemerintah dapat melibatkan pihak swasta dalam pengembangan industri kreatif. Selain mempererat hubungan antara pihak pemerintah dan swasta, hal ini dapat memperkaya ragam jenis industri kreatif yang berkembang dan potensial.

Menambah insentif untuk memacu perkembangan industri kreatif
Pemerintah dalam hal ini dapat menambah insentif khususnya dalam pengembangan industri  kreatif. Hal ini dapat membantu para pelaku industri kreatif dalam mengembangkan usahanya. 

Mengenalkan industri kreatif ke pasar internasional
Pengenalan industri kreatif lokal ke pasar internasional akan memberikan pandangan positif terhadap industri yang berkembang di dalam negeri. Selain itu dapat mendorong branding produk- produk lokal di pasar luar negeri. 

Demikian tentang Industri Kreatif Seni Rupa, Pengertian dan Macamnya. Semoga membantu teman- teman yang sedang mempelajari materi dasar- dasar seni rupa kelas 10 SMK semester 1 Kurikulum Merdeka. Terima kasih.

Salam. 

No comments:

Post a Comment