10/11/2023

Materi IPS Kurikulum Merdeka : Serba Serbi Benua Asia, Letak, Batas, Luas, Iklim, dan Macam Bentang Alamnya

Benua Asia merupakan benua terbesar di dunia dan benua yang memiliki populasi penduduk terbanyak. Benua Asia terletak di bagian timur bumi yang menyambung dengan Benua Eropa dalam daratan Eurasia. Benua Asia tersebar di lima wilayah utama yaitu Asia Tenggara, Asia Timur, Asia Barat, Asia Selatan, dan Asia Utara. 

Danau Toba di Indonesia
Gambar oleh 
Thiadon dari Pixabay

Letak, Batas dan Luas Benua Asia
Benua Asia memiliki letak, batas dan karakteristik luas yang berbeda dari benua- benua di dunia lainnya. 

Letak Benua Asia
Benua Asia terletak berdasarkan letak astronomis, geografis dan geologis. Letak astronomis benua asia adalah 77° LU - 11° LS dan 26°BT - 169°BT. Sementara letak geografis benua asia adalah terletak antara benua Eropa dan Benua australia serta diantara Samudra Hindia , pasifik dan Arktik. Secara geologis, benua asia menyatu dengan benua eropa yang dikenal dengan sebuat Eurasia. 

Batas Wilayah Benua Asia 
Benua Asia memiliki batas- batas diantaranya sebagai berikut : 
  • Sebelah utara : samudra Arktik dan Laut Utara 
  • Sebelah Timur : Samudra pasifik dan selat Bering 
  • Sebelah selatan : Samudra Hindia 
  • Sebelah barat : Laut tengah, laut merah, laut hitam, laut kaspia, sungai ural, dan pegunungan ural. 

Luas Benua Asia
Benua Asia memiliki luas ± 43.998.920 km², oleh karena itu, benua asia dijuluki sebagai benua terluas di dunia. Sebagian besar wilayah benua asia terletak di bagian bumi utara, sementara yang ada di bagian bumi selatan mencakup beberapa wilayah termasuk wilayah negara Indonesia. 


Keadaan Iklim Benua Asia
Berdasarkan letak lintang dan bentang alamnya, iklim di benua asia meliputi beberapa iklim yaitu iklim tropis, iklim subtropis basah, iklim sedang, iklim kutub dan iklim gurun. 

Iklim tropis mencakup sebagain besar wilayah Asia Tenggara dan pantai barat India. Iklim tropis memiliki curah hujan yang tinggi. 

Iklim subtropis basah meliputi sebagian besar wilayah asia timur, yang memiliki curah hujan tinggi yang dipengaruhi oleh angin musim  tenggara dari samudra pasifik. Musim kemarau terjadi ketika berhembus angin musim dari asia tengah. 

Iklim sedang meliputi sebagian kecil asia timur dengan curah hujan yang rendah. Saat berhembus angin timur dari arah kutub, suhu udara sangat rendah. 

Iklim kutub meliputi wilayah siberia utara dengan suhu yang sangat rendah karena didominasi pengaruh kutub dan biasanya pada musim dingin, suhu mencapai di bawah titik beku. 

Iklim gurun terletak di daerah-daerah gurun seperti gurun gobi, mongolia, tibet dan jazirah arab. Curah hujan sangat rendah karena angin berasal dari daratan yang kering. 

Bentang Alam 
Wilayah benua asia memiliki bentang alam yang sangat bervariasi. Sebut saja wilayah asia utara yang mencakup sebagian besar Siberia, wilayah asia tengah yang berupa dataran rendah dan terdapat gurun pasir. Dataran tinggi yang luas dan pegunungan yang terletak di wilayah Tibet dan China. Beberapa pegunungan yang mengelilingi dataran Tibet termasuk Himalaya, karakoram, Kunlun, Tian Shan, dan Hindukush. 

Gunung dan Pegunungan 
Gunung dan Pegunungan yang terkenal karena ketinggiannya di dunia adalah Puncak Everest yang merupakan puncak tertinggi di dunia. Selain itu di beberapa wilayah yang termasuk wilayah gunung dan pegunungan adalah sebagai berikut :
  • Asia Tengah : Pegunungan yang memanjang mulai Tajikistan, Tibet, Xinjiang, Uyghur, Mongolia Utara, Siberia selatan, dan Tibet Utara. 
  • Asia Barat : Pegunungan taurus dan Pegunungan Anti taurus 
  • Asia selatan : Pegunungan Himalaya, Pegunungan Adams 
  • Asia Timur : pegunungan Pepi Shan, Pegunungan Tuman, Pegunungan Taebach 
  • Asia Tenggara : Pegunungan Muda Sirkum pasifik dan Sirkum Mediterania yang memiliki banyak gunung berapi.

Dataran Tinggi
Dataran tinggi di wilayah Asia terletak di beberapa wilayah berikut ini, 
  • Dataran Tinggi Tibet, yang merupakan dataran tinggi terluas dan tertinggi di Asia 
  • Dataran Tinggi di Indonesia, seperti dataran tinggi Dieng, dataran tinggi Bandung, dataran tinggi Malang, dan sebagainya.
  • Dataran Tinggi Dekan di India 

Dataran Rendah 
Dataran rendah di Asia berada di sepanjang aliran sungai seperti dataran rendah di sepanjang sungai Hwang Ho dan Yang Tse Kiang di China, Dataran rendah sepanjang sungai Indus, Gangga, dan Brahmaputra di India. 

Gurun pasir 
Gurun pasir di Asia tersebar di beberapa wilayah baik Asia Barat, Aia Selatan, Asia tengah, dan Asia Timur. Beberapa gurun pasir di Asia antara lain sebagai berikut :
  • Gurun arab, gurun Sinai, Gurun Suriah, Gurun Rub Al Khali dan Gurun Dasthi kavir di kawasan Asia Barat 
  • Gurun Thar di wilayah Asia Selatan 
  • Gurun Gobi, Gurun Ordos dan Gurun taklamakan di wilayah Asia Timur. 

Sungai 
Ada beberapa sungai besar yang terkenal di kawasan benua Asia antara lain :
  • Asia Barat : Sungai Tigris, sungai Euffrat, Sungai Kizil Ismak
  • Asia Timur : Sungai Yang Tse Kiang, Sungai Hwang Ho, Sungai Tumau
  • Asia Selatan : Sungai Indus, Sungai Gangga, Sungai Brahmaputra 
  • Asia Tenggara : Sungai Mekong, Sungai Irawadi dan Sungai Musi

Danau 
Danau- danau yang terletak di kawasan benua Asia adalah Danau Laut kaspia, Danau Laut Mati, Danau Aral, Danau Urmid, Danau Barkal, Danau Lop Kor, dan Danau Toba. 

Demikian Serba Serbi tentang Benua Asia dilihat dari Letak, Batas, Luas, Iklim, dan Macam Bentang Alamnya. Semoga pembelajaran ini memudahkan teman- teman dalam belajar. Semoga Bermanfaat.

Salam. 

No comments:

Post a Comment