10/08/2023

Tema dan Logo Hari Santri 2023 Resmi Dirilis, Inilah Makna dan Filosofinya

Tanggal 22 Oktober diperingati sebagai hari Santri. Hari Santri yang ditetapkan mulai tahun 2015 oleh Presiden Joko Widodo tersebut merupakan sebuah peringatan terhadap Resolusi Jihad yang dikeluarkan oleh KH Hasyim Asy'ari pada 22 Oktober 1945. Resolusi Jihad merupakan seruan kepada seluruh masyarakat untuk berjihad mempertahankan kemerdekaan Indonesia melawan penjajah. Peristiwa inilah yang kemudian memuncak pada pertempuran di Surabaya pada 10 November 1945. 

Pada peringatan hari Santri tahun ini, yang jatuh pada hari Minggu, 22 Oktober 2023, akan mengusung tema "Jihad Santri Jayakan Negeri". Peluncuran tema Hari Santri juga bebarengan dengan perilisan logo peringatan Hari Santri 2023. 

Tema yang diusung memiliki makna agar para santri tetap berjuang membangun kejayaan negeri dengan semangat jihad intelektual di era transformasi digital. Hal ini seperti disampaikan oleh Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas, “Pada peringatan tahun ini, kita usung semangat Jihad Santri Jayakan Negeri. “Melalui tema ini, kami ajak para santri untuk terus berjuang membangun kejayaan negeri dengan semangat jihad intelektual di era transformasi digital,”

Menag juga menambahkan ada dua makna dalam tema yang diusung, yaitu makna historis dan kontekstual. Makna historis memberikan pandangan agar para santri dapat berperan dalam perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Sementara makna kontekstual dari tema Hari Santri 2023 yaitu bahwa perjuangan santri dapat dilakukan dengan kontribusi aktif dalam memajukan negeri, dimana perjuangan jihad tersebut tidak selalu identik dengan berperang mengangkat senjata. 

Santri saat ini dapat ebrperan besar dalam melawan ketertinggalan dan kebodohan serta mengambil andil dalam transformasi digital. Selain itu, santri dapat berjihad dalam bidang ekonomi dengan turut serta mengurangi kemiskinan dan pengangguran. Santri juga dapat berjihad dalam bidang politik dengan cara membina kerukunan dan menciptakan kesejukan. 

Makna dan Filosofi Logo Hari Santri 2023
Logo Hari Santri 2023 terdiri atas gamnbar dan simbol berupa bendera merah putih dan api yang berkobar. Selain itu juga terdapat empat pilar, titik berwarna kuning di atas empat pilar. Terdapat pula huruf Nun dan goresan tinta. 

Logo Hari Santri memanfaatkan lima warna yaitu merah, putih, hijau, orange, dan biru. Warna merah mencerminkan semangat yang menyala dalam berjuang, warna putih melambangkan kesucian dan kemurnian, warna hijau sering dikaitkan dengan Islam dan warna ini mencerminkan nilai- nilai agama, kedamaian, dan pertumbuhan. Sedangkan warna orange menciptakan kontras dan eceriaan, menggambarkan semangat, antusiasme, dan energi dalam upaya memajukan negeri. Terakhir, warna biru melambangkan kecerdasan dan kebijaksanaan.

Makna Logo Gambar Hari Santri 2023
Adapun makna dari logo gambar pada hari Santri 2023 adalah sebagai berikut :
  1. Bendera Merah Putih dan Api yang Berkobar mengandung makna semangat nasionalisme. Semangat inilah sebagai salah satu ciri yang melekat pada diri santri yaitu mencintai tanah air (hubbub al-wathan).
  2. Jaringan Digital, yang mengandung makna transformasi teknologi digital dimana para santri juga turut melakukan transformasi teknologi digital.
  3. Empat Pilar yang bermakna empat pilar kebangsaan, yaitu Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
  4. Titik Berwarna Kuning di Atas Empat Pilar yang mengandung makna santri siaga menjaga empat pilar kebangsaan.
  5. Simbolisasi Huruf Nun dengan bentuk huruf nun yang menyerupai tempat tinta merupakan simbol pengetahuan.
  6. Goresan Tinta yang mengandung makna jihad santri zaman ini yaitu mengembangkan ilmu pengetahuan pesantren dengan kemajuan teknologi demi kejayaan negeri.

Demikian makna dan filosofi Hari Santri 2023 yang akan jatuh pada tanggal 22 Oktober 2023. Semoga dengan Hari Santri 2023, dapat meneruskan semangat para pahlawan dan meneruskan perjuangan dan cita- cita mereka demi terwujudnya negara Indonesia yang sejahtera, adil dan makmur. 

Download Logo Hari Santri 2023
Buat teman- teman yang ingin mengunduh logo Hari Santri 2023, bisa membuka tautan berikut ini : Download Logo Hari Santri 2023

Semoga Bermanfaat

No comments:

Post a Comment