10/18/2023

Nilai- Nilai Perjuangan Dakwah Rasulullah Saw pada Periode Makkah

Perjuangan Nabi Muhammad Saw dalam berdakwah pada periode Makkah mendapat tantangan yang luar biasa dari kaum Qauraisy. Tentu saja hal- hal tersebut tidak menyurutkan Nabi Saw dalam mengajak agar masyarakat Quraisy menyembah Allah Swt dan meninggalkan ajaran yang menyimpang. Beberapa hambatan dan rintangan dihadapi oleh rasulullah dan pengikutnya. 

Gambar oleh WAQAR AHMAD dari Pixabay



Nah, bagi kita, meneladani atas apa yang Rasulullah perjuangkan merupakan suatu hal yang bermanfaat dalam kehidupan kita. Beberapa sikap yang dapat kita ambil terkait perjuangan Nabi Saw dalam menyebarkan ajaran Islam adalah sebagai berikut : 

Sikap tangguh 
Rasulullah sudah mencontohkan sikap ketika beliau berjuang dalam mengajak orang- orang Quraisy meninggalkan ajaran- ajaran yang menyimpang dan kembali ke jalan Allah Swt.  Sikap yang dimiliki Rasulullah tersebut adalah sikap tangguh dan pantang menyerah. Sikap tangguh dalam mewujudkan apa yang menjadi cita- citanya dan bersusah payah tanpa mengenal lelah, berkorban  hingga sukses. 

Sikap tangguh merupakan upaya yang diimbangi dengan pembelajaran serta latihan yang terus menerus. Sikap tersebut juga memerlukan dukungan dari beberapa aspek seperti kesehatan yang baik dan dukungan pemahaman yang benar. 

Dalam kehidupan sehari- hari, sikap yangguh dapat diwujudkan dalam berbagai hal diantaranya sebagai berikut ini,
  • Sungguh- sungguh dalam memanfaatkan waktu dalam belajar 
  • Mengamalkan sikap disiplin dan tanggung jawab terhadap segala peraturan di sekolah
  • Menjalankan perintah agama dan menjauhi larangan- larangan di dalamnya dengan penuh rasa ikhlas
  • Berpantang menyerah dan putus asa ketika mengalami kegagalan untuk meraih apa yang dicita- citakan 
  • Menjadikan suatu kegagalan sebagai sebuah pendorong atau semangat serta pembelajaran agar tidak mengalaminya di kemudian hari 
  • Mencari solusi atas permasalahan yang dihadapi dengan cara yang baik 

Jiwa Berkorban 
Nabi Saw dan pengikutnya dalam berdakwah secara rela mengorbankan segalanya agar masyarakat Quraisy dapat menempuh jalan kebenaran Islam. Hal inilah yang menjadi nilai dan tauladan kita dalam bertindak di kehidupan sehari- hari. Ada beberapa contoh perilaku yang mencerminkan jiwa berkorban dalam kehidupan sehari- hari diantaranya sebagai berikut ini, 

Mendahulukan kepentingan umum di atas kepentingan pribadi.
Sebagai seorang yang beriman, kita harus dapat mendahulukan kepentingan umum di atas kepentingan pribadi. 

Sikap membantu orang- orang yang membutuhkan
Islam mengajarkan agar umatnya selalu menolong orang- orang yang membutuhkan. Hal ini dapat dilakukan dengan menyisihkan sebagian harta untuk membatu orang lain yang memerlukan. Pasalnya, dalam harta yang kita miliki terdapat sebagian harta orang lain yang membutuhkannya. 

Memanfaatkan waktu untuk kegiatan yang bermanfaat
Waktu merupakan hal yang sangat terbatas dan tidak dapat diulang kembali. Oleh karenanya, memanfaatkan waktu dengan sebaik- baiknya merupakan langkah yang tepat agar tidak menyesal di kemudian hari. 

Demikian nilai- nilai yang dapat diteladani dari perjuangan dakwah Rasulullah selama periode Makkah. Semoga kita dapat menerapkan nilai- nilai tersebut dalam kehidupan sehari- hari. 

Semoga bermanfaat.

Salam. 

No comments:

Post a Comment