4/20/2023

Beasiswa Pendidikan Non- Gelar Bidang Numerasi Monash University Australia untuk Guru PAUD, SD, dan SMP Dibuka, Cek Persyaratan, Tata Cara dan Jadwalnya

Beasiswa Microcredential bidang Numerasi Monash University Australia untuk guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD),Sekolah Dasar (SD), dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) dibuka oleh Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan bekerjasama dengan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) tahun 2023 ini. Beasiswa ini memberikan kesempatan kepada guru- guru pada jenjang PAUD, SD, dan SMP di Indonesia untuk berpartisipasi dalam program beasiswa non gelar atau microcredential bidang numerasi pada Monash University Australia. Program beasiswa ini rencananya digelar secara daring maupun luring. 

Screenshot Instagram guru.dikdas.kemdikbud


Untuk mengikuti program beasiswa Microcredential bidang Numerasi Monash University Australia, teman- teman harus memenuhi persyaratan umum dan persyaratan khusus. 

Persyaratan Umum
Untuk persyaratan umum, Pendaftar harus merupakan Warga Negara Indonesia. Selain itu pendaftar merupakan Guru ASN atau Guru Tetap Yayasan dan memiliki Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK). Peserta juga sudah mengajar/membimbing/bertugas paling sedikit 2 (dua) tahun berturut-turut di satuan pendidikan PAUD, SD, SMP  yang dibuktikan dengan surat tugas mengajar serta sekurang-kurangnya memiliki kualifikasi akademik studi program strata satu (S1/DIV). 

Persyaratan umum lainnya, peserta juga tidak sedang menerima atau akan menerima beasiswa dari sumber lain selama menjadi penerima beasiswa. Peserta juga memiliki kemampuan penggunaan TIK dan memiliki jaringan internet yang memadai. Sebagai kelengkapan dokumen, peserta melampirkan surat rekomendasi sebagai berikut:

1) Surat Rekomendasi dari atasan dengan format dapat dilihat melalui laman http://ringkas.kemdikbud.go.id/SuratRekomendasi
2) Surat keterangan sehat

Selanjutnya isi profil diri pada formulir pendaftaran secara daring.

Persyaratan Khusus
Sementara itu, untuk persyaratan khusus dalam pendaftaran beasiswa Microcredential bidang Numerasi Monash University Australia, ada beberapa poin yang harus diperhatikan juga diantaranyaberkaitan dengan batas usia pendaftar yaitu 50 (lima puluh) tahun per 31 Desember 2023. Peserta juga Memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) jenjang sebelumnya sekurang-kurangnya 3,00 pada skala 4 atau yang setara dibuktikan dengan transkrip nilai asli atau dilegalisir dan diupload melalui aplikasi pendaftaran. 

Selain itu peserta memiliki kemampuan bahasa Inggris dengan skor minimal TOEFL ITP 450/ Duolinggo 80/ TOEFL® 45/IELTS 5.0 yang dibuktikan dengan unggahan sertifikat kemampuan bahasa Inggris tersebut. Untuk kandidat yang merupakan lulusan Perguruan Tinggi luar negeri dibuktikan dengan ijazah dengan masa lulus tidak lebih dari 2 tahun terhitung dari tanggal pendaftaran tidak diwajibkan untuk persyaratan dokumen kemampuan bahasa Inggris ini.

Persyaratan selanjutnya adalah bukti Letter of Acceptance yang menunjukkan bahwa telah diterima sebagai peserta diklat sesuai program studi dan Perguruan Tinggi tujuan pada aplikasi pendaftaran.

Peserta juga harus mengunggah SK Penetapan ASN atau SK pegawai tetap dari Ketua Yayasan dan surat izin mendaftar beasiswa dan mengikuti pendidikan dan pelatihan dari dinas pendidikan kabupaten/kota:Melampirkan esai bertema “Praktik Pembelajaran Numerasi yang Telah Saya Lakukan” dalam bahasa Inggris yang dapat dilihat melalui http://ringkas.kemdikbud.go.id/FormatEsai

Persyaratan terakhir, penandatanganan surat pernyataan kesanggupan melaksanakan studi dengan format yang dapat diunduh melalui laman https://ringkas.kemdikbud.go.id/SuratPenyataan

Pelaksanaan Numeracy Profesional Learning Program di Monash University 
Numeracy Profesional Learning Program di Monash University akan dilaksanakan selama 5 hari secara daring maupun luring di bulan Juli 2023 dengan pembekalan peserta berupa pengenalan dasar mengenai numerasi, Perdirjen GTK tentang Kerangkan Kompetensi Numerasi, AKM Numerasi, dan Penelitian Tindakan Kelas. 

Jadwal Pendaftaran Beasiswa
Pendaftaran beasiswa microcredential (Pendidikan non gelar) Numeracy Profesional Learning Program Monash University, Victoria Australia dilaksanakan mulai tanggal 18 April hingga 18 Mei 2023. 

Tertarik? Yuk Segera Daftar melalui laman https://gtk.kemdikbud.go.id/lpdpgtk/public/

Oya, info selengkapnya dapat dilihat melalui laman Portal Beasiswa LPDP GTK Kemdikbud https://gtk.kemdikbud.go.id/lpdpgtk/public/

No comments:

Post a Comment