4/06/2023

Belajar Materi dengan Latihan Soal IPS Kelas 8 Semester 1 Tema 01 Kondisi Geografis dan Pelestarian Sumber Daya Alam (Part IV)

Wah, udah sampai part IV yaa untuk belajar materi IPS kelas 8- nya. Baik, materi ini merupakan lanjutan dari materi- materi pada sub tema sebelumnya untuk Tema 01 tentang kondisi geografis dan pelestarian sumber daya alam mapel IPS kelas 8 semester 1 Kurikulum merdeka. Untuk materi sebelumnya pada sub tema 1,2 dan 3 bisa dilihat dan dipelajari pada posting sebelumnya.


Materi part IV pada tema 01 adalah tentang peran lembaga sosial dalam pemanfaatan sumber daya manusia. Pada sub tema ini akan dipelajari tentang lembaga sosial, norma, tingkatan norma, peran lembaga sosial dalam pemanfataan sumber daya alam dan sumber daya manusia. Selengkapnya dapat disimak melalui rangkuman berikut ini. 

Gambar oleh Susann Mielke dari Pixabay

Oya teman- teman, pada bagian akhir akan tersedia juga latihan soal untuk menguji kemampuan dan pemahaman kalian tentang materi ini. 

Langsung saja yaa, selamat belajar.

Latihan Soal dan Rangkuman Materi IPS Kelas 8 SMP Semester 1 Kurikulum Merdeka Tema 01 Kondisi Geografis dan Pelestarian Sumber Daya Alam (Part IV)

1. Kelangsungan hidup masyarakat terdiri atas bagian- bagian yang saling mendukung, dan bagian- bagian tersebut dikenal dengan lembaga sosial. Lembaga sosial memuat berbagai tata cara atau aturan kehidupan yang berguna untuk menjalankan sistem sosial masyarakat demi terwujudnya keteraturan sosial.

2. Manusia merupakan makhluk sosial dimana antarsatu dengan lainnya ada semacam keterikatan dan kodrat saling membutuhkan. 

3. Selain sebagai keseluruhan dari sistem norma yang terbentuk berdasar tujuan dan fungsi tertentu dalam masyarakat, norma sosial juga didefinisikan sebagai gabungan norma- norma yang berkaitan dengan kebutuhan dalam masyarakat.

4. Kebutuhan masyarakat akan suatu aturan mendesak terbentuknya lembaga sosial dalam kehidupan bermasyarakat. Aturan- aturan yang dibentuk dalam kehidupan masyarakat dikenal dengan istilah norma kemasyarakatan.

5. Norma- norma dalam masyarakat dirumuskan agar hubungan antarmanusia di dalam suatu masyarakat dapat terjalin dengan baik. Norma  diartikan sebagai aturan atau kaidah yang menjadi pedoman tingkah laku sehingga memberikan pengertian bahwa perilaku yang dilakukan tersbeut bernilai benar atau salah. 

6. Norma dijadikan pedoman bagi anggota masyarakat dalam memenuhi kebutuhan agar tercapai sesuai dengan apa yang diharapkan. Norma atau seperangkat aturan dalam masyarakat diperlukan untuk mengatur hubungan antarmanusia dalam berbagai sendi kehidupan.

7. Norma- norma yang tercipta memiliki kekuatan untuk mengikat yang berbeda- beda, ada yang lemah namun ada yang kuat. 

8. Dalam masyarakat terdapat empat tingkatan norma yang mencakup cara (usage), kebiasaan (folkways), tata kelakuan (mores) dan adat istiadat (customs). Adapun rinciannya adalah sebagai berikut :
a. Cara (usage), merupakan norma tingkatan pertama, dimana para pelanggar norma tersebut hanya akan mendapat cibiran atau celaan dari orang sekitarnya. Adapun contoh dari norma ini adalah tentang cara berpakaian.

b. Kebiasaan diidentifikasikan sebagai suatu perbuatan yang dilaksanakan secara berulang- ulang dalam bentuk yang sama seperti kebiasaan menghormati orang yang lebih tua usianya.

c. Tata Kelakuan, merupakan tindakan lanjutan dari kebiasaan yang sudah diterima sebagai patokan atau norma pengatur kelakuan dalam bertindak. JIka terjadi pelanggaran, maka akan ada sanksi yang diberlakukan. Contoh tata kelakuan adalah pelanggaran peraturan sekolah oleh peserta didik yang mendatangkan sanksi untuknya atas apa yang diperbuat sesuai dengan tata tertib yang berlaku.

d. Adat istiadat, merupakan norma dalam lingkup adat, dimana para pelanggarnya akan dikenai sanksi sesuai dengan adat masing- masing, contohnya yaitu pemberian petunjuk bertingkah laku dalam kehidupan bermasyarakat.

9. Selain berperan dan berfungsi untuk mencukupi kebutuhan dasar tiap tiap anggota masyarakatnya lembaga sosial juga berperan dalam  menjaga keutuhan masyarakat dan memberikan pedoman kepada masyarakat untuk mengadakan sistem pengendalian sosial (kontrol sosial). Dalam hal ini dapat disimpulkan bahwa lembaga sosial berperan sebagai sistem pengawasan masyarakat terhadap tingkah laku anggota masyarakatnya. 

10. Peran Lembaga dalam pemanfaatan sumber daya alam
a. Pemanfaatan sumber daya alam yang baik dan benar dapat di awali dari peran lembaga keluarga dengan cara memberikan pemahaman dan pembiasaan yang baik dalam memanfaatkan dan menggunakan sumber daya alam secara bijak.

b. Lembaga agama juga dapat berperan penting dalam memanfaatkan sumber daya alam, yaitu dengan cara menyeimbangkan kehidupan manusia antara di dunia dan akhirat. Pada dasarnya agama menuntun individu untuk berperilaku baik terhadap sesama manusia, makhluk lain dan lingkungan alam di sekelilingnya. jadi, orang yang beragama maka akan senantiasa menjaga dan melestarikan sumber daya alam dengan baik dan tidak akan merusak alam demi keinginan dan kepentingannya masing- masing. 

c. Dalam pemanfaatan sumber daya alam, lembaga ekonomi dapat berperan menjaga keseimbangan dalam pemanfaatan sumber daya alam dengan membuat regulasi yang baik sehingga para pelaku produksi akan  dapat memanfaatkan ketersediaan sumber daya alam secara efektif dan efisien.

d. Lembaga pendidikan berperan memberikan kesadaran menjaga dan melestarikan alam melalui pendidikan dalam hal pemanfaatan sumber daya alam.

e. Lembaga politik dapat membuat undang- undang yang mengatur dan melindungi sumber daya alam yang ada di Indonesia dengan tujuan melindungi sumber daya alam agar tidak dieksploitasi secara berlebihan dan dapat dimanfaatkan sebagaimana mestinya oleh masyarakat. 

11. Peranan lembaga sosial dalam pemanfaatan sumber daya manusia
a. Lembaga keluarga merupakan tempat pertama sosialisasi bagia anak. Melalui lingkungan keluarga, anak akan diperkenalkan aturan dan nilai- nilai sosial yang berlaku sehingga suatu saat nanti benar- benar siap dalam kehidupan bermasyarakat.

b. Lembaga agama dapat menjadi penentu arah dalam menciptakan ketertiban sosial di dalam masyarakat.

c. Lembaga ekonomi mengatur hubungan antarmanusia dalam pemebuhan kebutuhan pokok disamping mengatur bidang- bidang ekonomi dalam mencapai masyarakat yang sejahtera dan terpenuhi semua kebutuhannya.

d. Lembaga pendidikan merupakan tempat kegiatan belajar yang bertujuan mengubah tingkah laku seseorang menjadi lebih baik.

e. Lembaga politik berperan dalam mengatur pelaksanaan kekuasaan dan wewenang yang berkaitan dengan kepentingan masyarakat agar tercapai ketertiban dan keteraturan dalam masyarakat. 

Lanjut ke latihan soal yaa...
Latihan  Soal IPS Kelas 8 Semester 1 Tema 01 Kondisi Geografis dan Pelestarian Sumber Daya Alam (Part IV)

1. Pernyataan yang tepat tentang lembaga sosial adalah ....
a. lembaga sosial dibuat untuk mengatur kehidupan masyarakat secara ketat 
b. lembaga sosial bertujuan untuk menjalankan sistem sosial masyarakat
c. lembaga sosial hanya akan berjalan bila ada pengawasan 
d. lembaga sosial diterapkan apabila terjadi ketidakstabilan dalam masyarakat 


2. Ketika ada kerja bakti di wilayahnya, Pak Iwan selalu mengemukakan alasan untuk tidak berangkat. Berbagai macam alasan ia buat agar tidak menjalankan kegiatan tersebut. Sanksi yang tepat untuk pak Iwan adalah ....
a. ditegur dan diberi denda
b. dibenci oleh anggota masyarakat lainnya
c. didenda dalam nominal tertentu
d. dilaporkan ke pihak berwenang 


3. Manusia tidak dapat hidup tanpa adanya manusia lainnya sehingga manusia disebut sebagai makhluk ....
a. individu 
b. mandiri
c. sosial
d. bermasyarakat 


4. Norma- norma masyarakat dirumuskan dengan tujuan ....
a. menghasilkan kesepakatan bersama 
b. hubungan antarmasyarakat terjalin dengan baik 
c. menyamakan pandangan masyarakat 
d. saling menghargai perbedaan 


5. Cara berpakaian yang tidak semestinya dalam tempat umum tidak sesuai dengan norma. Biasanya hal tersebut akan dinilai oleh masyarakat lainnya dengan cara ....
a. memberi hukuman berat
b. menjatuhkan sanksi tegas
c. mendapatkan celaan 
d. menekankan denda 


6. Berjalan sambil menunduk ketika melewati orang tua merupakan salah satu bentuk penerapan norma dalam tingkatan ....
a. cara 
b. tata kelakuan 
c. kebiasaan 
d. adat istiadat  


7. Di bawah ini yang bukan merupakan ciri dari tingkatan norma tata kelakuan (mores ) adalah ....
a. merupakan suatu kebiasaan yang kemudian diterima sebagai norma 
b. pelaku akan dikenai sanksi jika melanggar 
c. terdapat unsur pengawasan 
d. hukuman yang diterima cenderung ringan saat terjadi pelanggaran 


8. Pelanggaran atas hukum adat akan dikenai sanksi ....
a. hukuman berat 
b. sesuai adat masing- masing 
c. denda yang besar
d. dikenai pasal undang- undang 


9. Lembaga sosial merupakan pedoman masyarakat untuk kontrol sosial, artinya ....
a. melakukan pengawasan atas perilaku anggota masyarakatnya 
b. memberikan denda kepada yang melanggar 
c. tidak memberikan ruang gerak bebas untuk menyatakan pendapat 
d. membatasi tingkah laku masyarakat 


10. Peran lembaga keluarga dalam pemanfaatan sumber daya alam adalah ....
a. memberikan gambaran penggunaan sumber daya alam secara besar- besaran 
b. menunjukkan keuntungan pengelolaan sumber daya alam yang besar 
c. memberikan pemahaman bagaimana menggunakan sumber daya alam secara bijak 
d. membiasakan untuk memanfaatkan sumber daya alam secara seenaknya  


11. Lembaga agama berperan dalam pemanfaatan sumber daya alam dengan cara ....
a. menyamakan persepsi para pemeluknya tentang mengelola sumber daya alam 
b. menyeimbangkan kehidupan manusia yang selalu berperilaku baik untuk menjaga alam sekitarnya
c. meningkatkan keimanan terhadap Tuhan Yang Maha Esa 
d. memberikan ruang diskusi untuk pengelolaan sumber daya alam 


12. Lembaga ekonomi berperan penting dalam pemanfaatan sumber daya alam dengan cara ....
a. membuat aturan dan hukuman bagi pelanggar 
b. menjaga keseimbangan dalam memanfaatkan sumber daya alam dengan aturan- aturan yang berlaku 
c. memberikan kesadaran tentang pengelolaan sumber daya alam 
d. menginisiasi masyarakat tentang pemanfaatan sumber daya alam tepat guna 


13. Lembaga pendidikan berperan dalam menjaga sumber daya alam dengan cara ....
a. menunjukkan bagaimana cara menjaga sumber daya alam yang baik
b. memberikan usulan tentang rancangan undang- undang lingkungan 
c. menjaga dan meletarikan lingkungan sekitar 
d. memberikan kesadaran akan pentingnya menjaga kelestarian alam untuk kelangsungan hidup manusia 


14. Peranan lembaga politik dalam pemanfaatan sumber daya alam adalah ....
a. membuat undang- undang yang bebas mengatur pemanfaatan sumber daya alam
b. melindungi sumber daya alam agar tidak dieksploitasi secara berlebihan dan dimanfaatkan sebagaimana mestinya melalui undang- undang
c. mengajak masyarakat untuk tetap memanfaatkan sumber daya alam secara bebas
d. mengatur penggunaan sumber daya alam untuk golongan tertentu 


15. Tempat sosialisasi yang pertama bagi anak adalah pada lingkungan ....
a. keluarga
b. masyarakat 
c. sekolah 
d. negara 


16. Lembaga keluarga berperan penting dalam pemanfaatan sumber daya manusia bagi anak dengan mengenalkannya dengan lingkungan yang lebih luas dengan tujuan ....
a. menyiapkan bekal untuk  hidup di masyarakat dengan baik
b. memberikan gambaran anak bahwa dunia yang akan dihadapi akan penuh tantangan 
c. membatasi dunia anak 
d. memberikan tantangan yang berat kepada anak 


17. Agar anak benar- benar siap hidup dalam masyarakat, maka peran orang tua ....
a. mengenalkan aturan dan nilai- nilai sosial masyarakat 
b. meningkatkan pengetahuan anak dalam hal ilmu
c. memberikan pola asuh yang keras 
d. melakukan pembatasan terhadap kebiasaan anak 


18. Rutinitas ibadah akan sangat berpengaruh dalam meningkatkan kadar keilmuan kita sebagai umat beragama. Hal tersebut berkaitan dengan peranan lembaga agama ....
a. sebuah sistem yang maju
b. sistem keyakinan dan praktik keyakinan dalam masyarakat 
c. peningkatan ilmu pengetahuan 
d. toleransi antarumat beragama 


19. Peranan lembaga ekonomi dalam pemanfaatan sumber daya manusia adalah ....
a. mengatur hubungan manusia dengan manusia lainnya 
b. membina masyarakat untuk bijak dalam mengelola sumber daya 
c. mengatur hubungan antarmanusia dalam pemenuhan kebutuhan pokok. 
d. mengatur regulasi tentang sanksi atas pelanggaran yang trjadi terhadap sumber daya manusia


20. Tujuan lembaga pendidikan sebagai tempat berlangsungnya kegiatan belajar adalah ....
a. menyiapkan siswa terhadap tantangan yang akan dihadapi 
b. mengubah tingkah laku seseorang manjadi lebih baik melalui hubungan dengan lingkungan sekitar 
c. menjamin kesuksesan seseorang di masa mendatangkan
d. mengubah nasib seseorang 


Masih ada satu sub tema lagi yaa yaitu Sub tema 5 Kondisi Geografis dan Interaksi dengan Bangsa Asing.. Tentu saja akan saya publish di tulisan mendatang..
Tetap di AhzaaNet yaa...

No comments:

Post a Comment