4/10/2023

Variasi Gerak Spesifik Permainan Lapangan Beladiri Pencak Silat : Materi PJOK Kelas 8 SMP Semester 1 Kurikulum Merdeka

Pencak silat merupakan olahraga karya cipta bangsa kita sendiri yang saat ini tidak hanya berkembang di indonesia, namun sudah menyebar ke seluruh dunia. Pada penggelaran asian games 2018, Indonesia berhasil menyapu bersih semua mendali yang diperebutkan dari cabang olahraga tersebut. Untuk memainkanya, setiap pemain harus dapat mengkombinasikan dan mengoordinasikan teknik-teknik dasar dimana setiap teknik mempunyai karakteristik gerak yang berbeda.

source : wikipedia

Teknik Tangkisan Pencak Silat
Berikut adalah beberapa teknik tangkisan untuk diketahui dan dipelajari.
Tangkisan luar, merupakan tangkisan untuk serangan dari luar dan dilakukan dengan memakai tangan sebagai penipis serangan ke  arah samping baik dari sebelah kiri atau kanan. berikut cara melakukan tangkisan luar.
a. sikap kuda-kuda tengah.
b. kedua tangan bersiap di depan.
c. tarik salah satu tangan dari depan luar kedalam sejajar bahu.
d. posisi tubuh seimbang
  
Tangkisan atas, merupakan tangkisan untuk serangan yang berasal dari luar yang mengarah ke kepala sehingga tangkisan tersebut dilakukan dengan dengan menaruh tangan tepat diatas kepala. Adapun fungsi dari tangkisan ini adalah untuk menahan serangan yang datang dari arah atas. Berikut cara melakukan tangkisan atas.
a. sikap kuda-kuda tengah
b. kedua tangan bersiap didepan.
c. tarik salah satu tangan dari depan luar kedalam sejajar bahu.
d. posisi tubuh seimbang.
   
Tangkisan dalam, merupakan bentuk tangkisan untuk serangan dari luar yang dilakukan dengan cara meletakkan tangan secara sejajar dengan bahu. Berikut cara melakukan tangkisan dalam :
a. sikap kuda- kuda depan
b. kedua tangan bersiap di depan 
c. salah satu tangan ditarik dari bawah ke atas sehingga kepala terlindungi dari serangan
d. posisi tubuh seimbang 

Tangkisan bawah, merupakan tangkisan terhadap serangan dari luar yang menyerang ke bagian bawah tubuh. Tangkisan dilakukan dengan cara merendahkan posisi tubuh, kemudian tangan diluruskan ke bawah. Tangkisan bawah merupakan gerakan untuk menahan serangan yang datangnya dari samping depan atau belakang yang mengarah pada bagian bawah tubuh. 

Adapun cara melakukan tangkisan bawah adalah sebagai berikut :
a. sikap kuda- kuda tengah 
b. kedua tangan bersiap ke depan
c. salah satu tangan ditarik dari atas ke bawah 
d. posisi tubuh dalam keadaan seimbang 

Gerak Spesifik Pencak Silat
Adapun dalam pencak silat ada beberapa gerakan spesifik tangkisan yaitu :
  • Gerak Spesifik Tangkisan Satu Tangan, yang terdiri tas tangkisan dalam, tangkisan luar, tangkisan atas, dan tangkisan bawah.
  • Gerak Spesifik Tangkisan Dua Tangan, yang terdisi atas tangkisan sejajar dua tangan atas, tangkisan belah, tangkisan silang dan tangkisan buang samping.
  • Gerak spesifik tangkisan kaki, yang terdiri atas tangkisan tutup samping, tangkisan tutup depan, tangkisan tutup buang luar dan tangkisan busur luar atau dalam.    

No comments:

Post a Comment