4/02/2023

Cara Mudah Menambahkan Timer atau Waktu Pengerjaan di Google Forms

Salah satu web tool yang berguna untuk penyelenggaraan ujians ecara daring adalah Google Forms. Google Forms memiliki berbagai fitur dan fasilitas yang memungkinkan guru dalam menginput soal, mengelola ujian sampai dengan menganalisis jawaban dari siswa.  Akan tetapi ada beberapa fitur yang mesti ditambahkan agar Google Forms dalam ujian dapat berjalan dengan baik. Bagi guru Matematika dapat menambahkan fitur input soal Matematika. Kebetulan sudah pernah saya bahas pada tulisan sebelumnya. Ada satu lagi kelengkapan dalam ujian yaitu timer atau pengatur waktu. 


Fitur timer dalam Google Forms difungsikan untuk mengatur waktu pengerjaan soal bagi siswa. Ada yang diatur selama 60 menit, 90 menit ataupun 120 menit, tergantung dengan kebutuhan soal masing- masing. 

Pada Google Forms yang sudah terintegrasi pada akun Belajar.id dan sudah mengaktifkannya, Add on atau tambahan sudah tersemat di dalamnya, namun untuk akun Google Forms reguler, harus menambahkan Add on terlebih dahulu. 

Source : Pixabay

Ada banyak Add on untuk pengaturan waktu (timer) pada Google Forms, seperti Quilgo atau AutoProctor. Dalam hal ini saya menggunakan Add on Timer for Google Forms. Add on tersebut menurut saya  tidak ribet dan mudah pengoperasiannya.

Untuk memasang Add on dan menggunakannya, berikut beberapa langkah yang dapat dilakukan.

Klik simbol titik tiga pada dashboard Google Forms lalu pilih Get Add on


Pada market Add on , ketik pada pencarian "Timer for Google Forms", pilih yang memiliki logo jam pasir.

Instal Add on tersebut, (saya sudah menginstal add on tersebut jadi tampilannya hanya uninstal)


Saat sudah berhasil pemasangannya, maka Add on akan muncul pada pilihan Add on di layar Google Forms.


Untuk mengoperasikannya, klik pada Add on tersebut dan pilih Open.


Akan muncul pop up yang menampilkan setting pada add on Form Timer . Atur waktu, instruksi sampai dengan tanggal pengerjaan. Bagikan tautan link dengan copy link pada pop up tersebut. 

Tautan link tersebut akan digunakan untuk membuka ujian. Berikut tampilan dari ujiannya.


Oya, untuk mengetahui hasil ujian, bisa dibuka Google Sheets-nya pada bagian Response atau melalui pengaturan Form Timer lalu klik Results. 

Mudah bukan?
Nah, itulah bagaimana cara Cara Mudah Menambahkan Timer atau Waktu Pengerjaan di Google Forms. Adakah pengalaman teman - teman yang menggunakan Add on timer lainnya? Yuk share di kolom komentar...

No comments:

Post a Comment