4/28/2023

Memanfaatkan Aplikasi Ptable dalam Pembelajaran Kimia di Kelas, Asyik, Menarik dan Interaktif

Mengetahui susunan unsur- unsur kimia berdasarkan nomor- nomor atom merupakan salah satu materi pokok yang wajib dipelajari pada pelajaran kimia di kelas. Susunan unsur- unsur kimia tersebut dapat diperoleh pada sebuah tabel yang dinamakan tabel periodik unsur. Pada tabel periodik unsur tersebut dapat diketahui nomor atom, konfigurasi elektron dan sifat- sifatnya beserta keteraturannya. Selain itu juga akan ditemukan golongan periode di suatu lajur. 

Ptable


Saat ini ada salah satu cara yang memudahkan kita dalam mempelajari tabel periodik unsur secara mudah yaitu melalui Ptable. Lantas, apakah Ptable itu, fitur dan bagaimana memanfaatkannya di dalam pembelajaran? Simak yaa ulasannya berikut ini.

Ptable merupakan platform tabel periodik interaktif yang menyediakan fitur elemen- elemen kimia dengan susunan nomor atom, properti, dan konfigurasi elektron. Penggunaannya pun relatif mudah, Ptable berbasis website yang juga dapat dibuka melalui layar dekstop maupun smartphone. 

Fitur Ptable
Salah satu hal yang menarik dari Ptable adalah informasi yang rinci dan detail dari suatu elemen kimia yang dipilih. Sebagai contoh saya memilih unsur Hidrogen


Untuk memeroleh informasi rinci terkait Hidrogen, klik pada nama "Hidrogen" pada kotak hijau yang ada pada bagian kiri layar dan informasi tentang unsur tersebut langsung terdisplay dengan sumber bersumber dari Wikipedia.  

sumber dapat dilihat langsung dari Wikipedia
credit : Ptable

Selain itu terdapat pula fitur pembacaan orbital lengkap untuk keadaan dasar setiap elemen, bilangan kuantum, keadaan oksidasi, dan diagram yang mengikuti aturan Hund. Adapun caranya dengan mengarahkan kursor ke setiap pasangan elektron untuk tampilan 3-D orbital tersebut kemudian seret untuk memutar atau mengarahkan kursor ke elemen tersebut dan lihat orbital atom tertingginya yang terisi.

Credit : Screenshot Ptable

Ptable juga menyediakan pilihan untuk tampilan visual data seperti mode gelap, kemampuan untuk melihat data dalam berbagai bentuk, dan sebagainya. Ptable juga dapat disetting dalam mode bahasa Indonesia.

Cara Memanfaatkan Ptable dalam Pembelajaran
Dalam pembelajaran, Ptable menyediakan kumpulan rencana pelajaran yang dapat dipergunakan secara gratis yang memungkinkan siswa terlibat dengan materi unsur-unsur tabel periodik pada tingkat yang lebih dalam. Guru dapat menyesuaikan dengan kegiatan, tingkatan kelas, tujuan pelajaran, topik yang dibahas, waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan kegiatan, materi yang diperlukan, pedoman keselamatan, dan hal- hal lainnya.

Sebagai contoh, guru dapat memberikan materi yang berkaitan dengan unsur- unsur dengan topik investigasi tabel, penjelajahan elemen, maupun hubungan elektronegativitas, bentuk molekul dan polaritas. 

Dalam tugas investigasi tabel, misalnya, siswa dapat diinstruksikan untuk menemukan informasi berkaitan dengan unsur-unsur dalam tabel periodik seperti sejarah, sifat fisik, maupun tren periodik. Hal ini dapat membantu siswa dalam memahami aturan susunan tabel periodik, cara mengidentifikasi tren pada tabel, cara menggolongkan unsur berdasarkan nomor periode, nomor golongan atau nama keluarga, dan sebagainya.

Selain itu siswa juga dapat ditugaskan dalam mengeksplorasi aspek-aspek unsur termasuk periodisitas, konfigurasi elektron, sejarah, dan kegunaannya dalam perbagai bidang kehidupan. Hal ini dapat membantu siswa mengidentifikasi lambang kimia, massa atom, dan berat atom suatu unsur, mengidentifikasi jumlah proton, neutron, dan elektron dalam satu atom suatu unsur dan menjelaskan jenis-jenis unsur yang berikatan satu sama lain.

Pada tingkatan lanjut, siswa dapat diberikan tugas berkaitan dengan konektivitas antara Elektronegativitas, Bentuk Molekul, dan Polaritas sehingga siswa akan  menemukan nilai keelektronegatifan dari berbagai unsur, menggambar struktur Lewis dari molekul terpilih yang dibuat dengan unsur tersebut, dan mengidentifikasi bentuk molekul dari setiap molekul. Selanjutnya mereka dapat diminta untuk menentukan apakah molekul tersebut polar atau nonpolar berdasarkan nilai keelektronegatifan atom dan bentuk molekulnya. 

Pencetakan Tabel Periodik sesuai Kebutuhan
Untuk keperluan pembelajaran di kelas, tabel periodik dari Ptable dapat dicetak sesuai dengan kebutuhan misalnya, menyembunyikan informasi yang tidak perlu sesuai dengan tingkatan kelas, membuat kuis dengan menyembunyikan nama atau kategori, Handout yang hanya dapat memberikan informasi yang diperlukan selama ujian berlangsung, lembar kerja isian bagi siswa untuk membangun tabel periodik mereka sendiri, garis berwarna daripada blok yang diisi menghemat tinta dan huruf di sudut kotak elemen menunjukkan kategori sehingga tidak ada informasi yang hilang dengan pencetakan dengan tinta hitam putih. 

Harga Ptable
Ptable sepenuhnya gratis, namun bila ada dana berlebih, teman- teman dapat menyumbang untuk pengembangan platform Ptable. 

Itulah tentang Ptable, cara memanfaatkannya dalam pembelajaran di kelas. Bagi yang sudah memanfaatkan fitur- fiturnya, jangan lupa tuliskan pengalamannya di kolom komentar ya..

Semoga Bermanfaat.

Salam. 

No comments:

Post a Comment