4/07/2023

Mencoba Mentimeter, Platform Presentasi Interaktif untuk Membuat Pembelajaran di Kelas Lebih Menarik

Merupakan sebuah tantangan bagi guru mengajar di era teknologi seperti sekarang ini yang harus mengerti dan memahami kondisi yang ada, pasalnya pembelajaran tidak mungkin hanya diarahkan seperti pada masa lalu yang murni menggunakan pendekatan konvensional. 

Cara berpikir "Merdeka"  siswa juga menuntut inovasi- inovasi baru melalui pemanfaatan teknologi oleh guru untuk diterapkan dalam pembelajaran kelas. Selain itu diperlukan juga adanya keterlibatan siswa dalam setiap pembelajaran agar membantu siswa untuk belajar lebih baik.

Nah, berkaitan dengan kedua hal itu, yaitu  teknologi dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran, ada satu alat yang menarik untuk diulas pada tulisan ini yaitu platform Mentimeter. Apakah Mentimeter itu? Fitur- fitur apa saja yang ada di dalamnya dan Manfaatnya? Akan kami kupas melalui artikel berikut ini, semoga bermanfaat.

Mentimeter, Apa Itu?
Mentimeter merupakan sebuah platform yang memungkinkan guru membuat presentasi dengan mengkombinasikan berbagai fitur seperti kuis, poling, komentar, maupun tanya jawab agar presentasi yang dibuat menjadi lebih efektif, mudah digunakan, dan menarik. Mentimeter banyak digunakan oleh guru- guru di seluruh dunia karena kemudahannya dalam membuat pembelajaran di kelas menjadi interaktif dan menarik khususnya saat pembelajaran jarak jauh. 

Selain dapat digunakan dalam pembelajaran, Mentimeter juga dapat diterapkan dalam bidang bisnis yang membutuhkan presentasi- presentasi yang menarik dalam perusahaan. Mentimeter dapat dioperasikan melalui web browser atau aplikasi sehingga dapat secara mudah diakses pada semua perangkat. 

Nah, bagi siswa yang kesehariannya menggunakan smartphone, tentu saja tidak akan menjadi kendala dalam memanfaatkan platform ini kapanpun dan dimanapun berada.  

Fitur Mentimeter
Mentimeter dapat terintegrasi ke dalam PowerPoint atau Google Meet sehingga dapat menambahkan fitur menarik ke dalam presentasi yang sudah dibuat. Terkait dengan integrasi Mentimeter dengan Google Meet, Ada yang menarik nih, yaitu guru tidak hanya dapat melakukan presentasi kepada siswa saat mereka sama- sama berinteraksi dalam pembelajaran namun semuanya juga dapat dilihat dan didengar secara langsung melalui video chat. Hal ini sangat tepat diterapkan saat kelas jarak jauh sebagaimana ketika pembelajaran di kelas tatap muka dilakukan. Fitur lainnya adalah guru dan siswa dapat membuat polling dan pertanyaan sehingga memungkinkan keterlibatan antara mereka selama presentasi. 

Pemanfaatan Mentimeter
1) Ice breakers
Saat guru akan memulai pembelajaran, salah satu hal menarik yang dilakukan adalah dengan memberikan ice breakers. Hal ini dapat memecahkan kekakuan di kelas dan kembali memusatkan serta menarik  perhatian mereka dalam pembelajaran. Pembuatan ice breakers dapat dilakukan dengan mudah melalui Mentimeter dengan memanfaatkan fitur- fiturnya.

2) Menguji Pengetahuan
Mentimeter dapat digunakan untuk menguji pengetahuan siswa khususnya akan materi yang dibahas dengan cara yang menyenangkan dan menarik serta interaktif. 

3) Penilaian Siswa
Guru dapat memberikan kegiatan penilaian siswa sekaligus memberikan umpan balik kepada setiap siswa sehingga dapat meningkatkan kemampuan mereka dalam pelajaran yang telah dilalui.

4) Melakukan Curah gagasan atau Brainstroming
Guru dapat membuat sesi curah gagasan untuk meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembalajaran. Dalam hal ini topik dapat disesuaikan dengan topik yang akan dibahas pada pembelajaran tersebut. 

5) Ruang diskusi
Guru dapat memberikan ruang diskusi kepada siswa agar mereka terlibat pada materi yang diajarkan dengan cara menggunakan fitur Mentimeter dalam pembuatan pertanyaan untuk kemudian digunakan sebagai lamgkah awal dalam diskusi di dalam kelas. 

Tentunya masih banyak lagi pemanfaatan Mentimeter dalam kelas. Nah, sekarang waktunya untuk mencoba Mentimeter untuk diterapkan dalam pembelajaran di kelas.

Mencoba Mentimeter
Untuk memudahkan dalam membuat Presentasi melalui Mentimeter, ada tiga langkah yang dapat dilakukan yaitu Membuat Akun, Memulai Presentasi Baru dan Membagikan Presentasi melalui Google Meet.

Langkah Pertama, Membuat Akun
Buka web Mentimeter di https://www.mentimeter.com/ lalu  daftar melalui tombol Sign Up

Tampilan Mentimeter
Credit : Mentimeter

Pendaftaran dapat melalui email dengan mengisikan form yang tersedia maupun melalui akun Facebook atau Gmail.
Pendaftaran dengan akun

Terdapat pilihan untuk penggunaan Mentimeter. Teman- teman dapat memilih Education dan Educator atau Teacher (K12). Klik Continue jika sudah selesai.


Pada pertanyaan apa yang ingin dilakukan dengan Mentimeter hari ini, pilih saja untuk pengajaran



Pilih paket dari Mentimeter. Dalam hal ini saya memilih paket Free, tentunya dengan pembatasan fitur. Jika memerlukan fitur dan kapasitas yang lebih banyak, bisa juga memilih paket berbayar lainnya. Saya kira kita lanjutkan ke langkah kedua yaitu Memulai Presentasi baru


Langkah Kedua, Memulai Presentasi Baru
Inilah halaman dashboard dari Mentimeter. Untuk memulai presentasi baru, klik New Presentation


Terdapat banyak pilihan untuk mendesain presentasi, seperti multiple choice, word cloud, open ended, dan sebagainya. Sebagai contoh, saya akan memilih Multiple Choice, yaitu pertanyaan pilihan ganda. 


Berikut tampilan pengaturan pada pertanyaan pilihan ganda. Isikan pertanyaan dan pilihan jawaban pada form yang tersedia. 


Pada permulaan presentasi, saya akan memberikan pertanyaan umpan kepada siswa tentang kota Semarang. Dalam hal ini saya membuat pertanyaan " Bangunan yang menjadi ikon Kota Semarang adalah ...." dan jawaban akan saya buat dalam format gambar. Jadi klik pada ikon gambar pada pilihan jawaban dan upload gambar dari komputer. Oya, persiapkan gambar lebih dulu yaa...


Berikut hasilnya, yaitu soal dengan pilihan jawaban yang berupa gambar.


Sebagai tambahan, teman- teman dapat menyertakan tautan link yang berisikan informasi lebih lanjut pada soal jika diperlukan. Saya menautkan link untuk kota Semarang dengan informasi di Wikipedia. Caranya sorot frase kota Semarang lalu  pada bagian atas soal klik ikon tautan link kemudian masukkan link dari tautan yang akan dituju. 


Berikut tampilan pertanyaan yang sudah disertakan tautan penjelas 



Setting jawaban yang tepat pada kuis presentasi dengan cara memilih Extras dan menggeser tombol . Pembuatan slide pertama sudahs elesai yaa..dan untuk slide kedua dan seterusnya bisa mengulangi langkah pembuatan slide baru. 



Langkah Ketiga, Membagikan Presentasi melalui Google Meet.
Langkah terakhir dalam pembuatan presentasi dengan Mentimeter adalah membagikan presentasi. Sebenarnya ada dua cara membagikan presentasi yang kita buat, yaitu melalui web Mentimeter dan melalui Google Meet. Untuk membagikan presentasi melalui web Mentimeter, tinggal masukkan kode yang tertera pada atas layar yaitu Go to www.mentimeter.com and use the code 7289 9267 

Dalam tulisan ini saya akan mencoba memakai Google Meet untuk interaksi dalam kelas daring.

Pada Presentasi yang sudah dibuat sebelumnya, klik Share pada Dashboard. 


Terdapat beberapa pilihan untuk membagikan Presentasi, melalui tautan link atau QR Code. 


Buka Google Meet ,lalu klik Tab untuk membuka Mentimeter.  


Pilih tab Mentimeter pada tab Chrome  lalu klik Share.


Klik ikon chat pada Google Meet lalu copy kan tautan link pada kolom pesan dan kirim. 


Berikut tampilan yang nampak pada siswa. Setiap jawaban siswa maka akan langsung terintegrasi dengan tampilan jawaban yang ada pada dashboard Mentimeter kita. 

Itulah bagaimana mencoba Mentimeter sebagai Platform Efektif untuk Membuat Kelas Lebih Interaktif. Ada kesulitan dalam pembuatannya, mungkin dapat ditulis dalam kolom komentar yaa...

Selamat Mencoba

Semoga Bermanfaat. 

No comments:

Post a Comment