4/14/2023

Tutorial Cara Membuat Kuis Permainan Interaktif di Kelas dengan Blooket

Gamifikasi pembelajaran tidak hanya membuat proses belajar di kelas menjadi menarik, namun juga membuat siswa termotivasi untuk lebih mendalami pelajaran itu sendiri. Ada salah satu prinsip dalam Quantum Teaching yaitu Bawalah Dunia Mereka ke Dunia Kita, dan Antarkan Dunia Kita ke Dunia Mereka, yaitu salah satunya melalui menerapkan gim ke dalam pembelajaran. Bagi kita, guru, bermain gim hanyalah sebuah permainan, namun bagi siswa saat ini, bermain gim merupakan salah dunia mereka, jadi, kenapa tidak kita terapkan gim dalam pembelajaran untuk membuat mereka tertarik dan menggandrungi apa yang kita ajarkan. 

Nah, salah satu platform untuk membuat  gamifikasi pembelajaran yaitu Blooket. Blooket adalah platform pembuatan game pembelajaran online gratis yang memungkinkan teman- teman dalam membuat konten khususnya kuis atau pertanyaan seputar materi yang diajarkan. Peserta didik dapat terlibat dalam pembelajarn cara yang menyenangkan, menghibur, tetapi berfokus pada pendidikan dalam sebuah permainan atau gim. 

Blooket memiliki banyak sumber daya untuk membantu teman- teman dalam mengajar siswa seperti fitur permainan kumpulan kosakata, trivia, misi, dan kuis. Nah, bagaimana memulai membuat permainan interaktif di kelas menggunakan Booket? Berikut langkah- langkahnya.

Buka Blooket dan buat akun melalui tombol Sign Up. Teman- teman dapat membuat melalui akun Google


Setelah berhasil dalam pembuatan akun Blooket, akan muncul tampilan Dashboard Blooket untuk membuat permainan. Klik Create Set untuk memulai membuatnya.


Isikan nama permainan, gambar cover dan juga deskripsi dari permainan yang ingin dibuat. Sebagai contoh, saya membuat permainan kuis pembelajaran bahasa Inggris tentang alat transportasi. 


Berikut tampilan dari setting cover untuk permainan yang saya buat. Ada tiga pilihan untuk memulai membuat pertanyaan yaitu cara manual, import dari Quizlet dan import file csv. Dalam tutorial ini, saya akan mencoba membuat secara manual. Klik Create untuk mulai mengisikan pertanyaan dalam set kuis atau permainan.


Yuk mulai kita isikan membuat pertanyaan dalam permainan.


Dalam pengaturan pembuatan soal, juga terdapat fitur upload gambar, input rumus matematika, maupun input audio atau suara. Fitur Math ini berguna untuk membuat soal matematika dan audio untuk soal listening bahasa Inggris. 


Berikut tampilan soal yang saya buat, Oya isikan soal pada bagian Question Text, lalu isikan pilihan jawaban dan centang pilihan jawaban yang menjadi kunci dari pertanyaan tersebut. Jika sudah selesai, klik Save.


Saya mencoba membuat lima pertanyaan tentang transportasi. Klik Save Set untuk mengakhiri dari pembuatan kuisnya. 


Inilah set permainan yang sudah dibuat sebelumnya. Kini saatnya untuk menyelenggarakan kuis yang kita buat. Klik Host pada bagian My Set.


Pilih Game Mode permainan. Saya memilih Gold Quest sebagai mode permainan saya. Teman- teman dapat memilih beberapa mode permainan sesuai dengan selera dan kebutuhan. Klik Host Game untuk memulai menyelenggarakan permainan. 


Atur pola permainan, 
a. Show Instruction apabila instruksi ingin ditunjukkan
b. Allow late joining, untuk mengijinkan keikutsertaan jika peserta yang terlambat
c. Use Randoms names untuk pengaturan nama secara acak
d. Allow Student accounts untuk mengijinkan akun siswa.


Bagikan kode yang tertera pada layar kepada siswa. Instruksikan mereka untuk membuka play.booklet.com dan masukkan kode pada layar.


Tampilan pada layar Siswa
Setelah siswa menerima kode yang dibagikan guru, mereka dapat membukanya melalui smartphone atau layar dekstop. Berikut tampilan pada layar smartphone.

Masukkan kode pada bagian Game Id.




Isikan Nama Panggilan (nickname)

Mulai jawab pertanyaan yang di display pada layar. Klik pada salah satu jawaban yang benar.


Jawaban yang benar akan mendapat tanda centang (Correct)


Siswa yang menjawab benar akan memilih salah satu Reward berupa peti harta. Peti harta tersebut dapat berupa koin emas atau berupa pengurangan nilai. 


Pada Dashboard guru, akan tampil nama siswa yang mengikuti permainan tersebut. 


Bisa dibayangkan jika ada banyak siswa yang mengikuti permainan tersebut, pastilah akan lebih seru.


Saat waktu berakhir, maka secara otomatis, pemenang akan tampil pada layar Dashboard guru.


Menarik bukan?
Itulah tutorial membuat permainan interaktif di kelas dengan Blooket. Bagaimana dengan teman- teman? adakah platform alternatif lain untuk membuat permaian di kelas selain Blooket? Share dong di kolom komentar..

Semoga Bermanfaat. 

No comments:

Post a Comment