4/02/2023

Kuliah Gratis dan Lulus Jadi PNS di Sekolah Kedinasan STMKG 2023, Simak Syarat, Jadwal , Alur Pendaftaran dan Tahapan Seleksinya

Salah satu sekolah kedinasan yang membuka pendaftaran pada tahun 2023 ini adalah Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (STMKG) yang berada di bawah naungan badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG). 


STMKG mulai membuka pendaftaran pada 1 April 2023 hingga 30 April 2023 dengan menetapkan kuota yang paling sedikit dibandingkan sekolah kedinasan lainnya yaitu 80 taruna/ taruni. Adapun syarat yang harus dipenuhi untuk mendaftar STMKG diantaranya :

Persyaratan Umum
a. Pria/Wanita, merupakan Warga Negara Indonesia dengan ketentuan sehat jasmani dan rohani, tidak buta warna, dapat berkacamata dengan Lensa Spheris Maksimal Minus (-) 4 D, dan Lensa Silindris Maksimal Minus (-) 2 D. Peserta yang diterima atau lulus seleksi bersedia untuk melakukan pengobatan LASIK (Laser-Assisted in Situ Keratomileusis) dengan biaya sendiri.

b. Usia tidak kurang dari 15 tahun dan maksimal 23 tahun per-tanggal 1 September 2023 dan belum menikah serta bersedia untuk tidak menikah selama pendidikan.

c. Peserta dinyatakan bebas narkoba dibuktikan dengan tes kesehatan.

d. Peserta tidak sedang menjalankan ikatan dinas dengan instansi lain.

e. Persyaratan untuk tinggi badan pria minimal 160 cm dan untuk wanita 155 cm  dengan berat badan yang seimbang.

f. Peserta bersedia bekerja di Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika sesuai ketentuan yang berlaku sejak dinyatakan lulus pendidikan, dan bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

i. Adapun persyaratan Khusus untuk peserta afirmasi adalah sebagai berikut:
1) Peserta memiliki akta kelahiran dan domisili sesuai dengan identitas KTP/KK di Provinsi Papua, Papua Barat, Papua Barat Daya, Papua Selatan, Papua Pegunungan, Kepulauan Riau, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, Maluku Utara dan Maluku.
2) Peserta telah menyelesaikan Sekolah Dasar (SD)/yang sederajat, atau Sekolah Menengah Pertama (SMP)/yang sederajat, atau Sekolah Menengah Atas (SMA)/ yang sederajat di Provinsi Papua, Papua Barat, Papua Barat Daya, Papua Selatan, Papua Pegunungan, Kepulauan Riau, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, Maluku Utara dan Maluku.
3) Rekomendasi dari Badan Kepegawaian Daerah (BKD) atau Ketua/Anggota dari Majelis Rakyat Papua (MRP) diperlukan untuk peserta afirmasi yang merupakan Orang Asli Papua (OAP).

Persyaratan Akademik
Sementara itu, untuk persyaratan Akademik ada pendaftaran STMKG 2023 adalah sebagai berikut :
a. Peserta dinyatakan lulus/akan lulus Sekolah Menengah Atas (SMA)/ Madrasah Aliyah (MA)/ Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), atau yang sederajat untuk SEMUA JURUSAN.
b. Bagi peserta yang lulus pada tahun 2023 dan ijazahnya belum keluar, maka wajib melampirkan Surat Keterangan LULUS/Surat Keterangan Aktif di Kelas XII. 

Alur Pendaftaran STMK 2023
Adapun alur pendaftaran STMKG 2023 adalah sebagai berikut :
1. Pendaftaran dilakukan pada tanggal 1 hingga 30 April 2023.

2. Pendaftaran STMKG 2023 dilaksanakan secara online (daring) terintegrasi dengan portal Panitia Pendaftaran dan Seleksi Sekolah Kedinasan di laman https://dikdin.bkn.go.id.

3. Peserta harus terlebih dahulu yakin telah memenuhi seluruh syarat di bagian B sebelum melakukan pendaftaran. Apabila ternyata tidak memenuhi syarat tersebut, maka peserta tidak dapat diterima/dibatalkan sebagai calon taruna.

4. Adapun tata cara pengisian formulir pendaftaran dapat dilihat melalui website https://ptb.stmkg.ac.id  dan akun media sosial resmi STMKG (STMKG Official).

5. Berkaitan dengan biaya, peserta harus membayar biaya Pendaftaran sebesar Rp. 75.000,-, biaya pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) sebesar Rp. 50.000,-, dan biaya pelaksanaan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) sebesar Rp. 50.000,- (dibayarkan setelah Peserta dinyatakan berhak ikut SKB) dengan tata cara pembayaran dapat dibaca pada Buku Pedoman PTB-STMKG-2023.

Tahapan Seleksi STMKG 2023
Ada tiga tahapan seleksi dengan sistem gugur pada penerimaan Sekolah Kedinasan STMKG 2023 :
1. Seleksi Kompetensi Dasar (SKD)
2. Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) yang mengujikan mata pelajaran Fisika, Matematika, dan Bahasa Inggris
3. Tes Kesehatan, Tes Kebugaran, dan Wawancara.

Info selengkapnya dapat diunduh DISINI

No comments:

Post a Comment