4/02/2023

Pendaftaran Sekolah Kedinasan 2023 Resmi Digelar : Inilah Persyaratan Dokumen yang Harus Diunggah

Sekolah Kedinasan menjadi rujukan utama para siswa untuk melanjutkan jenjang pendidikannya. Adanya jaminan prospek kerja setelah lulus menjadi alasan sebagian besar siswa mendaftar di sekolah kedinasan. Tahun 2023 ini, sekolah kedinasan resmi membuka pendaftaran mulai 1 April hingga 30 April 2023 mendatang.

Siswa yang berminat mendaftar agar segera melakukan registrasi untuk proses penerimaan yang dilakukan secara daring. Total ada 4.138 mahasiswa/ praja/ taruna baru akan ditampung di 29 sekolah kedinasan dalam naungan kementrian pada tahun ini. 

Photo by Hello I'm Nik on Unsplash

Proses pendaftaran meliputi seleksi administrasi, seleksi kompetensi dasar (SKD) dan lanjut ke seleksi oleh masing- masing sekolah kedinasan. Adapun alur pendaftaran Sekolah Kedinasan 2023 meliputi beberapa tahapan yaitu :
  1. Buka laman Sekolah Kedinasan 2023 melalui alamat https://dikdin.bkn.go.id
  2. Siapkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang sudah divalidasi oleh Disdukcapil untuk membuat akun SSCASN, kemudian cetak Kartu Informasi Akun setelah berhasil.
  3. Masuk atau Login dengan akun SSCASN Sekolah Kedinasan 2023 dengan menggunakan NIK serta password yang dibuat sebelumnya di pembuatan akun.
  4. Lakukan pendaftaran dengan mengupload swafoto, kemudian memilih sekolah kedinasan yang dituju, lengkapi daftar nilai, input biodata serta unggah berkas yang dipersyaratkan.
  5. Cek Resume pendaftaran lalu cetak kartu pendaftaran.
  6. Instansi akan memverifikasi data beserta berkas yang diunggah sebelumnya, apabila data dan berkas sesuai dengan dokumen yang dipersyaratkan, maka pelamar akan dinyatakan lolos seleksi administrasi. 
  7. Lakukan login ke akun SSCASN untuk mengecek status kelulusan seleksi administratif Sekolah Kedinasan 2023.
  8. Pendaftar yang dinyatakan lulus seleksi administratif maka akan memeroleh billing pembayaran dan lanjutkan pembayaran sesuai dengan informasi yang ada pada masing- masings ekolah kedinasan.
  9. Setelah pembayaran terkonfirmasi pada sistem di SSCASN, Kartu Ujian dapat dicetak.
  10. Pendaftar mengikuti ujian seleksi dan menunggu pengumuman hasil seleksi.

Dokumen yang dipersiapkan untuk Diunggah
Untuk mendaftar sekolah kedinasan, ada beberapa persyaratan umum yang mesti diperhatikan mencakup persyaratan dokumen yang harus dipersiapkan sebelum melakukan pendaftaran diantaranya adalah sebagai berikut :
  • Scan KTP dalam format JPG dengan ukuran maksimal 200 kb
  • Pas foto dalam format JPG dengan ukuran maksimal 200 kb
  • Scan ijazah asli dalam format PDF dengan ukuran maksimal 700 kb
  • Scan transkrip nilai asli dalam format PDF dengan ukuran maksimal 400 kb
  • Scan rapor dalam format PDF dengan ukuran maksimal 500 kb
  • Scan tanda bukti bayar dalam format JPG dengan ukuran maksimal 200 kb
  • Scan surat lamaran dalam format PDF dengan ukuran maksimal 400 KB.
  • Scan surat pernyataan dalam format PDF dengan ukuran maksimal 700 KB.
  • Scan surat keterangan format PDF dengan ukuran maksimal 500 KB.
  • Scan dokumen lain yang dipersyaratkan oleh setiap sekolah kedinasan dalam bentuk format PDF dengan ukuran maksimal 1 MB
Sebagai tambahan, sesuai dengan aturan dan kebijakan dari panitia penyelenggara pendaftaran Sekolah Kedinasan 2023, pendaftar hanya diberikan kesempatan untuk mendaftar satu sekolah kedinasan dan memilih satu jurusan atau program studi dari sekolah kedinasan yang dilamar tersebut. 

No comments:

Post a Comment