4/02/2023

Penerimaan Mahasiswa Baru ITPLN dan Kuota Ikatan Kerja, Simak Jadwal dan Alur Pendaftarannya

ITPLN merupakan salah satu kampus swasta yang berada langsung di bawah Yayasan Pendidikan dan Kesejahteraan PLN (YPK PLN). Kampus ITPLN sama seperti kampus BUMN lain seperti Pertamina maupun Telkom yang menjamin kompetensi mahasiswa agar dapat bersaing dengan kampus ternama lainnya. 

Gambar oleh ejaugsburg dari Pixabay

Secara historis, Institut Teknologi PLN pada awalnya merupakan Sekolah Tinggi Teknik PLN  (STT-PLN) dengan lokasi eks kampus di Gedung Indonesia Power Jl, Gatot Subroto. ITPLN kemudian resmi bertransformasi menjadi Institut Teknologi PLN (ITPLN) pada tanggal 31 Januari 2020 dengan membuka 4 (empat) Fakultas, dan 13 (tiga belas) Program Studi diantaranya :

  1. Fakultas Listrik dan Energi Terbarukan, yang terdiri dari program studi S2 Teknik Elektro, S1 Teknik Elektro, D3 Teknologi Listrik, S1 Teknik Tenaga Listrik dan S1 Teknik Sistem Energi
  2. Fakultas Telematika Energi, terdiri atas program studi S1 Teknik Informatika dan S1 Sistem Informasi serta S1 Rekayasa Sistem Komputer (coming soon)
  3. Fakultas Teknologi Infrastruktur dan Kewilayahan yang terdiri atas program studi S1 Teknik Sipil dan S1 Geografi
  4. Fakultas Teknologi dan Bisnis Energi yang terdiri atas program studi S1 Teknik Mesin, S1 Bisnis Energi (Kewirausahaan), S1 Teknik Industri, dan D3 Teknik Mesin

Pada penerimaan mahasiswa baru tahun 2023 ini, Institut Teknologi PLN (ITPLN) memperpanjang masa penerimaan mahasiswa baru sampai dengan tanggal 16 April 2023 karena minat dari calon pendaftar yang tinggi. 

Selain itu ITPLN juga menambah kuota ikatan kerja dengan PLN group menjadi 250 orang dari yang sebelumnya hanya 150 orang. Dari 250 orang tersebut dirinci ikatan kerja di PLN group sebanyak 150 orang dan 100 oprang lulusan terbaik akan direkrut oleh PLN Group. 

Berikut rangkaian pendaftaran mahasiswa baru di ITPLN tahun 2023.
  • Buka website ITPLN melalui laman https://infopmb.itpln.ac.id/
  • Klik tombol daftar sekarang atau klik LOGIN. Bagi yang belum memiliki akun, bisa membuat baru melalui halaman ini. Isikan form pendaftaran awalnya seperti Nama Lengkap, email, password dan nomor WA lalu ceklist Captcha dan klik Tombol Daftar Sekarang.
  • Verifikasi akun sebelum melanjutkan ke input data selanjutnya. Ada dua cara verifikasi yaitu melalui SMS dan email. Masukkan kode OTP yang dikirim melalui sms pada form yang disediakan.
  • Input form kuesioner sesuai dengan kondisi sebenarnya.
  • Pilih program ITPLN yang ditawarkan yaitu Reguler dan kelas karyawan. Kelas reguler merupakan perkuliahan untuk lulusan SMA/ SMK sederajat atau gapyear yang belum berpengalamans ebagai pegawai sementara untuk kelas karyawan ditujukan untuk para pegawai atau manajer yang ingin meningkatkan jenjang pendidikannya.
  • Isikan biodata yang berisi data pribadi, alamat, sekolah asal, dan orang tua.
  • Upload berkas yang diperlukan seperti KTP, KK dan rapor atau Ijazah.
  • Bila semua data sudah terisi semua, maka masuk pada menu Pilih gelombang dan klik Daftar
  • Lakukan pembayaran formulir melalui beberapa metode pembayaran yang ditawarkan seperti Bank, M-Banking atau Alfamart maupun Indomaret
  • Jika semua proses sudah dilakukan termasuk pembayaran, Klik Cetak kartu Peserta sebagai bukti keikutsertaan seleksi
  • Tunggu pengumuman seleksi sesuai dengan jadwal yang ditentukan. 
Informasi lebih lengkap mengenai ITPLN dapat membuka laman penerimaan mahasiswa baru pada alamat web https://infopmb.itpln.ac.id/

Semoga Sukses.

No comments:

Post a Comment