4/26/2023

Cara Mudah Membuat Permainan Labirin untuk Pembelajaran di Kelas Luring dalam Mengasah Konsentrasi Siswa

Salah satu hal yang membuat pembelajaran menjadi lebih menarik adalah dengan memasukkan permainan di dalam pembelajaran. Hal tersebut dapat dilakukan dengan menerapkan berbagai permainan yang dapat menstimulasi otak mereka, salah satunya adalah dengan bermain labirin. 

Permainan labirin adalah teka-teki yang memiliki titik awal dan tujuan dimana untuk mencapai tujuan tersebut, ada banyak cara berbeda untuk mencapainya, namun hanya terdapat satu cara yang benar atau mungkin ada lebih dari satu cara. 

Gambar oleh Sally Wilson dari Pixabay

Permainan labirin dapat diterapkan di dalam kelas untuk menghidupkan suasana yang menyenangkan dalam pembelajaran. Permainan labirin memiliki banyak manfaat untuk para siswa. Permainan tersebut dapat merangsang aktivitas otak dan membantu otak dalam hal fokus dan konsentrasi. Selain itu, permainan labirin dapat melatih siswa dalam memecahkan masalah dan meredakan stres dalam rutinitas mereka. 

Nah, untuk membuat permainan labirin, teman- teman guru dapat memanfaatkan generator pembuat permainan labirin jadi tidak ada kata susah lagi dalam merancang dan mendesain permainan. 

Ada banyak maze generator yang dapat dipilih, namun saya mengambil salah satu diantaranya yaitu dari platform Printable Creative. Printable Creative merupakan sebuah platform website yang menyediakan berbagai alat untuk membuat aktivitas- aktivitas seperti Bingo, Crosword, Maze, Sudoku, Tartan, dan sebagainya.

Karena pada tulisan ini yang akan saya ulas adalah tentang Labirin, maka saya akan membahas tentang Maze.

Tampilan Printabel Creative untuk Maze Generator

Langkah membuat Labirin cukup mudah, sesuaikan labirin yang dibuat melalui pengaturan berikut ini,




a. mengatur jumlah sel yang dibuat
b. mengatur lebar koridor sel 
c. memilih bentuk labirin, apakah segitiga, lingkaran, persgi, dan sebagainya
d. menetapkan level kesulitan 
e. menunjukkan penyelesaian
f. membuat labirin

Langkah terakhir, download melalui tombol Download pada bagian bawah, jangan lupa sesuaikan output yang diinginkan sesuai kebutuhan (biasanya dalam format PDF).

Pemakaian Labirin yang dibuat melalui Maze Generator pada Printable Creative ini sifatnya untuk personal yaa, jadi tidak boleh diperjualbelikan. 

Demikian Cara Mudah Membuat Permainan Labirin untuk Pembelajaran di Kelas Luring dalam mengasah konsentrasi siswa. Semoga Bermanfaat. 

No comments:

Post a Comment