4/15/2023

Gimkit untuk Gamifikasi Pembelajaran, Apa sih Asyiknya?

Buat teman- teman yang sering menerapkan gamifikasi dalam pembelajaran, mestinya tidak terlalu asing ya dengan platform yang satu ini. Yap, benar sekali, Gimkit. Gimkit adalah platform berbasis permainan digital untuk guru dan siswa yang memungkinkan interaksi dalam pembelajaran. 

By the way, ada yang menarik nih dari Gimkit ini, yaitu sejatinya Gimkit mulanya dibuat hanya untuk proyek sekolah yang dibuat oleh siswa di sekolah menengah umum yang bertujuan untuk permainan di kelas yang melibatkan pengetahuan, kolaborasi, dan strategi untuk menang. Saat ini Gimkit dimanfaatkan oleh guru untuk membantu dalam menarik minat siswa serta menumbuhkan motivasi dalam belajar siswa.

Saat menggunakan Gimkit, guru dapat memilih dua jenis pertanyaan yang tersedia di dalamnya yaitu pilihan ganda dan masukan teks. Kemudian siswa memilih jawaban yang benar atau mengetik di kotak teks berdasarkan pertanyaan di kotak teks, dan/atau berdasarkan foto atau rekaman audio yang ditambahkan. 

Salah satu fitur yang berbeda dari platform gamifikasi lainnya, Gimkit menawarkan mata uang virtual yang memungkinkan siswa untuk meningkatkan motivasi dalam memainkan kuis- kuis yang dibuat, tentu saja dengan berdasarkan materi yang diajarkan. 


Memulai Gimkit
Inilah tampilan antarmuka Gimkit saat kita membukanya pertama kali. Untuk memulai Gimkit, buat akun terlebih dahulu, teman- teman dapat menggunakan akun Gmail sebagai akun pendaftaran.


Oya, saat ada pilihan tipe akun, pilih Educator ya..


Pilih Area of Expertise atau bidang keahlian teman- teman, dan jenjang levelnya, lalu klik Continue.


Berikut ini tampilan Dashboard dari Gimkit saat teman- teman setelah langkah pembuatan akun dan pengaturannya. Klik New Kit untuk memulai mengerjakan project. 


Pembuatan Kit Baru
Setelah melalui tahapan pembuatan akun dan masuk ke dalam Dashboard Gimkit, kita mulai pembuatan kit baru dengan New Kit. Tuliskan nama dari kit yang dibuat, lalu bahasa yang digunakan dan subject atau mata pelajaran. Klik Next jika sudah selesai. 


Mulailah menambah pertanyaan  pada project kit yang dibuat dengan klik Add Question


Terdapat dua macam jenis soal untuk digunakan dalam Gimkit yaitu pertanyaan pilihan ganda dan pertanyaan esai atau dengan jawaban isian singkat. Berikut ini untuk jenis pertanyaan pilihan ganda, masukkan pertanyaan lalu pilihan jawaban dan centang untuk kunci jawaban. Teman- teman dapat memasukkan foto, audio maupun rumus matematika dalam soal dengan cara klik pada salah satu fitur yang ada di bawah soal. Klik Add jika sudah selesai.


Inilah tampilan untuk soal isian, hanya ada pertanyaan dan jawaban, juga terdapat pilihan insert foto, audio dan formula matematika. Klik Add juga jika sudah selesai.


Lanjutkan dengan langkah yang sama untuk soal- soal berikutnya. Klik All Done untuk mengakhiri pembuatan kuis. 


Menjadi Host
Kini saatnya teman- teman menjadi host untuk kuis yang telah dibuat. Klik Ply Live untuk memainkannya secara langsung atau Assign HW untuk tujuan Home Work atau pekerjaan rumah. Sebagai contoh, saya akan menggunakan kuis saya dalam permainan secara langsung atau Play Live.


Nah, ini dia permainan dari Gimkit yang dapat dipilih. Pilih salah satu bentuk permainan untuk dimainkan siswa yang sekiranya menarik, lalu klik Continue


Atur skema permainan kuis, baik durasi permainan umpan per pertanyaan, generator nama panggilan sampai dengan opsi waktu untuk gabung. 


Bagikan kode nomor pada siswa pada layar, dan instruksikan mereka untuk membuka laman gimkit.com lalu masukkan kode tersebut melalui dekstop komputer atau smartphone.

www.ahzaa.net

Inilah tampilan pada layar host saat ada salah satu siswa mulai join pada permainan Gimkit kita. 

www.ahzaa.net


Laporan Hasil
Oya, saat Gimkit selesai dimainkan maka akan terdapat laporan pada layar host kita tentang pencapaian siswa dalam menyelesaikan misi dan pertanyaan yang kita buat. 



Kesimpulan
Pada intinya, Gimkit lebih dari sekedar permainan digital, pasalnya platform ini memungkinkan guru membuat perangkat bagi siswa untuk dapat berpikir kritis dan juga bertindak secara kolaboratif di dalam kelas melalui Kit yang dibuat. Selain itu Gimkit juga menyediakan kesempatan bagi siswa untuk  mendapatkan uang tunai virtual Gimkit dalam mode permainan yang berbeda sekaligus menjawab pertanyaan berulang kali. Siswa juga dapat termotivasi dan terbangun rasa keingintahuannya untuk mempelajari materi pembelajaran yang diajarkan. Menarik bukan?

Nah, sekarang bagaimana kesan- kesan teman- teman dalam menggunakan Gimkit di kelas? Tuliskan dong di kolom komentar...

Semoga Bermanfaat. 

No comments:

Post a Comment