4/03/2023

Hasil Pengumuman SPAN-PTKIN 2023 Disiarkan Senin 3 April 2023, Inilah Alamat untuk Membukanya

Hasil pengumuman Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN) 2023 disiarkan pada Senin 3 April 2023 pukul 10.00. Sebagai salah satu sistem seleksi nasional oleh seluruh perguruan tinggi secara terpadu dengan Panitia Pelaksana yang ditetapkan Menteri Agama, SPAN-PTKIN pada tahun 2023 ini dilaksanakan secara nasional diikuti oleh 58 UIN/IAIN/STAIN dan menjangkau 176.413 siswa.

Untuk melihat pengumuman, peserta pendaftar Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN) dapat melihat pengumumannya secara daring melalui https://pengumuman-span.ptkin.ac.id/ dengan memasukkan nomor NISN siswa.

Bagi siswa yang dinyatakan lulus seleksi harus melakukan pendaftaran ulang melalui prosedur masing- masing PTKIN, namun bagi peserta yang belum dinyatakan lolos, masih ada kesempatan berkuliah melalui jalur Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) yang akan digelar mulai 10 April hingga 15 Mei 2023. 

Gambar oleh F1 Digitals dari Pixabay

Hal tersebut dinyatakan dalam siaran pers yang dirilis oleh Kemenag pada tanggal 2 April 2023, bahwa siswa yang   lulus agar segera melakukan registrasi ke kampus masing- masing dan manfaatkan skema beasiswa secara kompetitif yang diatur oleh masing- masing kampus PTKIN seperti Kartu Indonesia Pintar (KIP), Beasiswa Indonesia Bangkit (BIB) yang bekerja sama dengan LPDP, Beasiswa Baznas, dan lainnya.  

Adapun perbedaan SPAN-PTKIN dan UM-PTKIN adalah terletak pada ujian. Pada SPAN-PTKIN, tidak ada ujian tulis sementara pada UM-PTKIN dilakukan dengan ujian berbasis komputer pada maisng- maisng PTKIN. Peserta yang ingin mendaftar UM- PTIK dapat membuka laman https://um.ptkin.ac.id/.

Kuota mahasiswa baru di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) pada tahun 2023 ada 177.135 yang terbagi melalui jalur seleksi nasional yaitu SPAN, UM-PTKIN dan jalur mandiri di masing- masing PTKIN dengan persentase jalur SPAN-PTKIN sebanyak 33 %, jalur UM-PTKIN yaitu 44 % dan jalur mandiri sebanyak 20 %. 

Nah, itulah informasi pengumuman Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN) 2023 yang akan dibuka pukul 10.00 melalui laman https://pengumuman-span.ptkin.ac.id/. Jangan lupa siapkan nomor NISN untuk membuka laman pengumuamannya.

Semoga lolos. Amin.

No comments:

Post a Comment