4/05/2023

Rangkuman Materi dan Latihan Soal Mapel IPS Kelas 8 SMP Semester 1 Kurikulum Merdeka Tema 01 Kondisi Geografis dan Pelestarian Sumber Daya Alam (Part II) : Pemanfaatan Sumber Daya Alam

Indonesia memiliki sumber daya alam yang sangat melimpah, baik sumber daya alam hutan, pertambangan maupun kemaritiman. Dengan sumber daya alam yang melimpah tersebut, sudah selayaknya manusia menggunakannya secara bijak agar sumber daya alam dapat tetap lestari dan tetap ada di masa mendatang. 

Nah, pada Rangkuman Materi Tema 01 bagian II IPS Kelas 7 SMP Semester 1 Kurikulum Merdeka, akan kita pelajari tentang materi sumber daya alam. Materi ini merupakan kelanjutan dari sub bab pertama sebelumnya tentang Keragaman Alam Indonesia.


Selain definisi dari sumber daya alam sendiri, pada sub bab ini juga di bahas tentang macam- macam sumber daya alam, kegiatan pertambangan, sumber daya kemaritiman dan sebagainya. Lebih lengkapnya dapat dipelajari dan dibaca melalui rangkuman materi berikut ini. Oya, rangkuman materi juga dilengkapi dengan latihan soal untuk memudahkan dalam belajar. 

Gambar oleh Nick dari Pixabay

Baik, langsung saja berikut rangkuman dan latihan soalnya,

Rangkuman Materi dan Latihan Soal Tema 01 Kondisi Geografis dan Pelestarian Sumber Daya Alam Mapel IPS Kelas 8 SMP Semester 1 Kurikulum Merdeka (Part II) : Pemanfaatan Sumber Daya Alam 

1. Segala sesuatu yang berada di permukaan bumi dan dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan manusia dikenal sebagai sumber daya alam. 

2. Ada dua penggolongan sumber daya alam, berdasarkan kelestariannya, sumber daya alam yang dapat diperbarui (renewable resources) dan sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui (non renewable resources).

3. Sumber daya alam yang dapat diperbarui mencakup material seperti air, tanah, dan hutan sementara untuk sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui meliputi minyak bumi, gas bumi dan batu bara. 

4. Potensi sumber daya alam diperinci menjadi tiga bagian yaitu sumber daya alam hutan, sumber daya alam tambang dan sumber daya alam kemaritiman. 

5. Sumber daya alam hutan merupakan sumber daya alam yang berupa kawasan hutan yang mencakup hutan produksi, hutan lindung, hutan konservasi dimana terdapat kawasan suaka alam, dan kawasan pelestarian alam.

a. Hutan Produksi
Hutan produksi merupakan hutan yang ditujukan untuk menghasilkan bahan baku produksi seperti hutan Meranti, Jati, Sengon, Sonokeling, Mahoni.

b. Hutan Lindung
Hutan lindung merupakan hutan yang ditujukan untuk melindungi sistem daya dukung lingkungan hidup seperti mengatur tata air, mencegah banjir, mengendalikan erosi tanah dan memelihara kesuburan. Ada banyak hutan lindung di Indonesia yaitu Taman Raya Bung Hatta, Hutan Baning di Kalimantan Barat, Hutan Lindung Wehea di Kalimantan Timur, Taman Hutan Gunung Leuser di Aceh dan sebagainya.

c. Hutan Konservasi 
Hutan konservasi merupakan hutan yang memiliki fungsi utama untuk melestarikan keanekaragaman tumbuhan dan satwa serta ekosistemnya seperti Cagar Alam, Suaka Marga Satwa, Taman nasional, Taman Hutan Raya, dan Taman Wisata Alam. Cagar Alam memiliki kekhasan dalam hal satwa, tumbuhan dan ekosistemnya yang berfungsi untuk menjaga kelestarian keanekaragaman hayati yang ada di dalamnya. Cagar Alam yang ada di Indonesia dapat ditemukan di Cagar Alam Sibolangit, Cagar Alam Gunung Krakatau. 

Suaka margasatwa digunakan untuk menjaga dan melestarikan satwa- satwa tertentu. Sementara itu Taman nasional difungsikan sebagai hutan konservasi, hutan wisata dan hutan budaya. Contoh Taman nasional ada di Taman nasional Baluran dan Taman nasional Sebangau. 

Taman Hutan Raya juga merupakan kawasan hutan yang difungsikan sebagai kawasan wisata, budaya dan pendidikan. Salah satu Taman Hutan Raya berada di Jawa Barat yaitu  Taman Hutan Raya Ir.Juanda.

6. Sumber daya alam Tambang merupakan sumber daya alam berupa barang tambang. Di Indonesia sendiri pertambangan barang tambang diatur melalui UU No 11 Tahun 1967 yang menurut UU tersebut, barang tambang terdiri atas tiga golongan yaitu Golongan A (strategis) bahan tambang untuk pertahanan dan keamanan negara seperti minyak dan gas bumi. Golongan B (vital) merupakan barang tambang untuk emmenuhi hajat hidup orang banyak yang meliputi barang tambang emas, perak dan tembaga. Barang tambang golongan C merupakan barang tambang untuk kepentingan industri dan tidak langsung memengaruhi hajat hidup orang banyak seperti pasir, batu kapur dan sebagainya. 

Ada beberapa tahapan dalam kegiatan pertambangan di Indonesia diantaranya :
Prospeksi, yang merupakan kegiatan penyelidikan dan pencarian untuk menemukan endapan bahan galian atau mineral yang berharga. 
Eksplorasi, merupakan kegiatan untuk mengetahui ukuran, bentuk, posisi, kadar rata rata dan besarnya cadangan dari endapan bahan galian atau mineral yang telah ditemukan.
Eksploitasi, merupakan kegiatan penambangan yang meliputi akivitas pengambilan dan pengangktan endapan bahan galian atau mineral berharga sampai ke tempat penimbunan dan pengolahan.
Pengolahan, berupa aktivitas untuk memurnikan atau meninggikan kadar bahan galian dengan cara memisahkan mineral berharga dan yang tidak berharga.

7. Sumber Daya Kemaritiman
Potensi sumber daya kemaritiman dibagi menjadi tiga yaitu perikanan, energi kelautan dan wisata bahari. Sektor perikanan dapat mencakup perikanan modern dan tradisional, energi kelautan meliputi energi gelombang pasang surut, arus laut, dan panas laut sementara wisata bahari meliputi olahraga air seperti berenang, emmancing, menyelam, snorkeling dan fotografi laut. 

8. Eksploitasi sumber daya alam dipengaruhi oleh konsumsi manusia yang semakin bertambah. Eksploitasi sumber daya alam yang berlebihan seringkali mengabaikan kelestarian alam dan menyebabkan pencemaran serta kerusakan lingkungan sehingga diperlukan langkah- langkah tepat agar dalam pemanfaatan lingkungan harus diimbangi dengan kelestarian lingkungan. 

Latihan Soal Mapel IPS Kelas 8 SMP Semester 1  Kurikulum Merdeka Tema 01 Kondisi Geografis dan Pelestarian Sumber Daya Alam (Part II) : Pemanfaatan Sumber Daya Alam

1. Pertambangan Freeport merupakan kegiatan pertambangan sumber daya alam mineral pada bahan tambang ....
a. emas dan aspal
b. timah dan tembaga 
c. emas dan tembaga 
d. timah dan batubara 


2. Berikut ini pernyataan yang tepat tentang sumber daya alam adalah ....
a. sumber daya alam digunakan untuk memenuhi semua keinginan manusia
b. sumber daya alam merupakan sumber daya alam di darat
c. sumber daya alam dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan manusia
d. sumber daya alam dikhususkan untuk sumber yang ada di lautan 


3. Air, tanah dan hutan merupakan contoh dari sumber daya alam ....
a. hutan
b. dapat diperbarui
c. tidak dapat diperbarui 
d. kemaritiman 


4. Minayk bumi dan batubara merupakan contoh dari sumber daya alam ....
a. hutan
b. dapat diperbarui
c. tidak dapat diperbarui 
d. kemaritiman 


5. Hutan yang ditujukan untuk menghasilkan bahan baku produksi adalah ....
a. hutan lindung
b. hutan produksi 
c. hutan konservasi 
d. suaka margasatwa 


6. Hutan yang ditujukan untuk melindungi sistem daya dukung lingkungan hidup seperti mengatur tata air, mencegah banjir, mengendalikan erosi tanah dan memelihara kesuburan adalah ....
a. hutan lindung
b. hutan produksi 
c. hutan konservasi 
d. suaka margasatwa 


7. Hutan yang memiliki fungsi utama untuk melestarikan keanekaragaman tumbuhan dan satwa serta ekosistemnya  adalah ....
a. hutan lindung
b. hutan produksi 
c. hutan konservasi 
d. suaka margasatwa 


8. Kegiatan penyelidikan dan pencarian untuk menemukan endapan bahan galian atau mineral yang berharga dalam pertambangan dikenal dengan ....
a. eksplorasi 
b. prospeksi 
c. eksploitasi 
d. pengolahan 


9. Kegiatan untuk mengetahui ukuran, bentuk, posisi, kadar rata rata dan besarnya cadangan dari endapan bahan galian atau mineral yang telah ditemukan dalam pertambangan dikenal dengan ....
a. eksplorasi 
b. prospeksi 
c. eksploitasi 
d. pengolahan 


10. Kegiatan penambangan yang meliputi akivitas pengambilan dan pengangktan endapan bahan galian atau mineral berharga sampai ke tempat penimbunan dan pengolahan dalam pertambangan dikenal dengan ....
a. eksplorasi 
b. prospeksi 
c. eksploitasi 
d. pengolahan 


11. Aktivitas untuk memurnikan atau meninggikan kadar bahan galian dengan cara memisahkan mineral berharga dan yang tidak berharga dalam dalam pertambangan dikenal dengan ....
a. eksplorasi 
b. prospeksi 
c. eksploitasi 
d. pengolahan 


Demikian Rangkuman Materi dan Latihan Soal Tema 01 Kondisi Geografis dan Pelestarian Sumber Daya Alam Mapel IPS Kelas 8 SMP Semester 1 Kurikulum Merdeka (Part II) : Pemanfaatan Sumber Daya Alam. Pada materi berikutnya akan dibahas tentang Pemanfaatan Sumber Daya Alam yang akan kami bahas pada bagian III. 


Semoga Bermanfaat. 

No comments:

Post a Comment