4/13/2023

Cara Mudah Membuat Game Pembelajaran Interaktif dengan QuizWhizzer

Penerapan gamifikasi (gamification) dalam pembelajaran memberikan manfaat yang luar biasa untuk peserta didik. Pasalnya, dengan menerapkan gamifikasi, pembelajaran akan menjadi lebih menyenangkan dan menarik sehingga peserta didik akan termotivasi dengan lebih belajar terhadap materi yang di ajarkan. Selain itu, memasukkan elemen- elemen gim juga membantu peserta didik untuk ikut serta aktif dalam pembelajaran. Sebenarnya tidak hanya peserta didik saja yang ketiban manfaat, guru pun juga akan lebih kreatif dalam menciptakan pembelajaran yang menyenangkan dan interaktif disamping  mendapatkan umpan secara instan. 


Untuk menciptakan pembelajaran yang menerapkan unsur gamifikasi, guru dapat menggunakan platform- platform dan alat- alat tertentu yang saat ini semakin tersedia, salah satunya adalah QuizWhizzer. Bagi yang belum tahu apa itu QuizWhizzer, bagaimana cara pengunaannya, serta tutorial pembuatan kuis gamifikasi dengan QuizWhizzer, berikut uraian lengkapnya. 

Apa itu QuizWhizzer
QuizWhizzer merupakan sebuah platform web yang menyediakan fitur bagi guru untuk membawa pembelajaran berbasis game ke dalam kelas sehingga lebih menyenangkan dan interaktif. Dalam hal ini guru dapat membuat kuis atau pertanyaan yang kemudian diintegrasikan ke dalam suatu permainan seperti permainan kecepatan dalam ular tangga, maupun permainan papan lainnya. Siswa dapat terlibat secara aktif dalam komunitas atau kelompok yang diundang oleh guru, dengan menjawab pertanyaan- pertanyaan atau kuis yang diajukan serta bersaing dengan rekan- rekannya untuk menjawab pertanyaan tersebut. Pada akhirnya, terdapat chart atau grafik yang akan menampilkan jawaban dari para siswa dan siapa yang berhak untuk menyandang juara dalam permainan tersebut. 

Layanan QuizWhizzer
Berkaitan dengan layanan, QuizWhizzer menyediakan dua layanan yaitu gratis dan berbayar (Pro). Untuk layanan gratis, teman- teman tidak akan dikenakan biaya, namun dengan fitur kuis yang terbatas misalnya jumlah batasan peserta hanya maksimal 10 orang saja. Akan tetapi untuk fitur berbayar atau Pro, akan dikenakan harga 4.92 per pengguna tiap bulannya dengan berbagai layanan termasuk peserta ujian yang mencapai 50 orang, pertanyaan berbasis gambar atau video, dan fitur- fitur lainnya.

Ada empat langkah sederhana bagi guru dalam membuat pembelajaran dengan gamifikasi dari QuizWhizzer, yaitu pertama mendesain gim atau permainan yang akan dibuat, dan kedua, membuat dan menyusun pertanyaan- pertanyaan atau kuis, ketiga, mempublish game dan mengundang siswa untuk ikut berpartisipasi, serta terakhir, menganalisa hasil dari permainan kuis tersebut.

Untuk lebih jelas dalam membuat kuis pembelajaran melalui QuizWhizzer, teman- teman dapat menyimak tutorial lengkapnya berikut ini,

Langkah Pertama , Pembuatan akun QuizWhizzer. 
Teman- teman dapat mencobanya secara gratis selama masa trial atau percobaan. Klik Try it for Free


Silahkan sign up menggunakan alamat email Google untuk memudahkan. 



Teman- teman dapat memilih untuk pilihan buat guru ya, karena untuk siswa hanya digunakan untuk bermain gim dengan kode yang sudah diberikan kepada mereka sebelumnya. Pilih Teachers, jadi diperlukan akun untuk pembuatan kuisnya. 

Langkah Kedua, Memulai Membuat Game 
Jika proses pendaftaran pada langkah pertama sudah berhasil, teman- teman dapat masuk ke dalam dashboard QuizWhizzer untuk pertama kalinya. Inilah tampilan dashboardnya. Ada berbagai fitur yang disediakan, bisa dilihat pada bilah kiri layar seperti question bank, make a game, public games, Avatars dan sebagainya.  Klik Make a Game untuk membuat game baru. 



Yuk mulai desain gameboard yang akan digunakan sebagai gamifikasi kuis teman- teman. Untuk mempercepat pembuatannya, desain dapat kita pilih melalui templat yang tersedia. Klik Choose from Templates


Inilah contoh permainan yang saya pilih, teman- teman dapat memilih jenis papan permainan lain sesuai dengan selera dan kebutuhan. 


Setelah memilih papan permainan, kini saatnya memasukkan pertanyaan dalam papan permainan yang telah dipilih sebelumnya. Klik Add Question untuk menambahkan pertanyaan.


Isikan pertanyaan dan pilihan jawaban pada form yang disediakan, lalu jangan lupa centang pilihan jawaban yang paling tepat sebagai kunci jawaban. 


Inilah contoh soal yang sudah saya masukkan. Pada contoh gamifikasi kuis, saya membuat 5 pertanyaan bahasa Inggris tentang cuaca dan iklim. 


Lanjut ya ke bagian setting. Bagian ini diperlukan untuk mengatur kuis yang dibuat, tentunya selesaikan pertanyaan terlebih dahulu pada tahapan sebelumnya. Terdapat form Nama kuis, deskripsi, bahasa, dan opsi tambahan seperti ketersediaan kuis untuk dimainkan apakah untuk semua orang atau hanya orang yang dalam komunitas untuk dibagi. 


Oya, klik Quality Score untuk mengecek kelengkapan kuis yang sudah dibuat sebelumnya, lalu klik Finish bila sudah selesai. 


Jika berhasil terdapat pop up notifikasi yang menunjukkan bahwa kuis telah selesai dibuat.  Klik Play Your Game and Invite Students untuk memainkan dan membagikan kuis kepada siswa.



Langkah Ketiga, Membagikan Kuis
Pada tahapan sebelumnya yaitu tampilan keberhasilan pembuatan kuis, teman- teman akan memulai membagikan kuis yang dibuat kepada siswa. Pilih Mode game yang akan digunakan, apakah dengan Live Race atau penugasan di rumah melalui PR. Sebagai contoh, saya memilih Live Race


Sebelum membagikan, stting dulu kuis yang dibuat, baik tampilan acak pertanyaan, pertanyaan yang diulang maupun review pertanyaan setelah menyelesaikan. 



Bagikan kode akses yang berupa nomor kepada siswa melalui tautan link yang terdapat pada notifikasi Access code. Pada saat siswa belum membuka tautan link yang diberikan, maka status pada dashboard adalah waiting for players, artinya masih menunggu pemain. Saat siswa sudah mengakses tautan yang diberikan, maka tombol start akan berfungsi dan guru dapat menge-klik untuk memulainya. 


Inilah tampilan pada smartphone siswa saat mereka sudah membuka tautan link melalui browser mereka. 

Terdapat feedback berupa emoticon saat siswa berhasil menjawab pertanyaan dengan benar dan lanjut ke pertanyaan berikutnya. 


Guru dapat memantau progress dari pemain atau siswa saat mereka berkompetisi menjawab setiap pertanyaan. Klik View Result untuk mengetahui hasil dari permainan. 


Inilah tampilan hasil, yang menunjukkan pemeringkatan dari siswa. 


Menarik bukan? Itulah cara mudah membuat game pembelajaran Interaktif dengan QuizWhizzer. Sudah ada yang pernah  mencoba? Yuk share dong pengalamannya di kolom komentar...

Semoga Bermanfaat. 
Salam.

No comments:

Post a Comment