7/29/2022

Latihan Soal dan Pembahasan AKM Literasi Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) Kelas 5 SD/ MI 2022/ 2023

Hai sahabat Ahzaa, selamat datang kembali di AhzaaNet. Hari ini saya akan khusus membahas tentang latihan soal AKM Literasi ANBK untuk kelas 5 SD/ MI. Latihan soal ini dibuat khusus buat teman- teman yang saat ini akan menghadapi asesmen nasional berbasis komputer. 

Sebagai pendahuluan, Asesmen Nasional merupakan program penilaian terhadap mutu setiap sekolah, madrasah, dan program kesetaraan pada jenjang dasar dan menengah. Mutu satuan pendidikan dinilai berdasarkan hasil belajar murid yang mendasar (literasi, numerasi, dan karakter) serta kualitas proses belajar-mengajar dan iklim satuan pendidikan yang mendukung pembelajaran. Informasi-informasi tersebut diperoleh dari tiga instrumen utama, yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar.

Asesmen Nasional perlu dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan. Asesmen ini dirancang untuk menghasilkan informasi akurat untuk memperbaiki kualitas belajar-mengajar, yang pada gilirannya akan meningkatkan hasil belajar murid. 

Image by Dominic Alberts from Pixabay 

Nah, berkaitan dengan pelaksanaan Asesmen Nasional Tahun 2022/ 2023 yang sebentar lagi akan dilaksanakan, berikut latihan soal yang dapat dicoba untuk dikerjakan sebagai gambaran soal- soal ANBK khususnya AKM literasi untuk kelas 5 SD/ MI. Buat teman- teman yang ingin mengunduh latihan soal ini, saya tautkan pada halaman terakhir latihan soal

Baik, langsung saja yaa berikut latihan soalnya,

Latihan Soal  Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) Kelas 5 SD/ MI 
AKM Literasi 2022/ 2023

Bacaan berikut untuk menjawab soal nomor 1 sampai 4
Nyale

Dahulu kala, di Pulau Lombok, terdapat tujuh kerajaan yaitu Kerajaan Johor, Lipur, Pane, Kuripan, Daha, Beru, dan Tonjang Beru. Kerajaan Tonjang Beru terletak di selatan Pulau Lombok. Meskipun kerajaan itu termasuk kerajaan kecil, tapi rakyatnya hidup dengan damai dan sejahtera. Kerajaan itu dipimpin oleh seorang raja yang arif bijaksana.
Raja Tonjang Beru memiliki seorang putri yang sangat cantik yang bernama Putri Mandalika. Putri Mandalika selain cantik dan anggun, terkenal juga karena kehalusan budi dan keramahannya. Rakyat Tonjang Beru selalu membanggakan putri kerajaan mereka, alhasil namanya termasyur ke seantero negeri. 
Ketika Putri Mandalika tumbuh dewasa, para pemuda baik dari kalangan bangsawan sampai kalangan rakyat biasa datang ke istana untuk melamarnya, bahkan para pangeran dari negara tetanggapun datang untuk mempersuntingnya.
Putri Mandalika selalu menolak dengan halus agar tidak menyakiti perasaan siapapun yang melamarnya. Akan tetapi ada dua Pangeran yaitu dari kerajaan Johor dan Pangeran dari kerajaan Lipur tidak berkenan dengan penolakan sang putri. Kedua kerajaan tersebut merupakan kerajaan yang besar dan bala tentara yang kuat. Kedua Pangeran tersebut secara bersamaan mengirimkan utusan ke Istana Tonjang Beru untuk menyampaikan pesan yang sama bahwa apabila Putri Mandalika  menolak lamaran pangeran, maka kerajaan Tonjang Beru akan dihancurkan oleh kerajaan Johor maupun kerajaan Lipur. 
Hati putri Mandalika pun menjadi Gamang. Putri berfikir bahwa kerajaannya akan tertimpa bencana. Saat itu Putri Mandalika harus membuat keputusan yang tepat agar dapat menyelamatkan kerajaannya. Apabila dia menerima salah satu dari kerajaan tersebut, maka pastilah salah satu kerajaan akan menyerang, demikian pula apabila menolak keduanya, pasti kerajaan Tanjung Beru akan diserang kedua kerajaan tersebut.
Putri Mandalika meminta waktu untuk memutuskan. Putri Mandalika memohon petunjuk kepada Tuhan dengan bersemadi selama berhari- hari agar kerajaannya tidak menjadi korban. Putri Mandalika akhirnya menjawab lamaran, yaitu hari ke -20 di bulan ke-10 dalam penanggalan Sasak. Ia mengundang kedua pangeran dan pelamar yang lainnya untuk datang ke tepi laut sebelum matahari terbit. Ribuan orang datang ke tepi laut dari berbagai kalangan, baik raja, kaum bangsawan maupun rakyat biasa. 
Putri Mandalika menepati janjinya datang sebelum matahari terbit. Ia hadir dengan usungan berlapis emas bersama para pengawalnya. Putri diturunkan di sebuah tebing karang di tepi laut. Ia lalu berbicara kepada semua orang yang hadir. "Wahai Ayahanda dan ibunda serta semua pangeran dan rakyat negeri Tonjang Beru yang aku cintai, maafkan aku karena tidak dapat memilih satu diantara pangeran- pangeran. Cintaku untuk kalian semua, dan rasa cintaku akan datang pada kalian dalam wujud yang lain."
Sesaat setelah selesai menyampaikan kata- kata, sang puteri menyeburkan dirinya ke laut. Tubuhnya langsung ditelan gelombang diikuti angin kencang dan kilat menggelegar mengiringi tubuhnya yang lenyap. Semua orang terkejut dan bingung. Namun tiba- tiba muncullah sesuatu yang aneh dari laut. Benda tersebut datang bersama ombak yang bergulung- gulung. Orang- orang segera berlari mendekat ke pantai. Tampaklah cacing yang jumlahnya sangat banyak. Binatang- binatang kecil itu terdampar di pantai. Cacing laut tersebut kemudian dinamakan Nyale. Nyale merupakan makanan yang lezat dan bergizi. Orang- orang beranggapan bahwa Nyale merupakan perwujudan cinta Putri Mandalika.

Sumber Bacaan : Faza, Cerita Rakyat Nusantara, Jakarta:PT. Media Elex Komputindo,2014

1. Watak tokoh Putri Mandalika pada cerita tersebut adalah ….
A. bijaksana
B. adil 
C. pemberani
D. penyayang

Watak putri mandalika adalah penyayang. Dia menyayangi raja, rakyat dan kerajaannya

2. Sikap apa yang diambil oleh Putri Mandalika saat banyak orang dari berbagai kalangan ingin melamarnya?
Pilih pilihan benar atau salah dengan memberi tanda (✓) untuk setiap pernyataan sesuai isi teks!


Putri Mandalika memilih pangeran dari kerajaan seberang untuk menjadi suaminya (salah)
Putri Mandalika menolak dengan halus semua lamaran yang ditujukan kepadanya (benar)


3. Langkah apa yang diambil oleh Putri Mandalika saat mengetahui bahwa ada dua pangeran yang tidak terima atas penolakan lamaran?
A. menerima pinangan salah satu pangeran yang melamar karena terpaksa
B. memohon kepada kedua pangeran agar tidak menyerang kerajaannya
C. meminta waktu untuk memutuskan dengan memohon petunjuk kepada Tuhan 
D. meminta ayahanda raja untuk mempersiapkan bala tentara menghadapi serangan

Langkah yang diambil Putri Mandalika saat mengetahui bahwa ada dua pangeran yang tidak terima atas penolakan lamaran adalah meminta waktu untuk memutuskan dengan memohon petunjuk kepada Tuhan  

4. Apa yang dimaksud dengan Nyale?
Pilihlah jawaban yang benar dengan memberi tanda (✓)! Jawaban benar lebih dari satu.


Nyale merupakan simbol dari keteguhan hati Putri Mandalika 
Nyale adalah binatang laut yang enak dan lezat untuk dimakan ✓
Nyale adalah  cacing laut yang dianggap sebagai perwujudan cinta Putri Mandalika ✓


Bacaan berikut untuk menjawab soal nomor 5  sampai 7

Fenomena suhu dingin sedang melanda di beberapa wilayah di Indonesia. Suhu dingin tersebut terasa lebih dingin pada malam hari hingga menjelang pagi hari dibanding waktu-waktu sebelumnya. Kepada Bidang Prediksi dan Peringatan Dini Cuaca Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Miming Saepudin menyebut bahwa fenomena tersebut merupakan peristiwa alamiah. Suhu dingin merupakan peristiwa yang umum terjadi ketika memasuki puncak musim kemarau pada Juli hingga September 2022. “Saat ini wilayah Pulau Jawa hingga Nusa Tenggara Timur (NTT) menuju periode puncak musim kemarau,” kata Miming dikutip dari Kompas.com, Senin (25/7/2022).
Miming mengungkapkan jika periode musim kemarau di Indonesia ditandai dengan pergerakan angin dari arah timur yang berasal dari Benua Australia. Angin yang berasal dari Australia memiliki pola tekanan udara yang relatif lebih tinggi, karena Australia berada dalam periode musim dingin. Pergerakan massa udara dari Australia menuju Indonesia tersebut dikenal dengan istilah Monsoon Dingin Australia. “(Monsoon) bertiup menuju wilayah Indonesia melewati perairan Samudra Indonesia yang memiliki suhu permukaan laut juga relatif lebih dingin,” jelas Miming. Angin Monsoon itu membuat suhu di beberapa wilayah Indonesia terutama di bagian selatan khatulistiwa seperti Pulau Jawa, Bali dan Nusa Tenggara terasa lebih dingin.
Selain dampak angin Monsoon, berkurangnya awan juga berpengaruh ke suhu dingin yang terjadi saat malam hari. “Hal ini yang kemudian membuat udara terasa lebih dingin terutama pada malam hari,” ujar Miming. Suhu dingin yang terjadi dapat berpotensi memunculkan embun es atau embun upas di daerah dataran tinggi atau pegunanan seperti misalnya di Dieng. “Suhu dingin dikatakan ekstrem saat mencapai 3 derajat lebih rendah dari rata-rata normalnya. Karena setiap daerah memiliki nilai normal yang berbeda, ambang batas ekstrem setiap daerah juga berbeda-beda,” pungkas Mimin.
Sumber : https://www.kompas.com/

5. Pilihlah pernyataan berikut ini dengan memberi tanda centang sesuai informasi penting yang terdapat pada bacaan. Jawaban benar bisa lebih dari satu.


- Fenomena suhu dingin merupakan peristiwa yang biasa terjadi memasuki puncak musim kemarau (benar)
- Wilayah yang mengalami suhu dingin adalah Sumatra, Jawa, Bali, Nusa Tenggara dan Papua (Salah) >>>> Jawa, Bali, Nusa Tenggara atau daerah di selatan Khatulistiwa
- Masa puncak musim kemarau di Indonesia terjadi pada bulan Juli hingga September (benar)
- Di beberapa wilayah, suhu dingin sangat merugikan bagi penduduk sekitar (salah) >>>> Tidak ada sata dalam bacaan yang menjelaskan hal tersebut


6. Apakah yang menjadi penyebab dari fenomena suhu dingin yang melanda beberapa kawasan di Indonesia ?
Pilihlah jawaban yang benar dengan memberi tanda (✓)! Jawaban benar lebih dari satu.


Penyebab dari fenomena suhu dingin yang melanda beberapa kawasan di Indonesia adalah angin Monsoon dan berkurangnya awan

7. Suhu dingin di beberapa wilayah dapat dikatakan ekstrim apabila …..

Suhu dingin dikatakan ekstrem saat mencapai 3 derajat lebih rendah dari rata-rata normalnya

Lanjut ke nomor soal berikutnya yaa >>>>>> Halaman 2

No comments:

Post a Comment