7/15/2022

Mencoba Simulasi Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) Literasi Membaca yang Disediakan Pusat Asesmen Pendidikan (Pusmendik) 2022

Asesmen Nasional merupakan program penilaian terhadap mutu setiap sekolah, madrasah, dan program kesetaraan pada jenjang dasar dan menengah. Mutu satuan pendidikan dinilai berdasarkan hasil belajar murid yang mendasar (literasi, numerasi, dan karakter) serta kualitas proses belajar-mengajar dan iklim satuan pendidikan yang mendukung pembelajaran. Informasi-informasi tersebut diperoleh dari tiga instrumen utama, yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar.

Asesmen Nasional perlu dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan. Asesmen ini dirancang untuk menghasilkan informasi akurat untuk memperbaiki kualitas belajar-mengajar, yang pada gilirannya akan meningkatkan hasil belajar murid. 

Image by Dominic Alberts from Pixabay 

Nah, berkaitan dengan pelaksanaan Asesmen Nasional Tahun 2022 yang sebentar lagi akan dilaksanakan, mungkin dari beberapa teman- teman masih belum mengetahui gambaran sebenarnya jenis soal- soal seperti apa sih yang diujikan dalam  Asesmen Nasional khususnya  Asesmen Kompetensi Minimum sebagai salah satu instrumen utamanya. 

Dilansir dari website resmi Pusmendik, AKM untuk menanggapi kebutuhan global saat ini bahwa peserta didik diharapkan mampu beradaptasi dengan dunia yang cepat berubah dan berpartisipasi aktif di masyarakat. Oleh karena itu, peserta didik perlu menjadi pembelajar sepanjang hayat. Dua kemampuan yang menentukan kecakapan seseorang untuk belajar sepanjang hayat adalah kompetensi literasi membaca atau literasi matematika, yang sering disebut numerasi. Dua kompetensi ini penting karena peserta didik perlu mengembangkan keterampilan logis-sistematis, keterampilan bernalar menggunakan konsep dan pengetahuan yang telah dipelajari, serta keterampilan untuk memahami, memilah, dan menggunakan informasi secara kritis

Bentuk Soal AKM terdiri dari tipe soal seperti Pilihan Ganda (PG), Pilihan Ganda Kompleks (PGK), Menjodohkan, Isian dan Uraian. Adapun konteks AKM mencakup aspek personal, sosial budaya, dan saintifik. 

Nah, Saat ini teman- teman mulai bisa mencoba simulasi Asesmen Kompetensi Minimum  (AKM) yang disediakan oleh  Pusat Asesmen  Pendidikan (Pusmendik) Kemdikbud. Beberapa saat lalu, saya mencoba untuk mengerjakan soal AKM literasi membaca untuk jenjang SD/ MI/ Paket A. Melalui soal yang berjumlah 30, lumayanlah untuk menjembatani rasa ingin tahu tentang seperti apa sih karakteristik soal AKM itu sebenarnya. 

Untuk dapat mencoba simulasi AKM Pusmendik tahun 2022, berikut langkah- langkahnya,

Buka website resminya di Simulasi AKM | LOGIN (kemdikbud.go.id)

Teman- teman bisa memilih Materi uji, apakah Literasi Membaca atau Literasi Matematika. Setelah itu pilih jenjang sekolah. Ada tiga pilihan yaitu SD/ MI/ Paket A, SMP/ MTs/ Paket B, dan SMA/ MA/ SMK/ Paket C


Username dan password akan secara otomatis dibuatkan oleh sistem. Silahkan Login.



Lengkapi data- data, dan masukkan Token yang ada pada bagian kiri atas ke dalam kolom isian Token. Submit  untuk masuk ke tahap berikutnya.



Korfimasi tes sebelum mulai mengerjakan. Klik Mulai




Teman- teman dapat mulai mengerjakan tes dengan mengerjakan setiap soal yang diujikan. Untuk informasi Soal, waktu pengerjaan dan daftar soal, dapat teman- teman temukan pada fitur di bagian atas layar. Fitur- fitur tersebut untuk membantu teman- teman secara teknis dalam tampilan soal, seperti sisa waktu pengerjaan maupun mengecek soal- soal yang belum dikerjakan.



Teman- teman akan menemukan bentuk- bentuk atau karakteristik soal yang sudah saya kemukakan tadi seperti Pilihan Ganda (PG), Pilihan Ganda Kompleks (PGK), Menjodohkan, Isian dan Uraian.

salah satu contoh soal menjodohkan

Setelah selesai pada nomor terakhir, cek lagi fitur Daftar Soal, apakah ada soal - soal yang terlewat atau belum dikerjakan. Terdapat notifikasi pengerjaan tes, bila sudah selesai pilih saja tombol Selesai Tes.


Pada bagian akhir akan muncul Review pengerjaan tes. Review ini bisa di unduh juga loh teman- teman. Logout bila ingin meninggalkan halaman tes. 



Mudah ya... Nah, sekarang tidak penasaran lagi yaa bagaimana tes AKM itu dan karakteristik soal- soal yang diujikan. Oya teman- teman, uji juga soal untuk Literasi Matematika atau Numerasi dan tulis pengalaman kalian pada kolom komentar. 

Semoga Bermanfaat yaa...

No comments:

Post a Comment