2/07/2023

Mengenal Interacty, Platform bagi Guru untuk Membuat Game Edukasi dan Lembar Kerja Interaktif

Berkembangnya teknologi mempermudah kita dalam melakukan segala hal. Demikian pula halnya dalam bidang pendidikan, teknologi akan mempermudah guru dalam melaksanakan tugas- tugasnya dalam kelas. Sebelumnya kita mungkin telah mengenal platform atau layanan interaktif seperti Quizizz, Kahoot, Quizlet atau platform interaktif lainya. Dalam layanan tersebut, kita dapat membuat kuis secara interaktif. Namun beberapa platform tersebut memiliki keterbatasan khususnya dalam hal layanan atau fitur. Nah, saat ini ada platform yang dirasa paling lengkap dalam menunjang pembelajaran interaktif teman- teman yaitu Interacty. Sebenarnya apakah itu Interacty, penggunaan, fitur- fitur serta kelebihan- kelebihan lainnya, akan saya bahas melalui ulasan berikut ini. 

Apa Itu Interacty
Interacty merupakan platform online interaktif yang memungkinkan guru dan pendidik membuat pembelajaran dan lembar kerja secara interaktif baik di sekolah maupun diluar sekolah secara daring. 



Kelebihan Interacty

Fitur yang lengkap
Secara fitur, platform Interacty lebih kaya dibandingkan platform lain yang sejenis. Interacty tidak hanya tentang membuat game secara interaktif saja tetapi juga memberikan ruang bagi guru dalam mengintegrasikan material ke dalam kurikulum yang digunakan. Hal ini dibuktikan dengan berbagai fitur Interacty untuk menunjang pembelajaran seperti permainan, tes, kuis, lembar kerja, pembelajaran interaktif, pembelajaran audio dan masih banyak lagi. 

Template yang Melimpah
Fitur Interacty ini cocok buat teman- teman yang membutuhkan bantuan untuk membuat game edukasi yang menarik dan menyenangkan bagi siswa. Melalui template - template yang tersedia dan sifatnya siap pakai dengan tata letak yang menarik, dapat digunakan sebagai dasar maupun hanya sekedar mengedit informasi yang diperlukan.

Sumber Pustaka 
Selain itu tersedianya jutaan gambar pustaka foto gratis dari Unsplash dan ilustrasi dari Pixabay juga menghemat waktu dan tenaga teman- teman semuanya ditambah lagi editor yang mudah dipelajari dan ramah pengguna akan secara otomatis menyesuaikan proyek dengan format perangkat, baik itu komputer desktop , tablet, atau ponsel siswa.

Pengelolaan yang Mudah
Cara kerja Interacty mirip dengan bermain konstruktor anak-anak. Saat teman- teman membuka Interacty, akan tersedia banyak blok siap pakai. Tersedia lebih dari 20 blok interaktif yang memungkinkan kita untuk membuat pembelajaran lebih menarik dalam berbagai pelajaran atau topik. Blok- blok ini tersedia dari yang statis seperti teks, gambar, audio, dan video sampai yang seperti tayangan slide, permainan before-after sliders, timeline, maupun berbagai permainan yang sifatnya interaktif. 

Teman- teman tinggal menggabungkan blok, lalu menukarnya, serta mengubah konten dan desain. Sebagai contoh, kalian bisa menambahkan penjelasan teks ke dalam game yang dibuat, memasukkan teks, video, dan timeline, atau mengatur seluruh pembelajaran dengan menambahkan game maupun  tes mandiri pada bagian akhir. Salah satu keuntungan dari fitur ini adalah teman- teman dapat menggabungkan berbagai blok ke dalam lembar kerja, menambahkan audio dan video YouTube untuk analisis topik yang lebih lengkap.

Fitur- Fitur Interacty

1. Game, Test dan Kuis
Interacty menyediakan berbagai macam games dan aktivitas yang dapat dimainkan di dekstop komputer, laptop, smartphone, kelas daring seperti Zoom maupun di dalam kelas. Sebagai contoh, berikut permainan yang populer digunakan di Interacty,
 


a. Game Mencocokkan
Teman- teman guru dapat memanfaatkan permainan ini untuk menguji pengetahuan dalam semua topik, mulai dari bahasa, IPA, IPS, hingga matematika. Teman- teman dapat membuat game mencocokkan dengan menggunakan teks, gambar, dan audio.

b. Game Memori
Game Memori merupakan permainan yang mengasyikkan untuk melatih daya ingat. Teman- teman dapat menambahkan informasi tambahan yang akan ditampilkan setelah membuka setiap pasangan kartu yang tepat. Interacty akan secara otomatis memberikan tata letak dengan jumlah kartu yang berbeda. Kalian cukup memilih template yang sesuai dan buatlah permainan Memori untuk diterapkan dalam permainan di kelas atau daring seperti Zoom.

c. Objek tersembunyi
Permainan Obyek Tersembunyi dapat digunakan untuk menguji pengetahuan. Permainan ini diterapkan untuk menemukan kesalahan dalam teks, atau sebagai permainan berpikir. Teman- teman dapat memanfaatkannya dalam pelajaran IPA, IPS, matematika, maupun Bahasa. Sistem kerjanya, teman- teman guru menempatkan label tersembunyi pada gambar apa pun lalu mengundang siswa untuk menemukannya. Teman- teman juga dapat membuat game Spot the Difference dengan mekanik game ini. Caranya dengan mengunggah satu gambar sebagai gambar statis dan yang kedua sebagai blok permainan Obyek Tersembunyi.

2. Lembar Kerja dan Pembelajaran interaktif
Interacty menyediakan banyak blok siap pakai, dari yang statis seperti teks, gambar, audio, dan video sampai yang seperti tayangan slide, permainan before-after sliders, timeline, maupun berbagai permainan yang sifatnya interaktif. 

3. Pembelajaran berbasis audio
Inilah salah satu fitur Interacty yang menarik yaitu audio lesson. Melalui fitur ini, kita dapat bekerja menggunakan format audio. Teman- teman tidak hanya dapat merekam suara langsung di editor dan menambahkan penjelasan suara ke dalam proyek dan lembar kerja, tetapi juga membuat game yang berkaitan dengan mencocokkan kata dan pelafalannya atau musik dengan penulis karya tersebut. 

4. Bank soal
Fitur ini memungkinkan kita untuk membuat soal berdasarkan bank soal yang sudah ada. Hal ini sangat efektif dalam menggali pemahaman siswa akan materi yang sudah diajarkan.

Langkah Kerja Interacty
Ada empat langkah mudah dalam membuat game Edukasi dan lembar kerja interaktif bersama Interacty yaitu buat, bagikan, mainkan, dan kumpulkan hasilnya

Buat
Langkah awal dalam membuat game edukasi bersama Interacty adalah buat pelajaran menggunakan blok siap pakai atau pilih dari puluhan templat yang tersedia. 


Bagikan 
Setelah kita buat pembelajaran berbasis game edukasi, langkah berikutnya adalah kita publikasikan pelajaran dengan mengklik tombol "publikasikan", lalu platform akan menawarkan tautan, kode QR, atau kode untuk dibagikan kepada siswa atau disematkan ke LMS teman- teman.

Mainkan
Siswa dapat langsung memiliki akses sesaat setelah guru membagikannya melalui media sosial atau LMS. Dalam hal ini Interacty menawarkan fitur aksesibilitas untuk bermain di ZOOM. Siswa tidak diharuskan untuk mendaftar atau meninggalkan data mereka untuk mengerjakan materi di Interacty.

Kumpulkan hasil
Guru dapat menambahkan formulir dan papan peringkat untuk mengumpulkan hasil dan memberi penghargaan kepada yang terbaik di antara ssiwa yang mampu menyelesaikan tugas.

Membuat game pelatihan melawan waktu dengan papan peringkat 


Dengan Interacty, teman- teman dapat membuat game dengan pengatur waktu dan papan peringkat serta mengundang siswa untuk menyelesaikan game dengan hasil maksimal dan memberikan hadiah terbaik. Hasil terbaik akan ditampilkan di papan peringkat di akhir permainan. Statistik detail yang menampilkan jumlah percobaan akan ditampilkan di akun teman- teman.

Komunitas Interacty
Komunitas penulis Interacty memungkinkan teman- teman untuk menemukan template proyek gratis yang menarik. Teman- teman dapat membagikan proyek dengan guru lain sebagai template. Lebih jelasnya, teman- teman dapat menonton tutorial video berikut ini,

Biaya Interaksi
Interacty menawarkan paket gratis dengan semua blok dan game, tetapi fitur terbatas dan beberapa opsi langganan lanjutan, termasuk papan peringkat, kerja tim dengan guru lain, templat premium, dan lebih banyak penyimpanan untuk konten Anda.

Menarik bukan? Lebih lanjut kunjungi web Interacty di https://interacty.me/education 

Yuk manfaatkan fitur premiumnya... Kapan- kapan kita coba buat pelatihan pembuatan Game Edukasi dan Lembar Kerja Interaktif dengan Interacty yaa..

Artikel ini adalah Sponsored Post dari Interacty

No comments:

Post a Comment