3/10/2023

Cara Mudah Menginput Rumus Persamaan Matematika di Google Forms

Google Forms merupakan web tool yang dipandang efektif untuk penyelenggaraan ujian berbasis online. Fasilitas dan fitur- fiturnya memudahkan guru dalam menginput soal, mengelola ujian sampai dengan menganalisis jawaban dari siswa.  Namun, Google Forms masih memiliki kendala yaitu ketiadaan input soal berbasis formula matematika di dalamnya. Oleh karenanya kita harus menambahkan Add on pada Google Forms yang kita kelola.

Bagi guru yang sudah terdaftar pada akun Belajar.id dan sudah mengaktifkannya, hal ini tentu tidak ada masalah, pasalnya berbagai Add on sudah tersematkan untuk menunjang pembuatan soal . Namun, bagi guru yang menggunakan akun Google reguler, harus menambahkan Add on terlebih dahulu. 

Source : Pixabay

Berkaitan dengan pembuatan soal matematika yang membutuhkan input formula yaitu Equation, ada beberapa Add on yang dapat kita instal, namun disini kita akan mencoba menggunakan Add on input formula Matematika yaitu Hypatia Create.

Hypatia merupakan Add on editor matematika gratis bagi guru untuk menginput soal- soal yang berbentuk formula dan memudahkan dalam membuat bahan ajar. Selain di Google Forms, Hypatia  dapat digunakan melalui Google Dokumen dan Google Slide. 

Hypatia memiliki antarmuka yang mudah yaitu kelengkapan editor persamaan matematika. Selain itu, penggunaannya cukup mudah, Klik Add on, lalu masukkan rumus, dan buat tautan link gambarnya. Pada soal, sisipkan gambar melalui url link yang sudah tercopy sebelumnya. Secara otomatis, gambar sudah masuk ke dalam soal yang dibuat. 

Untuk lebih jelas bagaimana menambahkan Hypatia Create dalam Google Forms teman- teman, berikut langkah- langkahnya, 

Buka Google Forms teman- teman


Klik tanda titik tiga pada menu lalu klik Add on


Ketik Hypatia lalu enter, dan tunggu sampai layar menampilkan pencarian dari kata kunci tersebut.

Klik Hypatia Create lalu Install


Pada halaman editor kuis, klik simbol Add on pada bagian atas. Add on yang sudah terinstal akan tampil. Dalam hal ini, Hypatia yang sudah kita pasang akan muncul juga.


Pilih Mini Editor


Lihat pada bagian bilah samping, maka akan muncul editor matematika dari Hypatia. Isikan soal lalu tuliskan persamaan matematika pada bagian editor matematika tersebut. Setelah selesai, klik Create Link untuk membuat persamaan matematika menjadi format gambar.



Masukkan url tautan gambar tersebut ke dalam soal, caranya klik simbol gambar lalu pilih melalui URL, 



Paste kan tautan link lalu Sisipkan gambar

Persamaan Matematika sudah masuk ke dalam soal. Lakukan langkah ini dalam opsi jawaban maupun soal- soal lainnya.


Mudah bukan?
Nah, itulah bagaimana cara menginput formula persamaan matematika pada Google Forms. Adakah pengalaman teman - teman yang berhasil input persamaan matematika melalui Add on lainnya? Yuk share di kolom komentar...

No comments:

Post a Comment