9/29/2023

Aplikasi Jamboard Resmi Dihentikan 31 Desember 2024, Inilah Aplikasi Papan Virtual Alternatifnya

Aplikasi Jamboard akan resmi dihentikan per 31 Desember 2024. Informasi ini didapatkan dari email yang dikirim Google Workspace kepada setiap pengguna Jamboard. Melalui email tersebut disampaikan bahwa aplikasi Jamboard akan resmi dihentikan pada tahun depan (2024) dan bagi pengguna Jamboard disarankan untuk menggunakan aplikasi papan tulis virtual sebagai alternatif Jamboard. Adapun aplikasi- aplikasi papan tulis virtual yang disebutkan adalah FigJam, Lucidpark dan Miro

Jamboard

Aplikasi- aplikasi papan tulis virtual pihak ketiga tersebut memiliki fitur yang tidak kalah dari Jamboard, diantaranya fitur- fitur lanjutan yang memungkinkan penggunanya untuk mengembangkan pembelajaran berbasis daring dengan bantuan papan tulis virtual. 

Berkaitan dengan pengguna Jamboard, aplikasi alternatif papan tulis virtual tersebut juga memungkinkan penggunanya untuk melakukan kolaborasi  bersama di dalam Google Workspace. 

Waktu Penonaktifan Jamboard
Penghentian layanan Jamboard sebagai papan tulis virtual akan dilakukan secara bertahap, yaitu dimulai dengan penonaktifan dalam pembuatan Jam baru atau pengeditan Jam melalui platform manapun seperti web, iOS, dan Android pada 1 Oktober 2024. Selanjutnya, aplikasi Jamboard hanya memiliki fitur "hanya lihat" pada periode 1 Oktober 2024 hingga 31 Desember 2024. Adapun selama masa tersebut, pengguna masih dapat mencadangkan file Jam.

Alternatif Jamboard
Sebagai alternatif Jamboard, pengguna dapat menggunakan beberapa aplikasi alternatif dari Jamboard, seperti FigJam dari Figma, Lucidpark dari Lucid Software dan Miro. 

Google Workspace juga menyatakan bahwa pengguna dapat menyimpan data Jamboard dan dapat memindahkannya ke aplikasi alternatif papan virtual tersebut dengan mudah, alias hanya dengan beberapa klik sebelum dihentikan sama sekali pada akhir tahun 2024. 

Tentang Google Jamboard
Sebagai tambahan informasi, Jamboard merupakan salah satu platform Google yang memberikan fasilitas dan fitur untuk mengelola papan tulis virtual. Berbagai layanan dari Jamboard memungkinkan penggunanya (khususnya guru) untuk memanfaatkannya dalam pembelajaran secara daring layaknya papan tulis konvensional. 

Melalui Jamboard, guru dan siswa dapat berinteraksi secara virtual dalam pembelajaran seperti pembelajaran tatap muka yang dilakukan di sekolah. Adapun fitur yang disediakan mencakup background warna papan tulis yang dapat diubah- ubah, halaman frame atau slide, fitur pen, penghapus, sticky notes, fasilitas upload gambar, dan sebagainya. Sebagai tambahan, Jamboard juga memungkinkan untuk berbagai atau share layar dari guru kepada siswa agar dapat tergabung dalam interaksi. 

Demikian informasi penonaktifan Jamboard sebagai aplikasi papan tulis virtual. Nah, kira- kira dari beberapa aplikasi- aplikasi yang direkomendasikan, manakah yang paling disuka? Yuk tuliskan pada kolom komentar yaa..

Salam.

No comments:

Post a Comment