9/01/2023

Pendaftaran CPNS/ CASN 2023, Inilah Daftar Instansi yang Membuka Formasi untuk Lulusan SMA

Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil/ Aparatur Sipil Negara (CPNS/ CASN) tahun 2023 akan segera digelar. Pemerintah bahkan sudah menetapkan kuota CPNS/ CASN di beberapa instansi. Pada penerimaan CPNS/ CASN tersebut, memberikan peluang bagi lulusan semua jenjang untuk dapat bergabung menjadi aparatur negara, termasuk lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) atau yang sederajat. Hal ini membuka kesempatan bagi lulusan jenjang SMA atau sederajat untuk ikut berpartisipasi dalam perhelatan tersebut. 

Beberapa instansi seperti Kejaksaan Republik Indonesia, Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia, Badan SAR Nasional, Badan Intelijen Negara, Kementrian Pertahanan, Kementrian Perhubungan Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dan Kementrian Pertanian sudah mengumumkan untuk membuka formasi CPNS/ CASN tahun 2023 bagi lulusan jenjang SMA atau sederajat. Adapun rinciannya adalah sebagai berikut :

Kejaksaan Republik Indonesia
Melalui Instagram @kejaksaan.ri, Kejaksaan Republik Indonesia sudah mengumumkan formasi CPNS untuk lulusan SMA diantaranya pengelola penanganan perkara dan penjaga tahanan. Formasi pengelola penanganan perkara dialokasikan sebanyak 2.142 formasi sementara itu untuk penjaga tahanan sebanyak 2.258 formasi.

Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia
Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia melalui laman Instargam @kemenkumhamri mengumumkan formasi untuk lulusan SMA sebanyak 2.578 orang sebagai penjaga tahanan.

Badan SAR Nasional
Badan SAR Nasional (Basarnas) menjadi instansi ketiga yang membuka formasi untuk lulusan SMA atau yang sederajat. 

Badan Intelijen Negara 
Lulusan SMA atau yangs ederajat yang dibuka oleh Badan Intelijen Negara adalah Administrasi rekam medis dan informasi serta Pramu laboratorium.

Kementrian Pertahanan
Kementrian Pertahanan membuka formasi lulusan SMA atau yang sederajat untuk posisi tertentu yaitu sebagai pengemudi ambulan dan kataloger pemula.

Kementrian Perhubungan 
Kementrian perhubungan membuka kesempatan bagi lulusan SMA atau yangs ederajat dalam berbagai posisi yaitu bidang penerbangan, teknisi penelitian dan perekayasaan, petugas pertolongan kecelakaan penerbangan dan petugas pemadam kebakaran.

Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan
Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan menetapkan formasi untuk lulusan SMA atau sederajat sebagai polisi hutan.

Kementrian Pertanian 
Kementrian Pertanian membuka kesempatan untuk lulusan SMA atau yang sederajat dalam posisi paramedik karantina hewan dan pemeriksa karantina hewan. 

Itulah formasi lulusan SMA atau yang sederajat untuk beberapa instansi pada penerimaan CPNS/ CASN yang direncanakan akan dilaksanakan pada bulan September 2023 ini. Buat teman- teman yang berminat, silahkan siapkan langkahnya mulai sekarang. Semoga sukses. 

No comments:

Post a Comment