9/27/2023

Seri Belajar Matematika SD : Ketahui tentang Lingkaran, Pengertian, Unsur dan Bagian- Bagiannya

Benda yang berbentuk lingkaran memiliki peran yang penting bagi kehidupan manusia. Pasalnya, benda- benda dengan bentuk tersebut dapat membantu berbagai pekerjaan manusia. Sebutlah roda alat transportasi seperti sepeda, motor maupun mobil, roda gigi pada mesin, yang dapat meringankan pekerjaan dan mengurangi beban manusia. Ada berbagai macam benda yang berbentuk lingkaran seperti uang koin, bentuk jam, kepingan DVD dan sebagainya.

Gambar oleh Gerd Altmann dari Pixabay

Nah, sebenarnya apakah lingkaran itu? Apa saja unsur- unsur, bagian, dan rumus dari lingkaran baik keliling dan luas? Berikut pembahasannya.

Lingkaran didefinisikan sebagai sebuah kurva tertutup sederhana dimana kurva tersebut merupakan tempat kedudukan titik- titik yang memiliki jarak yang sama terhadap suatu titik tertentu yang dalam hal ini disebut sebagai pusat lingkaran. 

Unsur- Unsur Lingkaran 
Lingkaran memiliki beberapa unsur diantaranya tali busur, diameter, jari- jari, busur, apotema dan anak panah. 

a. Tali Busur
tali busur

Tali busur merupakan bagian garis yang titik - titik ujungnya adalah dua titik pada lingkaran. tali busur yang dinyatakan pada lingkaran di atas adalah tali busur BD dan AE. 

b. Diameter 
diameter


Sementara itu, diameter lingkaran merupakan sebuah tali busur lingkaran yang salah satu titiknya melalui pusat lingkaran. Diameter lingkaran adalah garis AE. 

c. Jari- Jari
jari- jari


Jari- jari lingkaran merupakan ruas garis yang menghubungkan titik pusat dengan suatu titik pada lingkaran. Pada lingkaran di atas, jari- jari adalah PE

d. Busur
busur


Busur lingkaran merupakan garis lengkung yang menghubungkan dua titik pada lingkaran. Dua titik pada lingkaran selalu membagi lingkaran menjadi dua busur lingkaran. Busur lingkaran pada gambar adalah QR. 

e. Apothema 
apothema


Apothema merupakan garis yang menghubungkan titik pusat lingkaran dengan tali busur lingkaran tersebut. Garis yang dibentuk bersifat tegak lurus dengan tali busur. Pada gambar lingkaran, apothema dinyatakan dengan garis PG. 

f. Anak Panah 
anak panah


Anak panah merupakan garis tegak lurus tali busur BD yang ditarik dari sembarang titik pada lingkaran. Pada gambar lingkaran, anak panah dinyatakan dengan garis CG. 

Juring dan Tembereng pada Lingkaran 
Juring dan tembereng merupakan bagian lingkaran yang termasuk dalam bagian sebuah lingkaran. Juring merupakan luas daerah dalam lingkaran yang dibatasi oleh dua buah jari- jari lingkaran dan sebuah busur yang diapit oleh kedua jari- jari lingkaran tersebut. 

juring besar

juring kecil


Sedangkan tembereng merupakan daerah yang dibatasi oleh busur dan tali busur. 

tembereng besar

tembereng kecil

Demikian  Lingkaran, Pengertian, Unsur dan Bagian- Bagiannya. Semoga pembahasan ini memudahkan teman- teman dalam belajar khususnya materi lingkaran. Materi masih akan kami lanjutkan untuk pembahasan rumus keliling dan luas lingkaran. Tetap di AhzaaNet yaa...
Selamat Belajar dan tetap semangat...

Salam. 

No comments:

Post a Comment