9/04/2023

Mengenal Google Scholar, Bedanya dengan Google Biasa, Fungsi dan Cara Menggunakannya

Kalangan akademisi pastilah tidak asing dengan namanya Google Scholar. Sebenarnya apakah itu Google Scholar dan peruntukannya dalam dunia akademik? Simak yaa ulasannya berikut ini.

Sebagai salah satu produk dari Google, Scholar yang seringkali disebut sebagai Google Cendekia ini memungkinkan para penggunanya untuk mencari materi dengan mempergunakan format publikasi yang sifatnya ilmiah. Layaknya Google biasa, Google Scholar diperuntukkan untuk melakukan pencarian dalam berbagai rujukan ataupun artikel ilmiah. Hal inilah yang sangat berguna bagi seorang akademisi saat membutuhkan beragam referensi dari semua bidang ilmu. Pasalnya, Google Scholar akan memberikan informasi tentang artikel, beragam jurnal dari berbagai universitas maupun penerbit lainnya.

source : https://www.aib.world/


Dalam penyusunan sebuah artikel misalnya, Google Scholar akan membantu dalam menyusun artikel secara baik lengkap dengan setiap aspek dalam teks artikel yang dibuat. Selain itu Google Scholar juga mampu memuat berbagai macam jurnal ilmiah maupun artikel ilmiah dari berbagai negara.

Beda Google Scholar dengan Google Biasa
Google Scholar bisa dianggap berbeda dari Google biasa. Dalam aspek sumber referensi, Google biasa hanya menampilkan referensi yang tidak diketahui keabsahannya, sementara itu, Google Scholar memberikan refernsi yang valid, dan teruji sumbernya. 

Fungsi Google Scholar
Ada berbagai macam fungsi dari Google Scholar bagi seorang akademisi, diantaranya berkaitan dengan kebutuhan -kebutuhan keilmuan seperti referensi karya ilmiah maupun topik pelajaran seperti berikut ini,

Pencarian jurnal dan artikel ilmiah
Google Scholar membantu dalam mencari jurnal penelitian dan artikel berdasarkan apa yang kita inginkan sebagai rujukan bahan pembelajaran.

Pembuatan profil penulis 
Seorang penulis ilmiah ataupun peneliti dapat memanfaatkan Google Scholar dalam membuat profil sehingga tulisannya dapat dikenal oleh khalayak. 

Pembuatan Perpustakaan Pribadi 
Hasil pencarian yang kita lakukan di Google Scholar dapat kita pergunakan untuk membuat perpustakaan pribadi.

Reminder untuk Jurnal terbaru
Google Scholar dapat digunakan sebagai pengingat apabila ada jurnal akademik atau artikel yang baru.

Cara Menggunakan Google Scholar
Untuk memulai Google Scholar, ada beberapa langkah mudah yang dapat diterapkan diantaranya sebagai berikut ini,

Buka Situs Google Scholar melalui laman scholar.google.com



Ketik Kata Kunci
Seperti halnya pencarian Google biasa, ketikkan kata kunci pada kolom yang tersedia. Gunakan kata kunci yang spesifik sehingga memperoleh rekomendasi yang sesuai. Misalnya saja saya ingin mencari jurnal atau artikel tentang pembelajaran bahasa (language learning), maka tinggal ketikkan saja pada kotak yang tersedia.


Pilihlah hasil pencarian
Kata kunci yang dicari pada tahapan sebelumnya akan menampilkan berbagai rekomendasi terkait kata kunci tersebut. Silahkan pilih satu dari jurnal atau artikel yang dibutuhkan. Terdapat fitur download pada setiap jurnal yang ditemukan pada bagian kanan jurnal atau tulisan artikel. 

Nah, itulah tentang Google Scholar, kegunaan dan panduan cara menggunakannya.  Semoga tulisan ini memberikan wawasan yang baru tentang Google Scholar dan bermanfaat buat teman- teman akademisi dalam mencari artikel maupun jurnal ilmiah.

Semoga Bermanfaat. 

No comments:

Post a Comment