9/06/2023

Rangkuman Materi IPA tentang Gejala Alam Lingkungan Biotik dan Abiotik, Pengertian dan Contohnya

Lingkungan biotik merupakan lingkungan yang di dalamnya mencakup seluruh organisme dalam suatu ekosistem. Sedangkan lingkungan abiotik adalah lingkungan yang di dalamnya tidak memiliki ciri hidup atau meliputi seluruh aspek tak hidup dalam suatu komunitas. 

Sementara itu, gejala alam biotik merupakan peristiwa yang terjadi akibat proses kehidupan makhluk hidup. Gejala alam biotik juga didefinisikan sebagai keadaan lingkungan sekitar yang ditunjukkan oleh keadaan makhliuk hidup. 

Image by eko pramono from Pixabay

Keadaan atau ciri- ciri khusus yang dimiliki oleh makhluk hidup merupakan gejala kebendaan objek biotik. Aktivitas yang dilakukan makhluik hidup seperti tumbuh, berkembang, menanggapi rangsang, bereproduksi, memerlukan makan dan sebagainya adalah gejala alam kejadian obyek biotik.

Contoh gejala alam kebendaan biotik adalah adanya warna hitam dan putih pada kupu- kupu. Selain itu contoh lainnya adalah adanya warna merah dan tangkai berduri pada mawar. Sedangkan contoh dari gejala alam kejadian biotik adalah keadaan danau, kolam, atau sungai yang permukaan airnya tertutup oleh tumbuhan enceng gondok. Contoh lainnya adalah ledakan hama yang menyerang ladang pertanian. 

Gejala alam abiotik terjadi bukan akibat proses kehidupan makhluk hidup. Gejala alam abiotik merupakan suatu keadaan di sekitar kita yang ditunjukkan  oleh keadaan benda tak hidup. 

Contoh gejala alam kebendaan abiotik adalah tanah pasir berwarna hitam dengan butiran yang kasar, udara menempati ruang dan tidak berwarna,  air yang memiliki bentuk seperti wadahnya dan memiliki volume yang tetap. 

Sedangkan contoh dari gejala alam kejadian abiotik adalah sebagai berikut :
  • Udara berpindah dari tempat yang bertekanan tinggi ke tempat yang bertekanan rendah.
  • Air mengalir dari tempat yang tinggi ke tempat yang rendah.
  • Kebakaran hutan atau ladang akan menyebabkan asap yang berlebih sehingga menutupi lapisan atmosfer.
  • Banjir besar akan terjadi apabila hujan berlangsung secara terus menerus
  • Tanah menjadi tandus akibat kemarau panjang.

Demikian tentang Gejala Alam Lingkungan Biotik dan Abiotik, Pengertian dan Contohnya. Semoga rangkuman materi ini dapat membantu teman- teman dalam belajar khususnya materi IPA. Semoga Bermanfaat

Salam. 

No comments:

Post a Comment