9/14/2023

Mengenal Mendeley, Aplikasi Wajib Penulisan Artikel Ilmiah, Jurnal, Skripsi dan Tesis

Menulis artikel ilmiah, jurnal, skripsi maupun tesis merupakan kegiatan yang berkaitan dengan dunia akademisi. Dalam berbagai penulisan karya- karya tersebut, pastinya tidak asing dengan aplikasi yang bernama Mendeley. 

Image by Gerd Altmann from Pixabay

Nah, apakah Mendeley itu dan bagaimana penggunaannya dalam kegiatan penulisan artikel ilmiah, jurnal, skripsi maupun tesis?  Berikut ulasannya.


Mendeley Adalah
Mendeley merupakan salah satu aplikasi yang banyak digunakan oleh para mahasiswa dalam menulis artikel ilmiah, jurnal, skripsi maupun tesis. 

Dalam hal ini Mendeley berfungsi untuk membantu para penulis dalam mencari literatur yang relevan, menyimpan referensi dan informasi bibliografi pada database. Selain itu Mendeley juga memungkinkan para mahasiswa dalam mencari sitasi dan referensi atau daftar pustaka sesuai format tertentu misalnya APA, IEEE, dan sebagainya.

Kelebihan Mendeley
Mendeley memiliki kelebihan dibandingkan aplikasi sejenis lainnya seperti Zotero, RefWorks maupun CiteULike. Inilah beberapa kelebihan Mendeley dibanding aplikasi- aplikasi tersebut: 
  • Mendeley dapat digunakan di beberapa platform operating system seperti Windows, Mac OS maupun Linux. Sebagai pengembangan, Mendeley juga dapat bekerja pada platform Android dan iOS untuk pengelolaan secara mobile pada gadget. 
  • Mendeley mendukung pengelolaan metadata dan file berformat PDF. Tentu saja hal ini memudahkan untuk pengguna khususnya dalam membaca dan melengkapi dengan fitur lain layaknya anotasi dan highlighting.
  • Mendeley memiliki aplikasi dekstop yang semua datanya terintegrasi secara online dengan Mendeley versi web. Tentunya, fitur ini memungkinkan penggunaan Mendeley tanpa koneksi internet (offline). 
  • Akun Mendeley online memungkinkan backup dan sinkronisasi data dari beberapa komputer.
  • Mendeley mendukung impor dokumen dan makalah penelitian dari web- web penyedia eksternal seperti Scopus, Thomson Reuters, Google Scholar, arXiv, dan PubMed.
  • Mendeley menyediakan plugin yang terhubung dengan berbagai perangkat  lunak pengolah kata seperti MS Word, Libre Office maupun Open Office. 
  • Mendeley memberikan penyimpanan web hingga 2 GB yang dapat digunakan untuk backup secara online dan sinkronisasi data. 
  • Mendeley memiliki fitur drag and drop yang memungkinkan proses input referensi dapat dilakukan dengan mudah dan cepat.
  • Mendeley juga memiliki fitur watch folder yang dapat menambah referensi secara otomatis saat file ditambahkan ke dalam folder tertentu dalam komputer pengguna. 

Produk Mendeley
Mendeley menyediakan produknya dalam dua pilihan yaitu gratis dan berbayar. Keduanya sebenarnya hanya berbeda dari segi penyimpanan saja, sedangkan untuk layanan dan fasilitas, tidak ada perbedaan diantara keduanya. 

Mendeley Free
Produk Mendeley gratis (Mendeley Free) atau Mendeley Dekstop, memberikan layanan penyimpanan sebesar 2 GB untuk penyimpanan online pada cloud server Mendeley. Kapasitas yang disediakan tersebut akan cukup menampung sekitar 300 buku atau artikel berformat PDF. 

Mendeley Premium
Sementara itu untuk Mendeley berbayar (Mendeley Premium) memberikan penyimpanan yang lebih besar dengan pilihan 5GB, 10 GB sampai unlimited. Mendeley Premium memungkinkan juga untuk mengelola penyimpanan data bersama untuk tim peneliti atau penulis.

Platform Mendeley
Mendeley menyediakan tiga platform untuk digunakan yaitu berbasis aplikasi, berbasis website dan Mendeley Reference Manager. 

Mendeley Dekstop
Mendeley berbasis aplikasi atau yang dikenal sebagai Mendeley Dekstop dapat dipasang pada komputer dekstop berbasis operating system (OS) Windows maupun MacOS. Aplikasi Mendeley Dekstop menyediakan fasilitas untuk mengelola sitasi dan referensi pada manuscript dengan berbasis offline dengan penyimpanan data pada hardisk komputer atau laptop. 

Mendeley Dekstop menyediakan Plugin yang dapat mengelola sitasi dan bibliografi secara otomatis saat penulis menulis paper. 

Lebih lengkapnya tentang fitur- fitur pada Mendeley Dekstop, berikut uraiannya,
  • Mendeley Dekstop dapat melakukan ekstraksi tentang nama penulis, judul, nama judul secara detail dari setiap referensi yang ditambahkan pada Mendeley.
  • Mendeley dekstop memungkinkan pencarian referensi yang cepat berdasar kata kunci tertentu yang sudah pernah ditambahkan ke dalam Mendeley pengguna. Pencarian dapat juga dilakukan secara daring dengan koneksi internet.
  • Mendeley Dekstop dapat membantu pembuatan catatan (note) dan menandai setiap dokumen referensi yang dimiliki pengguna.
  • Mendeley Dekstop memungkinkan dalam membuat daftar pustaka secara otomatis berdasar format- format tertentu seperti APA, IEEE, Harvard, dan sebagainya.
  • Mendeley Dekstop dapat melakukan acuan di MS Word saat menulis karya pada aplikasi pengolah data tersebut.

Mendeley Web
Sementara itu Mendeley Web merupakan platform berbasis web yang terhubung secara online. Mendeley web menyediakan fitur untuk pengeditan profil, pengelolaan referensi yang sebelumnya sudah dikumpulkan dan kemudian membagikannya pada kelompok Mendeley.

Ada beberapa fitur yang disediakan Mendeley web diantaranya sebagai berikut :
  • Mendeley web memberikan akses informasi detail referensi yang pengguna miliki secara online. 
  • Mendeley web menyediakan informasi statistik tentang suatu referensi dan frekuensi suatu file referensi ketika diunduh, dibaca , dan lokasinya.
  • Mendeley web dapat melakukan pencarian referensi- referensi ilmiah lain terkait dengan referensi yang pengguna miliki yang sebelumnya belum tersedia pada library pengguna.

Mendeley Reference Manager
Mendeley Reference Manager dapat diinstal pada dekstop atau PC. Platform Mendeley ini dapat bekerja pada operating system (OS) Windows maupun MacOS. 

Mendeley Reference Manager dapat bekerja secara online dan memberikan penyimpanan berbasis cloud. Tampilan dan fungsi pada Mendeley Reference Manager hampir sama dengan Mendeley web dan slaing tersinkronisasi secara otomatis. 

Pada dasarnya Mendeley Reference Manager dapat mengelola referensi yang sudah dikumpulkan dan membantu Mendeley dalam mengelola sitasi dan bibliografi pada Microsoft.

Beberapa fitur yang disediakan oleh Mendeley Reference Manager adalah sebagai berikut :
  • Ekstraksi informasi menyeluruh pada setiap referensi yang ditamnbahkan ke dalam Mendeley.
  • Pencarian cepat berdasar kata kunci yang selanjutnya akan diteruskan ke dalam Mendeley Web.
  • Melakukan pembuatan lighting, anotasi dan notebook
  • Melakukan pembuatan sitasi dan bibliografi secara otomatis dengan berbagai format seperti APA, IEEE, dan Harvard. 

Demikian tentang Mendeley sebagai aplikasi wajib yang perlu diketahui dalam penulisan artikel ilmiah, jurnal, skripsi maupun tesis. Semoga membantu teman- teman yang saat ini akan memanfaatkan Mendeley dalam penulisan karya- karya tersebut untuk kepentingan akademik. Semoga bermanfaat yaa dan tunggu tulisan- tulisan kami yang akan membahas Mendeley dalam segi fitur dan kegunaannya.

Semoga bermanfaat.

Salam. 

No comments:

Post a Comment