9/15/2023

Jadwal Lapor Diri Mahasiswa PPG Dalam Jabatan (Daljab) Angkatan 2 Tahun 2023 Unnes Dirilis, Inilah Berkas dan Syarat yang diperlukan

Kegiatan lapor diri mahasiswa PPG Dalam Jabatan (Daljab) angkatan 2 tahun 2023 Unnes sudah dirilis secara resmi. Kegiatan lapor diri tersebut akan dilaksanakan selama dua hari yaitu tanggal 15 September dan tanggal 16 September 2023. 

Kegiatan lapor diri tersebut akan dilaksanakan secara online dengan melampirkan beberapa persyaratan untuk diunggah. Adapun berkas dan persyaratan yang diupload diantaranya :

  1. File A1 dan Pakta Integritas format dapat diunduh dari SIMPKB (PDF) 
  2. File Biodata Mahasiswa sesuai format PDDIKTI (PDF)
  3. File Pernyataan Izin Pimpinan format dapat diunduh dari SIMPKB (PDF)
  4. File Ijazah S1 (PDF)
  5. File Transkip Nilai S1 (PDF)
  6. File Kartu Identitas KTP/SIM (PDF)
  7. File Surat Keterangan Catatan Kepolisian/SKCK dari kepolisian setempat (PDF)
  8. Scan Surat Keterangan Sehat dari Puskesmas/RSUD setempat (PDF)
  9. File Surat Bebas NAPZA dari BNN/Kepolisian/RSUD/Puskesmas setempat (PDF)
  10. File NPWP (PDF). Bagi yang tidak memiliki NPWP maka upload file PDF yang ada keterangan tulisan “Tidak Memiliki NPWP”. 

Cara Lapor Diri 
Untuk melakukan kegaitan lapor diri dan melengkapi data diri sebagai verifikasi awal calon mahasiswa PPG Daljan 2023 Angkatan 2 UNNES, calon mahasiswa dapat membuka laman https://s.id/DataVerifikasiMahasiswappgdaljab20232Unnes 

Ketentuan Foto
Siapkan juga file foto berwarna dengan latar belakang merah ukuran 4 X 6 dan foto berwarna ukuran 3 X 4 dalam format jpg (ukuran maksimal 100 kb). 

Adapun pakaian yang ditentukan bagi mahasiswa pria adalah memakai memakai jas hitam, hem putih dan dasi hitam (bukan dasi kupu-kupu), hem putih, tidak memakai kacamata, tidak memakai kopyah/peci/topi dan bagi mahasiswa wanita dengan ketentuan memakai jas hitam, hem/blus putih, tidak memakai kacamata, kerudung putih polos bagi yang berkerudung (berdasi bukan dasi kupu-kupu). Foto juga ditentukan dengan posisi badan menghadap depan, posisi seimbang kiri-kanan, bagian atas kepala tidak berada tepat di bawah batas foto (ada sisa), dan proporsional untuk ukuran pas foto. 

Untuk informasi lebih lanjut, para calon mahasiswa juga Bergabung di grup telegeram Mahasiswa PPG Daljab Tahun 2023 Angkatan 2 UNNES melalui link https://t.me/+S3jNBFBNQ99lMzY9

Konfirmasi Kesediaan Calon Mahasiswa PPG Dalam Jabatan (Daljab) Angkatan II Tahun 2023
Sebelumnya, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan melalui Direktorat Pendidikan Profesi Guru akan membuka proses konfirmasi kesediaan bagi calon mahasiswa PPG Dalam Jabatan Angkatan II Tahun 2023. Pengumuman yang disampaikan melalui surat nomor 1808/B2/GT.00.02/2023 tertanggal 5 September 2023 tersebut menjelaskan beberapa poin terkait PPG Dalam Jabatan (Daljab) angkatan II diantaranya sebagai berikut :

  • Penempatan calon mahasiswa ke perguruan tinggi penyelenggara dapat dilihat melalui laman https://ppg.kemdikbud.go.id 
  • Guru yang sudah mendapatkan informasi penempatan PPG Daljab 2023 wajib mengkonfirmasikan kesediaannya via online melalui laman https://ppg.kemdikbud.go.id  pada tanggal 7 hingga 11 September 2023. 
  • Peserta cadangan juga melakukan konfirmasi kesediaan apabila ada peserta yang tidak melakukan konfirmasi atau tidak bersedia.
  • Guru yang belum menerima informasi penempatan, maka dapat terus memantau penempatan pada pelaksanaan berikutnya.
  • Hasil konfirmasi kesediaan yang berupa penetapan mahasiswa PPG Daljab angkatan II tahun 2023 akan diumumkan pada tanggal 14 September 2023 melalui laman PPG Kemdikbud.
  • Seluruh tahapan pelaksanaan PPG Daljab angkatan II tahun 2023 dilakukan pada hari Senin hingga Sabtu sesuai jam kerja secara daring sehingga guru- guru yang mengikuti PPG Daljab agar dibebastugaskan dari kewajiban mengajar dan tugas- tugas lainnya. 

Jadwal Pelaksanaan PPG Daljab Angkatan II Tahun 2023
  • 7 – 11 September 2023 : Konfirmasi Kesediaan (secara daring di aplikasi SIMPKB)
  • 14 September 2023  : Penetapan Calon Mahasiswa 
  • 15 – 16 September 2023  : Lapor Diri (secara daring di aplikasi masing-masing Perguruan Tinggi penyelenggara PPG)
  • 18 September 2023 : Orientasi Mahasiswa  (secara daring di masing-masing Perguruan Tinggi penyelenggara PPG)
  • 19 September – 28 November 2023  : Pelaksanaan PPG Dalam Jabatan secara daring (sesuai dengan masing- masing perguruan tinggi )
  • 30 November – 10 Desember 2023 : Uji Kompetensi Mahasiswa PPG (UKMPPG) yang akan diinformasikan lebih lanjut melalui surat edaran khusus pelaksanaan  UKMPPG

Demikian informasi Lapor Diri Mahasiswa PPG Dalam Jabatan (Daljab) Angkatan 2 Tahun 2023 Unnes. Yuk persiapkan berkas- berkasnya dan segera lakukan lapor diri melalui tautan yang ditentukan. Selamat berjuang.

Salam. 

No comments:

Post a Comment